Mobil F1 Masa Depan, Bisa Dikendalikan dengan Otak Manusia!

MP4-X Formula One, Rancangan Mobil Balap Masa Depan dengan Pengendali Otak Manusia – Setelah mobil model otonom atau mobil yang yang dikendalikan oleh sistem otomatisasi pada mesin, kini telah dirancang sebuah model mobil baru untuk masa depan yaitu mobil dengan pengendali otak manusia. Jadi bukan tangan manusia ataupun sistem sensor otomatisasi lagi yang bekerja tetapi justru pikiran manuasia yang akan mengendalikan laju mobil.

mp4-x-formula-one-rancangan-mobil-balap-masa-depan-dengan-pengendali-otak-manusia

Kontrol kemudi dengan menggunakan pikiran tersebut akan diterapkan pada jenis mobil balap Formula One atau F1 untuk masa depan yang merupakan produksi dari McLaren yang diberinya nama MP4-X Formula One.

Nantinya, dalam perancangan mobil MP4-X ini akan dilengkapi dengan teknologi terdepan hasil pengembangan dari divisi teknologi pabrikan McLaren. Latar belakang dari rencana tersebut sebetulnya merupakan hasil dari imajinasi teknologi untuk dunia mobil balap di masa depan.

Untuk bagian desain memang diberikan serangkaian polesan yang berbeda dengan versi  F1 saat ini. Untuk bagian kemudi telah diberikan penutup dengan kanopi sehingga pada bagain tersebut terdapat ruang kabin. Hal tersebut dinyatakan dapat memberikan peningkatan terhadap keamanan sang pembalap. Dari sisi desain tersebut telah menunjukkan mobil ini memiliki kesan aerodinamis. Penambahan aksen berupa garis yang mengalir dari bagian depan hingga belakang juga menunjukkan bahwa mobil tersebut memiliki handling yang sangat baik saat melaju dengan kecepatan yang tinggi.

Dalam kutipan yang dilansir dari halaman news.okezone, Selasa (08/12/1205),”Dengan mobil konsep McLaren MP4-X futuristic ini, kami inginmengintip masa depan dan berimajinasi sebisa mungkin. Kami meramu sejumlah bahan utama pada mibil F1, seperti kecepatan, kesenangan, dan performa dengan sport. Kokpit dibuat tertutup untuk meningkatkan keamanan pengemudi serta mesin bertenaga hybrid,” ujar John Alert, group brand director McLaren.

Sementara itu pada bagian roda diaplikasikan sensor yang dapat memberikan komunikasi terhadap pengemudi kondisi dari roda tersebut, untuk mengantisipasi ledakan pada ban.

Selain itu, untuk melengkapi kecanggihan pada mobil ini, pembalap juga akan mengenakan pakaian balap yang telah dilapisi dengan teknologi canggih  yag dapat mendeteksi kondisi tubuh pengemudi. Yang lebih hebat dari teknologi ini adalah, kondisi keadaan tubuh pembalap bisa juga langsung dipantau oleh tim dari luar arena balap secara real time. Baca juga  All New Land Rover Defender Hadir di Tahun 2018 dan Tahun 2017, Mitsubishi Siap ‘Gebrak’ Pasaran

Top