Harga Chevrolet Trax, Review & Spesifikasi Maret 2017

Harga Chevrolet Trax dan Spesifikasi – General Motors akhirnya ikut meramaikan segmen small SUV atau crossover di pasar otmotif Indonesia. Awal pekan kemarin, General Motors Indonesia (GM Indonesia) secara resmi merilis Chevrolet Trax yang merupakan varian mobil keempat lansiran pabrikan asal Amerika Serikat tersebut. Seperti kita tahu, sebelum Trax hadir, Chevrolet terlebih dahulu sudah memiliki Orlando, Captiva, serta kendaraan MPV Chevrolet Spin. Meski pada pertengahan tahun lalu GM Indonesia memutuskan untuk menutup pabriknya di Indonesia, namun hal ini tak membuat Chevrolet Trax terlambat hadir di Tanah Air. Unit small SUV lansiran Chevrolet ini seakan menjadi menu penutup tahun yang sempurna untuk pangsa pasar otomotif di Tanah Air. Kendaraan ini akan terjun di segmen small SUV atau crossover yang sebelumnya memang belum dimiliki oleh Chevrolet. Chevrolet Trax sendiri pertama kali menyapa publik pada saat gelaran GIIAS 2015 beberapa waktu yang lalu. Kehadirannya melengkapi booming SUV dan crossover yang memang sedang melanda jagad otomotif dunia, termasuk Indonesia. Chevy Trax mampu mencuri perhatian publik lewat desain eksterior yang sederhana namun tetap stylish dan terlihat elegan. Selain mengusung konsep desain eksterior yang elegan, Chevrolet Trax pun juga diklaim sebagai kendaraan paling bertenaga dan paling aman di kelasnya. Hal ini karena Chevrolet mengusung spesifikasi mesin turbo serta fitur keselamatan berstandar global.

chevrolet trax

Sebagai mobil small SUV, Chevrolet Trax hadir dengan beragam fitur terbaik di kelasnya. Untuk menggempur pasar crossover di Indonesia memang bukan perkara mudah, karena pada segmen ini sudah banyak produsen lain yang memperebutkan posisi teratas. Untuk itu wajar jika Chevrolet Trax dijejali dengan macam fitur kelas atas, seperti fitur keselamatan standar global lewat 6 airbags yang terletak di sisi depan, samping, dan juga roof rail. Kemudian untuk fitur penunjang lainnya juga sudah tersedia lengkap mulai dari fitur Electric Stability Control, Hill Assist atau rangka body dengan struktur baja. Nah itu untuk fitur penunjang, sementara pada bagian penghasil performanya sendiri Chevrolet Trax menggendong mesin berkapasitas 1.364 cc dan sudah disertai teknologi Turbocharged. So dengan bekal mesin yang dibawanya anda tidak perlu lagi meragukan performa dari Chevrolet Trax ini. Lalu pada desain tampilannya, mobil ini dirancang dengan tingkat kompabilitas yang tinggi selain tentunya beraroma crossover tangguh khas mobil Amerika. Terakhir, di bagian desain ekteriornya, memang Chevrolet Trax ini kental dengan aura kendaraan crossover lewat penempatan tiap bagian yang ringkas, berikut dengan dimensi yang cukup ideal. Itulah gambaran singkat mengenai Chevy Trax ini. Mau tau spesifikasi lengkapnya? Simak ulasan Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Chevrolet Trax pada segmen-segmen di bawah ini!

mobil chevrolet trax

Review Chevrolet Trax

Eksterior

Small SUV dengan Desain Fisik Elegan dan Penuh Gaya

Pertama, Mas Sena akan mengulas spesifikasi Chevrolet Trax untuk bagian terluar atau eksterior. Untuk bagian luarnya sendiri, Chevrolet membangun mobil yang cenderung ringkas dengan desain body kompak. Pihak pabrikan sendiri mengklaim jika pada mobil ini, kita bisa menjumpai perpaduan antara SUV dengan city car, hal tersebut ternyata benar adanya jika kita melihat tampilan luar Chevrolet Trax secara mendetail. Dimulai dari bagian lampu yang dibangun dengan bentuk cenderung kotak. Lalu untuk front grillnya terlihat manis dengan aksen krom menganut model terpisah berkontur jaring. Begitupun dengan bumper depannya. Sedangkan untuk bagian front grill pada Chevrolet Trax dibuat menjorok ke dalam terbingkai frame hitam doff. Bergerak pada bagian samping, aura mobil Chevy langsung kentara tatkala melihat desain fender samping yang kokoh serta dual port grille yang sporty membuatnya tampil khas. Kemudian untuk body belakang seperti kebanyakan crossover lainnya, Chevrolet Trax juga dirancang dengan bentuk body ergonomis menjorok ke belakang kompak mengikuti alur desain body secara keseluruhan. Pada desain body belakang juga kental dengan aura sebuah city car dinamis namun dengan tampilan crossover SUV. Terakhir menutup pembahasan spesifikasi Chevrolet Trax di bagian tampilan, pada mobil ini sudah dibekali dengan spion elektrik yang juga lengkap dengan turn light atau lampu sein.

Interior

Interior Modern dengan Tekstur Trim Premium

Beranjak dari tampilan luar, kita menuju ke bagian kabin atau interior dari spesifikasi Chevrolet Trax. Untuk bagian interiornya, Mas Sena acungi jempol karena pada mobil ini terlihat cukup mewah dan juga berkelas. Dimulai dari bagian dashboard depan pada Trax yang didominasi dengan warna hitam elegan serta sudah ditunjang beberapa panel instrumen menarik seperti layar audio, kontrol kendaraan, audio dimming, panel AC, dan lain-lain. Dan untuk tekstur trimnya sendiri, panel dashboard Chevrolet Trax dirancang sedemikian rupa sehingga mampu tampilkan aura premium. Berikut juga pada setir kemudi, di bagian ini aura mobil Chevrolet langsung terlihat dengan desain setir yang minimalis namun terlihat nyaman berkat material berkualitas. Berada di kabin Chevrolet Trax juga terasa sejuk dengan adanya Electric Sunroof yang melekat pada mobil ini. Lalu untuk jok sendiri, mobil ini memiliki komposisi kulit berkualitas tinggi dan lebih spesial lagi pada mobil ini memilik pengaturan fleksibilitas sesuai kebutuhan pengguna dan juga arm rest untuk mengistirahatkan tangan driver. Bagian kabin Chevrolet Trax juga cukup lega dan dapat menampung hingga lima orang penumpang. Berpindah pada bagian paling belakang di mobil ini, ternyata untuk kursi belakang pada mobil ini bisa dilipat rata dengan konfigurasi split 60/40 sehingga dapat digunakan untuk tambahan bagasi sampai kapasitas 1.370 liter. Sekedar catatan, untuk kabin dari spesifikasi Chevrolet Trax semua bagiannya sudah dilengkapi dengan seatbelt.

spesifikasi chevrolet trax

Dimensi

Dimensi Fisik Ideal dengan Dukungan Suspensi Kokoh

Ditakdirkan sebagai kendaraan crossover yang memiliki ketangguhan untuk melibas segala medan, untuk spesifikasi Chevrolet Trax di bagian fisiknya memiliki dimensi fisik yang pastinya ideal. Malah jika Mas Sena lihat untuk spesifikasi di bagian dimensinya, cenderung mendekati dimensi city car. Chevy Trax memang dibangun dengan ukuran yang cukup mungil lewat dimensi panjang 4248 mm, lebar 1776 mm, tinggi, serta jarak sumbu roda berukuran 2555 mm. Meski terlihat sedikit lebih kecil daripada crossover pada umumnya, namun Chevrolet Trax memiliki ground clearance cukup tinggi. Untuk bobotnya sendiri, mobil ini memiliki bobot yang cukup pas yakni 1.334 kg. Jika melihat dimensi dan ukuran yang dimiliki oleh Trax, pastinya mobil  ini cukup lincah digunakan untuk diajak bermanuver di jalan raya atau melibas trek yang memiliki kontur tanah kurang rata. Demi memberikan kenyamanan berkendara pada penumpangnya, Chevrolet Trax didukung oleh sistem suspensi MacPherson Strut untuk bagian depan, dan Compound Crank Rear Axle untuk bagian belakang. Melaju bersama Trax juga dijamin stabil sebab mobil ini sudah didukung teknologi Electronic Power Steering. Terakhir, guna menunjang performa suspensi, kaki-kaki Chevrolet Trax disokong oleh velg 16 inci dan dibalut oleh ban berukuran 205/70/R16. Untuk fitur pengereman juga terbilang mumpuni, di mana spesifikas Chevrolet Trax sudah menggunakan teknologi rem ABS EBD (Electronic Brakeforce Distribution) plus PBA (Predictive Brake Assist) sehingga laju kendaraan bisa lebih terkontrol dan dapat meminimalisir resiko kecelakaan karena terlambat mengerem.

separator

spesifikasi mobil chevrolet trax

Mesin

Mesin Ecotec 1,4 L Turbocharged Hasilkan Performa Paling Tinggi di Kelasnya

Jika kita berbicara mengenai keunggulan utama dari spesifikasi Chevrolet Trax selain pada bagian fitur keselamatannya, maka jawabannya adalah sektor performanya. Memang benar bila GM Indonesia mengklaim Trax sebagai varian kendaraan paling powerful di kelasnya, di mana pada bagian jantung dapur pacunya Chevrolet Trax sudah dijejali dengan mesin yang paling tangguh untuk ukuran small SUV. Adapun untuk mesin yang digunakan adalah tipe mesin ECOTEC 1.4 L Gasoline with Turbocharger and Dual CVCP. Mesin ini dinilai responsif untuk setiap pijakan pada pedal berkat kehadiran Dual CVCP. Untuk tenaga yang dihasilkannya juga terbilang gahar, di mana mesin Chevrolet Trax bisa menghasilkan power sampai 140 Ps /4900-6000 rpm dan juga torsi mencapai 200 Nm /1850-4900 rpm. Tenaga tersebut termasuk terbesar untuk kelas crossover SUV yang ada di Indonesia. Sedangkan untuk penyuplaian bahan bakar, Chevrolet Trax mengusung teknologi Multi Point Fuel Injection yang mampu hasilkan efisensi bahan bakar untuk mobil ini. Sementara itu, untuk Chevy Trax yang dipasarkan di Indonesia sendiri semua tipe akan menganut model transmisi otomatis 6 percepatan dengan Triptonic. Nah, lewat Triptonic yang dimiliki Chevrolet Trax ini bisa membuat perpindahan transmisi menjadi lebih halus dan rasio lebih optimal. Selain itu dengan Triptonic, kemungkinan mesin bisa menemukan keseimbangan antara performa gahar dan juga efisiensi bahan bakar. Terakhir untuk pasar dalam negeri, spesifikasi Chevrolet Trax hanya hadir dengan model berpenggerak roda depan atau front wheel drive.

Fitur

Fitur Keselamatan dan Kemanan Berstandar Global

Sekarang Masa Sena akan mengajak Anda untuk masuk dalam segmen terakhir untuk spesifikasi Chevrolet Trax ini. Untuk spesifikasi pada segmen terakhir ini yang akan kita bahas adalah bagian fitur keselamatan, kenyamanan, dan juga keamanan. Ternyata untuk ketiga fitur ini, Chevrolet Trax sudah hadir dengan segudang fitur komplet dan berstandar tinggi. Dimulai dari keselamatannya, Chevy Trax hadir dengan rangka berstruktur baja, 6 airbags, Seat Belt dengan Pretensioner, teknologi StabiliTrak® Electronic Stability Control, Rear Park Assist, Rear Vision Camera, Hill Start Assist, dan masih banyak lagi. Itu tadi untuk fitur safety atau keselamatan Chevrolet Trax ini. Sedangkan pada fitur penunjang kenyamanan kita juga bisa menjumpai segudang fitur kenyamanan yang dimiliki oleh mobil ini, seperti layar sentuh audio 7 inci dengan sistem MyLink  di mana ponsel pintar bisa terintegrasi dengan sistem audio. Lalu, fitur pelengkap pada Chevrolet Trax juga dilengkapi dengan soket colokan rumah 230 volt serta 4 speaker dengan 2 tweeters, Audio & Phone Steering Switch, Manual AC, Cruise Control dan MID (khusus Trax tipe 1,4 LTZ), serta masih banyak yang lainnya. Terakhir untuk fitur keaamanannya, mobil ini juga sudah hadir dengan fitur standar seperti door lock yang bisa disetting menyesuaikan keadaan. Secara garis besar melihat fitur yang ditawarkan oleh spesifikasi Chevrolet Trax, mobil ini selain memiliki performa tangguh ternyata juga memiliki standar kualitas untuk fitur keselamatan nomor satu.

Spesifikasi Chevrolet Trax

Mesin
Tipe Mesin ECOTEC 1.4 L Turbocharger
Kapasitas Isi Silinder 1.364 cc
Tenaga Maksimum 140 tk /4.900 rpm
Torsi Maksimum 200 Nm/1.850 rpm
Transmisi 6-percepatan otomatis
Dimensi
P x L x T 4.245 x 1.775 x 1.670 mm
Wheelbase 2.555 mm
Sasis
Rangka Rangka bodi dengan struktur baja
Steering Electric power steering
Suspensi Depan Front independent suspension
Suspensi Belakang Stabilizer bar stabilizer bar
Drive Train Front Wheel Drive
Rem Depan Ventilated front disc
Rem Belakang rear drum brakes
Kaki-kaki
Ukuran Ban P205/70R16
Ukuran Velg 16″ steel wheels
Fitur Tambahan
Keamanan 6 Airbag (dua depan, samping, dan roof rail)
Electric Stability Control
Hill Assist
Bintang Lima tes tabrak oleh NHTSA, Euro NCAP, A-NCAP (ASEAN), dan K-NCAP (Korea) peringkat pertama.
Kenyamanan Layar sentuh audio 7 inci dengan sistem MyLink (ponsel bisa terintegrasi dengan sistem audio)
Soket colokan rumah 230 volt
Jok bisa dilipat dengan konfigurasi 60:40
Bagasi luas

Harga Chevrolet Trax

Puas dengan spesifikasinya, kini saatnya kita membahas harga Chevrolet Trax yang menurut berita terakhir yang Mas Sena terima sudah bisa dipesan mulai pekan ini di diler-diler resmi Chevrolet. Namun seperti biasa, sebelum kita bicara lebih jauh mengenai harganya ada baiknya Mas Sena berikan sedikit review kembali mengenai spesifikasi teknis dan juga fitur-fitur yang dimiliki oleh Chevrolet Trax ini. Klaim GM Indonesia yang menyatakan Trax sebagai varian small SUV paling bertenaga di kelasnya ternyata bukan omong kosong belaka. Hal ini dibuktikan dengan performa gahar Chevy Trax yang ditenagai oleh mesin 1.4 L Turbocharger. Di kelas small SUV Tanah Air, mungkin baru Trax saja yang mengusung mesin jenis turbocharger. Selain spesifikasi mesin yang powerful, kisaran harga Chevrolet Trax pun juga dipengaruhi oleh fitur-fitur penunjangnya. Faktor yang paling berpengaruh tentu saja standar keamanan Trax yang sudah teruji dengan predikat terbaik saat uji tes tabrak oleh NHTSA, Euro NCAP, A-NCAP (ASEAN), dan K-NCAP (Korea). Nah, dengan kombinasi spesifikasi mesin bertenaga serta didukung desain eksterior-interior dan juga fitur-fitur canggih, lalu banderol harga Chevrolet Trax ini berapa ya?

harga chevrolet trax

harga chevrolet trax terbaru

GM Indonesia sendiri menghadirkan dua varian Trax. Hal ini pastinya harga Chevrolet Trax akan berbeda tergantung tipenya. Untuk varian pertama, yakni Chevy Trax 1.4 Turbo LT, dibanderol dengan harga mulai Rp 267 juta. Sementara tipe di atasnya. yakni tipe LTZ dibanderol dengan harga lebih mahal. Yup! Harga Chevrolet Trax 1.4 Turbo LTZ dibanderol mulai Rp 291 juta. Bila melihat nominal harganya, sebenarnya banderol harga Trax ini masih sangat kompetitif untuk bertarung di pasar otomotif Indonesia. Sebagai perbandingan, salah satu pesaing Chevrolet Trax, yakni Honda BR-V yang akan diluncurkan pada awal tahun depan kabarnya akan dibanderol dengan harga Rp 300 jutaan. Selain itu, kompetitor Trax yang juga berasal dari pabrikan Honda, yakni Honda HR-V dibanderol hingga Rp 363 juta untuk tipe 1.8 Prestige. Dengan penawaran berupa tenaga mesin yang handal serta fitur keamanan standar internasional, pastinya harga Chevrolet Trax ini akan sangat menguntungkan konsumennya. Jadi, selain akan mendapatkan unit small SUV yang bertenaga layaknya SUV kelas atas, pengguna Trax juga akan mendapatkan jaminan keselamatan dan kenyamanan tingkat tinggi.

Harga Chevrolet Trax

Tipe Harga
Chevrolet Trax 1.4 Turbo LT Rp. 267,900,000
Chevrolet Trax 1.4 Turbo LTZ Rp. 291,200,000

Namun perlu Mas Sena sampaikan bahwa daftar harga Chevrolet Trax di atas adalah harga OTR untuk kawasan Jakarta dan sekitarnya. Untuk harga di daerah pastinya akan mengalami penyesuaian. Bila kita kembali memperhatikan spesifikasi teknisnya, memang mobil ini sangat cocok untuk dipasarkan di Indonesia. Dengan Chevrolet Trax, anda akan merasakan sensasi mengemudi crossover yang bertenaga, namun tetap nyaman layaknya MPV. Untuk segmen small SUV dan crossover, Chevy Trax ini akan bersaing dengan Ford Ecosport, Toyota Rush dan tentunya Honda BR-V yang akan dirilis pada awal tahun 2016 mendatang. Selain memiliki power yang gahar, banderol harga Chevrolet Trax tentu juga menjadi kelebihan. Untuk pasar otomotif di Indonesia, banderol harga yang ditawarkan ini memang sudah sesuai dengan spesifikasi yang diusung Trax. Kehadiran Trax memang memberikan warna baru bagi line-up kendaraan lansiran Chevrolet. Kini, setelah Chevrolet Orlando dan Captiva, Trax bisa menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang menginginkan unit kendaraan berdimensi tak terlalu besar, namun bertenaga dan pastinya nyaman. Nah, kira-kira harga Chevrolet Trax tipe apa yang akan anda pilih? Baca juga review Mas Sena mengenai Honda BRV dan Mazda CX-5.

  • Yans Iskandar

    Exceleeeent…..irit, responsif dengan automatic turbo pada speed >60 km/jam yang dirasakan, interior ckp mewah ditambah sunroof auto yg elegan dan berkesan mobil premium….ada discount lho saat beli, menariik bangeet. Sblmnya gw maniac mbl jepang..tp liat technologi & safety >>…trax unggul dr sekelasnya….sureee

Top