Yamaha R3 Buatan Indonesia Gagal di India

Yamaha India Kesulitan Jual R3 Rakitan Indonesia – Meskipun dinilai memiliki tampilan yang gagah dan juga performa yang tidak bisa dianggap remeh, tenyata bukanlah jaminan jika Yamaha R3 akan laris di semua negara. Memang di Indonesia motor ini tidak dijual, padahal jika ditelisik Yamaha R3 adalah hasil rancangan  Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Yamaha R3 Buatan Indonesia Gagal di India

Seperti dilansir dari Rushlane, pada hari Kamis (3/12), di India, Yamaha R3 berhasil terjual sebanyak 396 unit. Penjualan tersebut dihitung sejak peluncuran motor sport tersebut mulai dari bulan Agustus 2015 hingga September 2015.

Ironisnya, setelah bulan September, Yamaha India dikabarkan gagal menjual satupun motor Yamaha R3 untuk konsumen. Apa sebabnya? Dinilai harga yang terlalu menjulang tinggilah sebab utama mengapa Yamaha R3 gagal total di India. Yamaha R3 sendiri dibandrol dengan harga sebesar 325 ribu Rupee, atau setara dengan Rp 67 jutaan di India sana. Harga ini memang cukup mahal untuk pasar motor India.

Dari bocoran dealer Yamaha India juga disebutkan jika setiap dealer diwajibkan untuk memesan unit Yamaha R3 bersama dengan tipe motor lainnya. Perbandingannya tiap dealer harus mengambil satu unit Yamaha R3 untuk setiap 20 unit model motor lainnya. Kebijakan ini jelas memberatkan dealer, dan berimbas pada keengganan dealer untuk mempromosikan Yamaha R3 yang notabene masih memiliki basis platform yang sama dengan Yamaha R25.

Tetapi ada juga yang menginformasikan jika statement di atas hanyalah omong kosong, dan mengatakan jika saat ini stok Yamaha R3 justru sudah habis di India. Sehingga konsumen kini harus menunggu pengiriman unit berikutnya dari Indonesia.

Di Indonesia sendiri Yamaha R3 memang tidak dipasarkan, hal ini terkait dengan beban pajak tambahan sebesar 60 persen yang akan dibebankan untuk Yamaha R3 jika rilis di Tanah Air. Dengan adanya bea tambahan tersebut, bisa dipastikan jika Yamaha R3 megaspal di dalam negeri akan memiliki banderol harga fantastis Bagaimana tidak? Dari hitung-hitungan YIMM, untuk harga jual Yamaha R3 jika dipasarkan di Indonesia bisa mencapai Rp 80 jutaan. Pastinya ini memberatkan konsumen dan berimbas pada penjualan motor yang akan berat. Baca juga BMW G310R, Hasil Kerjasama dengan TVS India dan AHM Belum Berencana Produksi CBR250RR.

Top