China Telah Kembangkan Mobil dengan Kendali Otak Manusia!

Selain Rencana F1 Masa Depan, Rupanya China Telah Lebih Dulu Kembangkan Mobil yang Disetir Oleh Pikiran Manusia – Beberapa waktu yang lalu, telah terdengar kabar bahwa mobil balap Formula One atau F1 buatan McLaren tengah merancang sebuah mobil balap yang dapat disetir dengan pikiran manusia. Rupanya, salah satu produsen mobil asal China telah berhasil mengembangkan mobil pertama yang dapat dikendalikan oleh otak manusia.

selain-rencana-f1-masa-depan-rupanya-china-telah-lebih-dulu-kembangkan-mobil-yang-disetir-oleh-pikiran-manusia

Para peneliti dari Universitas Nankai di Timur laut Kota Tianjin, China berhasil mengembangkan teknologi otomotif yang lebih canggih daripada mobil jenis otonom yang saat ini tengah dikembangkan pada produsen-produsen mobil di dunia. Rupanya mereka telah selama dua tahun melakukan penelitian tersebut, sehingga mampu menghadirkan wujud dari mobil yang disetir pikiran manusia.

Konsep dari mobil yang dapat disetir dengan pikiran manusia tersebut ini, menggunakan sebuah perangkat yang dapat membaca gelombang dari otak manusia. Dengan begitu, mobil tersebut akan dapat diarahkan maju, mundur, berhenti kemudian membuka dan menutup kunci tanpa menggunakan tangan dan kaki pengemudi, cukup dengan gelombang otak yang bekerja.

Salah seorang anggota dari tim peneliti tersebut Zhang Zhao mengungkapkan bahwa peralatan pada mobil tersebut telah dilengkapi dengan sebanyak 16 jenis sensor yang dapat menangkap sinyal electrocencephalogram  (EEG)dari otak si pengemudi.

Kemudian sinyal gelombang otak yang dihasilkan dari sensor tersebut, diterjemahkan oleh program computer yang diciptakan oleh peneliti sebagai media penerjemah dari setiap pesan yang diperoleh sinyal yang berasal dari pikiran manusia.

Zhang kemudian menerangkan melalui informasi Reuters yang dirangkum dari halaman news.okezone, Kamis (10/12/2015), bahwa sinyal EEG tersebut akan masuk ke dalam perangkat atau sensor pembaca sinyal otak, lalu kemudian ditransmisikan secara nirkabel ke program komputer. Kemudian program di computer tersebut akan memperoses sinyal tersebut untuk dikategorikan atau mengenali instruksi apa yang diberikan oleh otak manusia tersebut. Barulah kemudian program akan menerjemahkan pesan dalam bentuk kontrol kendaraan.

Kecanggihan mobil ini, semakin menunjukkan seperti apa nantinya manusia akan dapat berkomunikasi dengan benda-benda disekitarnya. Bukan lagi melalui remote, namun telah secara langsung melalui pikiran. Baca juga MP4-X Formula One, Rancangan Mobil Balap Masa Depan dengan Pengendali Otak Manusia dan Lexus Siap Jual Mobil Pikap

Top