Wow, Harga Moge Import Naik Drastis!!

Harga Motor Roda Dua Import Naik – Baru-baru ini harga sepeda motor berkapasitas mesin besar memang melonjak drastis, pasalnya pemerintah telah menaikkan tarif bea masuk kendaraan bermotor roda dua yang diimpor secara utuh atau completely built up (CBU) sebesar 10% dari tarif sebelumnya yakni 30% menjadi 40%.

Harga Motor Roda Dua Import Naik

Kebijakan tersebut tentu sangat memberatkan bagi distributor roda dua dalam negeri karena mau tidak mau mereka harus menaikkan harga jual dari barang dagangannya dan imbasnya kepada minat beli masyarakat yang semakin sepi. Seperti halnya yang dirasakan PT Mabua Motor Indonesia, distributor motor gede asal Amerika Serikat (AS), Harley Davidson mengungkapkan bahwa kenaikan tarif ini telah memukul penjualan Harley di dalam negeri hingga 50%. Itu artinya penjualannya berkurang sampai 50 % dari biasanya. Motor Harley Davidson memang tergolong moge yang laris manis di pasaran, meskipun motor ini termasuk kelas premium yang biasanya hanya orang-orang berduit saja yang minat terhadap moge ini. Tapi dengan kenaikan yang drastis ini, tentu sangat dikeluahkan oleh konsumen dan akan berpikir ulang untuk membeli moge yang harganya naik berlipat-lipat.

Menurut Direktur dari PT Mabua Motor Indonesia, dirinya mengamati bahwa ada faktor psikologis yang membuat konsumen Harley Davidson berpikir dua kali saat akan membeli sepeda motor dengan harga yang tiba-tiba naik. Bukan masalah uang ada tau tidaknya, mungkin uangnya ada tetapi kenaikan harga tersebut dianggap tidak rasional. Apalagi buat orang yang pernah ke Amerika Serikat sebagai negara pembuatnya, harga yang lebih tinggi 3-4 kali tentu akan mengintimidasi pikiran mereka. Jika dibandingkan di Amerika Serikat dan Indonesia, kenaikan harganya bisa naik 3-4 kali lipat. Hal ini bisa terjadi memang dikarenakan adanya regulasi, dan bukan dari pihak perusahaan distributor yang mengambil keuntungan lebih banyak.

Dengan adanya kebijakan baru ini, diprediksi pembelian moge khususnya dalam akhir-akhir ini akan berkurang dan mungkin konsumen akan berpindah haluan untuk menggunakan uang tersebut untuk membeli produk lainnya. Tetapi harapan perusahaan moge, penjualan bisa segera mungkin normal kembali dan bisa sesuai target. Paling tidak penjualan diharapkan bisa seperti tahun lalu.

 

 

Top