Meski Penjualan Menurun, Isuzu Tetap Pertahankan Panther

Isuzu Perpanjang Masa Bakti Panther Meski Penjualannya Menurun – Isuzu Panther merupakan salah satu kendaraan andalan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) di pangsa pasar mobil multiguna atau multi purpose vehicle (MPV). Namun dalam beberapa waktu teralhir, Si Raja Diesel itu terus mengalami penurunan penjualan. Dalam beberapa tahun terakhir, penjualan Isuzu Panther memang tak segemilang dahulu.

isuzu-perpanjang-masa-bakti-panther-meski-penjualannya-menurun

Berdasarkan data yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang 10 bulan terakhir tahun ini penjualan Isuzu Panther dari pabrik ke diler (wholesales) hanya mencapai 814 unit. Sebuah angka yang tak terlalu besar memang.

Menanggapi hal ini, Ernando Demily selaku Direktur Pemasaran PT IAMI menjelaskan bahwa meski minim penyegaran, namun nama Panther itu sendiri sudah sangat melekat di hati masyarakat Indonesia. Hal inilah yang membuat Isuzu terus mempertahankan Panther di pasaran.

“Jujur saja, jika Panther ini mau dihentikan atau tidak, kami berharapnya tidak. Kenapa, karena sampai hari ini jika ditanyakan kepada masyarakat, brand image Panther itu sendiri masih sangat kuat dan ini juga disadari oleh prinsipal kita,” ujar Ernando kepada awal media usai acara Workshop Wartawan Industri dan Otomotif di Jungle Land, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (4/12).

separator

Sebagai jaminan bahwa Isuzu Panther akan tetap dijual untuk masyarakat Indonesia, menurut Ernando, PT IAMI akan terus melakukan diskusi dengan pihak prinsipal. Tujuannya, agar Isuzu di Jepang tahu bahwa Panther masih memiliki potensi yang sangat besar di pasar otomotif nasional.

“Ada penyegaran atau tidak, terus terang kita masih terus melakukan diskusi dengan prinsipal. Jika nanti ada penyegaran, kita akan umumkan pada waktunya,” ujar Ernando.

Selama bertahun-tahun, Isuzu Panther memang menjadi raja untuk segmen MPV bermesin diesel. Meski secara desain tak mengalami perkembangan yang berarti, namun soal performa memang Panther tak ada duanya. Hal ini jugalah yang membuat nama Panther memiliki image yang sangat kuat di konsumen Tanah Air. Di tengah maraknya MPV generasi baru, Isuzu Panther tetap menjadi primadona bagi mereka yang menyukai kendaraan multiguna yang bertenaga dan irit bahan konsumsi bakar. Baca juga Toyota Punya Jurus Jitu Hadirkan Ruang Kabin Senyap pada All New Kijang Innova dan Mobil Otonomos Lebih Aman Dibandingkan Mobil Konvensional.

Top