Menanti Siapa yang Akan Digusur BR-V, Rush atau Terios?

Kedatangan Honda BR-V Bisa Gusur Mobil Lain di Segmen Low SUV – Honda Prospect Motor (HPM) baru saja meluncurkan varian low SUV atau crossover terbarunya, yakni Honda BR-V. Honda sendiri menyatakan bahwa BR-V akan diplot untuk menempati segmen SUV kelas pemula. Itu artinya, BR-V berpotensi untuk menggusur Toyota Rush atau Daihatsu Terios yang hingga kini masih merajai segmen small SUV. Lalu, kira-kira siapakah yang akan digusur oleh Honda BR-V? Rush atau Terios?

kedatangan-honda-br-v-bisa-gusur-mobil-lain-di-segmen-low-suv

Selama ini, Toyota Rush dan juga Daihatsu Terios memang menjadi raja di segmen small SUV karena memang hanya mereka berdualah yang bermain di segmen tersebut. Apalagi, antara Toyota dan Daihatsu sebagai pabrikan memiliki ‘perjanjian khusus’ serta strategi jitu agar Rush dan Terios tak saling ‘senggol’ di pasar otomotif nasional.

Dan kini, kehadiran Honda BR-V yang akan menempati segmen yang sama berpotensi untuk mendobrak dominasi duet kembar lansiran Toyota-Daihatsu tersebut.

Dari segi penawaran harga, Honda sebenarnya terhitung lebih berani dengan menempatkan BR-V pada kisaran harga yang beda tipis dengan Toyota Rush. Honda menawarkan BR-V dengan harga termurah Rp 226,5 juta untuk tipe S M/T. Sedangkan tipe termahal yaitu BR-V Prestoge dijual mulai harga Rp 261,5 juta. Di pasaran, Toyota Rush memang ditempatkan sedikit di atas Terios dengan segmentasi middle-up low SUV.

separator

Toyota sendiri membanderol Rush dengan harga mulai Rp 228,7 juta untuk tipe termurah. Sementara tipe termahal, yakni Rush TRD Sportivo A/T dijual dengan harga mulai Rp 252,250 juta.

Diprediksi, Honda BR-V dan Toyota Rush akan bersaing ketat di pangsa pasar small SUV. Hal ini pastinya akan memberikan keuntungan bagi konsumen karena pilihan mereka akan semakin beragam.

Honda sendiri memastikan bahwa BR-V akan ditempatkan pada slot kosong di bawah HR-V dan CR-V. Honda BR-V dibekali dengan basis mesin yang sama dengan Honda Mobilio, yakni mesin 1,5 liter i-VTEC yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 120 dk. Sementara sang rival, Toyota Rush mengusung mesin yang sama, yakni 1,5 liter VVTi dengan tenaga maksimal 109 dk. Kemudian, bila Toyota Rush dibekali dengan transmisi 5-speed M/T dan 4-speed A/T, maka Honda BR-V mengusung sistem transmisi 6-speed baik manual maupun otomatis CVT.

Dari beberapa perbandingan tersebut, Honda BR-V memang sedikit lebih unggul dari Toyota Rush. Nah, menurut anda siapakah yang akan digusur oleh BR-V? Rush atau Terios? Baca juga Honda BR-V Semakin Gagah dengan Balutan Jubah Hijau Tuanya dan Toyota Diskon Fortuner Lawas Sebelum Kedatangan Versi Terbarunya.

Top