Baidu, Mobil Otonomos Pertama dari Tiongkok!!

Mobil Baidu Melaju 30 km Tanpa Sopir – Perusahaan teknologi pesaing Google dari Tiongkok yang bernama Baidu mengumumkan bahwa mobil otonomos besutannya telah berhasil menavigasikan sebuah rute rumit dengan kondisi yang berbeda. Baidu memang sering disebut sebagai “Google Tiongkok”.

Mobil Baidu Melaju 30 km Tanpa Sopir

Baidu mengklaim bahwa mereka telah berhasil menjadi perusahaan pertama di Tiongkok yang berhasil membuat mobil yang dapat berkendara sendiri sepenuhnya, tanpa bantuan manusia. Hal ini dibuktikan dengan dilakukannya uji coba di jalanan sepanjang 30 km dengan mobil BMW seri 3 yang dimodifikasi untuk dikendarai dalam kondisi jalan yang rumit. Dan hasilnya pun mobil ini berhasil melakukan berbagai manuver, termasuk putar balik, perubahan lajur dan masuk ke lajur utama dari pinggir.

Kemampuan-kemampuan tersebut sebetulnya bukanlah hal baru, karena sebelumnya Google dan perusahaan otomotif lainnya sudah pernah melakukannya dengan menggarap proyek pada teknologi ini. Akan tetapi, bagi Tiongkok ini adalah tonggak penting dan bukti bahwa Baidu merupakan penantang riil dalam kompetisi untuk membangun dan menghadirkan teknologi revolusioner pertamanya secara utuh.

Baidu menjelaskan bahwa dalam mengembangkan teknologi ini menggunakan langkah maju secara bertahap melalui lingkungan yang berbeda, daripada melalui tingkat mengemudi otonomos yang berbeda.

separator

Pertama kalinya Baidu mengembangkan teknologi ini pada tahun 2013. Waktu itu, mereka berencana untuk memetakan jalan-jalan besar di Tiongkok dengan sistem pemetaan 3D milik mereka dalam rentang waktu 10 tahun. Karena luasnya Tiongkok, rencana Baidu belum berhasil untuk direalisasikan.

Saat ini, berbagai perusahaan teknologi raksasa seperti Google dan Apple, sedang mengembangkan teknologi mobil tanpa sopir mereka sendiri. Bulan lalu, Elon Musk, CEO Tesla, bahkan memanfaatkan Twitter untuk mencari para ahli software untuk menjadi bagian dari tim pengembang software mobil tanpa sopir milik Tesla.

Dan Baidu juga telah berhasil menyelesaikan tes dengan melakukan sekumupulan tindakan tertentu dan memberikan respon yang sesuai dengan keadaan jalan. Baidu juga menambahkan bahwa kecepatan tertinggi yang berhasil dicapai oleh mobil mereka adalah 100 km per jam.

Meskipun Baidu berhasil menunjukkan bahwa teknologi mobil tanpa sopir telah jauh berkembang, kemungkinan besar pemerintah Tiongkok akan memerlukan waktu setidaknya beberapa tahun untuk membuat regulasi mobil tanpa sopir sebelum mobil tersebut dapat digunakan di jalan-jalan.

  • H.n. Marowati

    Mobil yang canggih dan keren. Moga aja bisa dikembangkan menjadi lebih bagus lagi.

Top