Selamat Tinggal Toyota NAV1!!

Mulai Tahun 2016 Toyota NAV1 Tidak Diproduksi Lagi – Setiap peluncuran produk barunya, Toyota memang selalu menjadi raja dari setiap segmen otomotif di Indonesia. Tetapi tidak untuk produk NAV1 nya, pasalnya mobil ini dikabarkan tidak akan diproduksi lagi karena sepinya minat beli terhadap produk Toyota yang diluncurkan sejak Desember 2012 lalu.

Mulai Tahun 2016 Toyota NAV1 Tidak Diproduksi Lagi

NAV1 ini merupakan kendaraan yang didesain secara khusus sebagai VIP MPV dengan menyuguhkan navigator performance terbaik di kelasnya, mobil ini diperuntukan bagi pengemudi dan penumpang kelas VIP. Pemberian nama NAV1 karena Toyota Indonesia yakin dengan performa kendaraan ini sebagai Navigator No. 1 di kelasnya. NAV1 dirakit oleh PT Sugity Creatives di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat.

Saat ini, penjualan terhadap mobil NAV1 belum memenuhi target. Toyota menargetkan produksi NAV1 sebesar 500 unit per bulannya, namun kenyataannya masih jauh dari angan-angan. Menurut data wholesales asosiasi kendaraan bermotor Indonesia, penjualan mobil NAV1 selama 10 bulan 2015 belum bisa memenuhi target. Toyota hanya mampu menjual produk Nav1 sebanyak 535 unit saja sepanjang tahun 2014, sedangkan pada Januari – Oktober 2015 penjualannya hanya menyentuh 493 unit atau 49 unit untuk setiap bulannya.Padahal dari pihak Toyota sudah berusaha agar penjualan NAV1 nya bisa meningkat dengan memberikan diskon cukup besar. Namun hal ini tidak menambah minat konsumen untuk membeli NAV1.

Permintaan terhadap NAV1 semakin tidak memenuhi skala ekonomis produksi. Kondisi saat ini, volume produksi dikurangi hingga 100 unit per bulan. Padahal Toyota awalnya bercita-cita agar mobil NAV1 ini bisa menjadi mobil no satu di kelas MPV. Justru kenyataan yang diterima sekarang NAV1 berada di bawah Serena dan Biante yang berhasil tembus di atas 1.000 unit di tahun 2014 lalu. Mobil NAV1 ini pertama kalinya untuk Toyota berada di posisi paling bawah yang sama-sama diisi oleh produk otomotif Jepang lainnya.

Dengan sejumlah alasan tersebut, mobil NAV1 ini tahun depan rencananya sudah tidak akan diproduksi dan dijual lagi. Beberapa penyebab lainnya NAV1 kurang diminati dimungkinkan karena saingan dari Alphard versi murahnya, All New Innova yang hanya dibanderol dengan harga Rp 282 juta sampai Rp 423,8 juta. Tetapi dari pihak Toyota Indonesia sudah menyiapkan strategi baru dengan menyiapkan produk terbaru mereka pada tahun depan.

Top