All New Innova Ancam NAV1 Versi Termurah?

All New Toyota Kijang Innova Berikan Ancaman Serius pada Mobil Mewah Kelas Medium – Kehadiran All New Toyota Kijang Innova mulai memberikan ancaman bagi para kompetitornya. Setelah mampu menyaingi varian mobil MPV mewah keluaran tahun lawas, kini kemunculan All New Innova dikabarkan memberikan dampak pada salah satu varian MPV kelas medium yang lebih dulu eksis, yakni Toyota NAV1, yang notabene merupakan produk satu pabrikan Toyota.

all-new-toyota-kijang-innova-berikan-ancaman-serius-pada-mobil-mewah-kelas-medium

Kabarnya, kehadiran All New Kijang Innova tipe tertinggi, yaitu Tipe Q, membuat Toyota berhenti memproduksi varian NAV1 versi terendah.

“Karena dari sisi harga dan persepsi konsumen, Tipe Q Innova anyar itu tipis bedanya. Sehingga, sensitif banget, karena itulah kemungkinan besar dihentikan,” tutur seorang sumber di lingkungan Toyota, pada Jumat (4/12).

Menurut salah seorang sumber tersebut, faktor harga seringkali menjadi persoalan yang sensitif bagi konsumen. Terlebih, fitur pada All New Innova tipe tertinggi juga terbilang lengkap yang menjadikan calon pembeli menimbang-nimbang antara NAV1 tipe bawah atau Innova Tipe Q.

Menanggapi isu tersebut, Public Relation Manager PT Toyota Astra Motor, Rouli Sijabat mengaku belum tahu kabar pasti mengenai hal itu. Kendati begitu, Rouli tak menampik soal persepsi konsumen yang menafsirkan kehadiran All New Innova Tipe Q bakal menggusur NAV1, terutama tipe bawah.

“Tapi, isu seperti ini baru mendengar,” kata Rouli.

Menurut Rouli, antara All New Innova Tipe Q dengan Toyota NAV1 memiliki segmentasi pasar yang berbeda. Toyota NAV1 sendiri diposisikan sebagai model MPV dengan segmen di bawah Toyota Alphard, namun di atas Kijang Innova.

Namun Rouli juga tak membantah jika fakta di pasar yang menunjukkan bahwa suatu model kurang diminati, maka penjualan bisa dihentikan.

“Toyota juga memiliki pertimbangan seperti itu, kalau ternyata model itu kurang diminati, bisa saja model itu dievaluasi penjualannya di pasar. Tapi untuk NAV1 tipe bawah dalam kaitannya dengan Innova Tipe Q, itu kami baru dengar,” papar Rouli.

Advertisement

Sebagai informasi, saat ini NAV1 tipe paling murah adalah tipe G otomatis yang dijual dengan harga Rp 396,5 juta. Sedangkan All New Kijang Innova Tipe Q dijual mulai harga Rp 402,4 juta sampai Rp 423,8 juta untuk tipe diesel. Baca juga Mulai Tahun 2016 Toyota NAV1 Tidak Diproduksi Lagi dan Banderol Harga All New Kijang Innova Setara dengan Harga MPV Premium Bekas.

Top