Yamaha Pindahkan Tangki Bahan Bakar ke Belakang

Tangki Bahan Bakar Yamaha Pindah ke Belakang – Tampaknya Yamaha Movistar tengah mempersiapkan perubahan untuk menghadapi MotoGP musim 2016. Perubahan tersebut terlihat dari pergantian ban dari Bridgestone ke Michelin. Selain itu perubahan juga dilakukakan pada tangki bahan bakar yang sebelumnya berada di depan, dipindahkan ke belakang.

Tangki Bahan Bakar Yamaha Pindah ke Belakang

Penjelasan dan bentuk dari tangki bahan bakar terbaru Yamaha ini masih belum dapat dipastikan, tapi sepertinya akan disimpan tepat di bawah kursi. Alasan perubahan tersebut adalah masalah ban, bahan bakar serta airbox. Seperti yang kita ketahui bersama mulai musim depan Van Michelin akan mulai menggantikan Bridgestone sebagai single tyre supplier di MotoGP. Maka dari itu, beda merk beda karakter. Menurut pihak Yamaha Movistar, karakter Bridgestone yang kuat di ban depan memang memungkinkan tangki bahan bakar diletakkan di posisi normal depan rider, namun dengan Michelin yang lebih berkarakter kuat di ban belakang maka posisi tangki bahan bakar akan lebih optimal jika diletakkan di belakang jok.

Advertisement

Tidak hanya itu saja alasannya, kapasitas tangki bahan bakar akan ditambahkan 2 liter. Jika sebelumnya hanya 20 liter, dengan ditambahkannya kapasitasnya akan membuat ukuran tangki menjadi tidak pas jika diletakkan di depan. Dengan ruang tangki yang semakin luas, akan membuat airbox semakin terdesak dan mau tidak mau harus dikecilkan ukurannya dan itu tidak mungkin dilakukan di ajang sekelas MotoGP karena akan menimbulkan masalah. Jadi solusi yang paling tepat adalah dengan meminsahkan tangki ke belakang dan airbox tetap seperti semula.

Tangki bahan bakar yang diletakkan di belakang ini adalah bagian dari percobaan tim untuk mencari setelan, bobot, dan geometri yang tepat untuk mengimbangi performa ban Michelin. Untuk keterangan resmi tentang modifikasi khusus MotoGP pada musim 2016 belum dapat dipastikan sampai saat ini. Tetapi uji coba ini pernah dilakukan GP di Jepang. Saat itu Nakasuga yang telah menguji coba M1 tangki belakang dan hasilnya berada pada finish ke delapan. Ujicoba kedua juga dilakukan di Aragon pada bulan September lalu. Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yang langsung mengetesnya. Dan terakhir uji coba dilakukan di Valencia dua pekan lalu oleh Rossi dan Lorenzo.

Top