Spesifikasi dan Harga Suzuki Swift Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Suzuki Swift – Ketika Indonesia sedang dilanda demam hatchback pada medio 2005, Suzuki Indonesia lewat PT Indomobil Niaga Internasional (INM) pun turut meramaikan persaingan di segmen hatchback nasional. Kala itu, Honda lebih dulu mencuri perhatian lewat varian hatchback generasi pertama Honda Jazz. Lalu disusul oleh Toyota yang meluncurkan Toyota Yaris. Nah, pada medio November 2005, lahirlah Suzuki Swift yang merupakan jagoan Suzuki di segmen hatchback Tanah Air. Ketika pertama kali muncul, Swift memang menampilkan konsep yang cukup berbeda dari varian hatchback lainnya. Jika Honda Jazz generasi pertama tampil dengan nuansa elegan minimalis, lalu Toyota Yaris mengusung konsep sporty hatchback, maka Suzuki Swift pun seperti berkiblat pada gaya city car Eropa dan Amerika. Ketika pertama kali diperkenalkan di Tanah Air, Swift tampil dengan konsep hatchback baru yang menggabungkan antara desain sporty khas Amerika dengan aura elegan khas mobil-mobil Eropa. Maka jadilah konsep mobil small hatchback ala Suzuki Swift ini. Secara dimensi, Swift memang nampak lebih kecil dari kebanyakan mobil setipe. Namun, justru itulah letak kekuatan utama Swift yang disebut-sebut memiliki aura khas mobil balap.

suzuki swift

Kini, setelah genap sepuluh tahun pasca kelahirannya, All New Suzuki Swift membawa darah baru lewat konsep desain yang semakin sporty dan semakin elegan. Varian small hatchback andalan Suzuki ini memang menjadi salah satu primadona di segmen kendaraan kecil perkotaan. Hal inilah yang membuat Suzuki Indonesia memutuskan untuk merakit Suzuki Swift di Indonesia. Padahal, dulu Swift didatangkan secara CBU (Completely Built Up) dari luar. Besarnya pangsa pasar otomotif Tanah Air khususnya di segmen hatchback atau city car juga membuat Swift begitu laris di Indonesia. Menginjak usia ke-10, kini Suzuki Swift tampil lebih bergaya. Suzuki sendiri kini memiliki tiga tipe utama Swift, yakni All New Swift 1.4L yang juga sering disebut Swift tipe GX, lalu ada New Swift GS 1.4L, serta varian tertinggi Suzuki Swift Sport 1.6L. Selain tampang yang pastinya cool abis, ketiga tipe Swift tersebut juga dibekali dengan mesin yang kini juga semakin bertenaga. Untuk Swift tipe GX dan GS, Suzuki mengusung mesin DOHC VVT 1400 cc. Sementara untuk Suzuki Swift Sport ditenagai oleh mesin seri M16A berkapasitas 1600 cc. Tak hanya mesin yang tangguh saja, generasi baru Swift pun juga mengusung konsep desain interior yang cukup mewah. Kemudian, untuk fitur keselamatan dan keamanan pun kini All New Suzuki Swift juga hadir dengan teknologi lebih lengkap, seperti contohnya, Dual SRS Airbags, Side Impact Beam, serta pengereman berteknologi ABS plus EBD. Kombinasi mesin bertenaga, interior mewah dan fitur lengkap ini pastinya akan memanjakan anda semua. Nah untuk membahas mengenai spesifikasi dan harga Suzuki Swift secara lebih lengkap, Mas Sena telah menyiapkan ulasannya pada segmen-segmen berikut ini.

mobil suzuki swift

Spesifikasi Suzuki Swift

Small Hatchback dengan Desain Khas Eropa yang Lebih Sporty

Tak salah jika Suzuki memilih tagline “More Swift, More Sporty” pada generasi baru Swift kali ini. Jika dilihat dari tampilan eksterior, memang spesifikasi Suzuki Swift ini benar-benar memancarkan aura yang lebih stylish dan tentunya lebih sporty. Tampilan luar All New Swift ini jelas mengubah paradigma soal small hatchback yang berbasis city car yang selama ini lekat dengan desain serba minimalis dan sedikit kaku. Pada bagian fascia depan, Suzuki Swift generasi baru ini tampil dengan desain headlamp reflektor beraksen runcing yang diletakkan di ujung kap mesin. Lau, front grill bagian depan Swift juga tampil dengan aksen baru meski terlihat tetap sederhana. Konsep desain front grill Suzuki Swift terbaru ini sebenarnya juga masih mempertahankan konsep grill versi lamanya. Secara umum, desain muka Swift untuk tipe GS dan GX memang masih serupa, termasuk penempatan fog lamp dengan bingkai stylish pada ujung bawah kanan dan kiri. Tampilan sedikit lebih garang baru akan anda temui pada New Suzuki Swift Sport yang memang mengusung konsep sport small hatchback. Perbedaan akan anda temukan pada bagian grill yang terlihat menyatu dengan grill bagian bawah dengan aksen horizontal di tenganya. Kemudian pada bagian foglamp Suzuki Swift Sport terdapat semacam cover yang melindungi lampunya. Beeralih ke desain samping, tampilan bodi sebelah kanan-kiri New Swift kali ini tetap terlihat elegan dengan kombinasi fender dan siluet yang tegas menyertai karakter huruf “U” sebagai identitas All New Swift. Sementara sektor buritan Suzuki Swift menghadirkan penampakan lebih dinamis lewat desain body belakang yang dibuat lebih tegas dengan penempatan stoplamp yang mengikuti garis lekuk body belakang. Lalu, sektor buritan Suzuki Swift juga semakin stylish berkat tail gate spoiler pendek dan penggunaan rear wiper untuk kaca bagian belakang. Desain New Swift ditutup dengan penempatan spion elektrik yang menyatu dengan lampu sein. Kesimpulannya secara keseluruhan, spesifikasi Suzuki Swift pada bagian eksterior memang didominasi oleh desain city car khas Eropa di mana tampilannya cenderung boxy dan tak banyak lekukan tajam.

Desain Interior Elegan dengan Kabin Lebih Lega

Setelah puas membedah spesifikasi Suzuki Swift pada bagian eksterior yang sangat menawan, kini saatnya kita masuk pada bagian kabin untuk melihat bagaimana desain interiornya. Untuk interior New Swift ini memang patut diacungi jempol lantaran ketika kita masuk dalam ruang kabin, maka kesan mewah dan elegan akan kita dapatkan. Pada bagian kabin Suzuki Swift sendiri terlihat ekslusif karena didominasi dengan kelir hitam dan aksen silver. Beralih bagian dahboardnya, bagian ini dirancang dengan tidak banyak cluster di mana hanya tersedia odometer dengan gaya yang sama dari Suzuki Swift versi terdahulu. Lalu panel yang terdapat di dashboard juga sudah dilengkapi dengan panel instrumen lengkap, mulai dari High-Grade Meter Cluster dan juga Multi Information Display yang didesain lebih sporty. Lalu dashboard Suzuki Swift pun juga didukung oleh MID Digital Display dengan fitur indikator jam, jarak tempuh, konsumsi bahan bakar hingga suhu di luar kabin. Kemudian panel operasional AC serta panel Advanced Audio Equipment juga telah ada pada bagian dashboard Suzuki Swift ini. Berpindah ke bagian kursi penumpang, sektor ini juga dibangun dengan material berkualitas dan didesain lebih ergonomis dan fit dilengkapi Seat Height Adjuster untuk kenyamanan posisi tubuh. Lalu untuk untuk kabin bagian belakang dan depan pada Suzuki Swift kesemuanya sudah dilengkapi dengan seatbelt. Terakhir di bagian bagasinya, sebenarnya bagasi New Swift ini memang tak terlalu luas. Hal ini memang sesuai dengan fungsi utama mobil ini yang bukan merupakan mobil pengangkut banyak barang. Meski begitu, spesifikasi Suzuki Swift yang mampu menampung maksimal lima orang ini sudah cukup lega dan terasa cukup longgar.

spesifikasi suzuki swift

Dimensi Bodi Kompak Didukung Suspensi Berkelas untuk Stabilitas Berkendara

Pada segmen ketiga, Mas Sena akan membahas spesifikasi Suzuki Swift dari sektor dimensional. Meskipun dari kasat mata saja kita sudah paham jika mobil ini memang dirancang dengan dimensi bodi yang kompak, hal itu dapat kita lihat dari data spesifikasi Suzuki Swift secara ukuran. Secara fisik, ukuran mobil ini adalah 3.850 x 1.695 x 1.510 mm, baik untuk tipe GS, GX maupun Sport. Untuk kendaraan jenis hatchback, ukuran tersebut memang menjadi yang paling kecil diantara mobil lainnya. Hal inilah yang akhirnya membuat Suzuki Swift disebut sebagai small hatchback modern. Meski memiliki ukuran tubuh yang tergolong mungil, namun New Swift tetap mampu menghasilkan akselerasi mantap berkat jarak pijaknya yang sudah disetting sempurna. So, meski Suzuki Swift ini terlihat cukup ceper, namun tak membuatnya terlalu “ngesot” di jalanan. Ukuran tubuh ini juga membuat Suzuki Swift cukup nyaman saat diajak touring ke luar kota. Tongkrongan New Swift ini pun juga termasuk kokoh karena Suzuki sendiri mengusung konsep rangka dengan dukungan suspensi MacPherson dengan per keong pada bagian depan. Sementara untuk suspensi belakang, Suzuki Swift didukung oleh suspensi jenis Torsion Beam. Dan untuk membantu pengeremannya, Suzuki mengaplikasikan jenis rem ventilated disc pada bagian depan dan rem jenis drum pada bagian belakang. Sedikit perbedaan antara Suzuki Swift tipe GS, GX dan Sport adalah sistem kemudinya, di mana tipe GS dan GX menggunakan sistem kemudi Electric Power Steering sementara tipe Sport menggunakan sistem kemudi Rack and Pinion. Terakhir, spesifikasi Suzuki Swift dilengkapi dengan velg 16 inci yang dibalut dengan ban berukuran 185/55.

Mesin K14 B DOHC VVT untuk Performa Bertenaga dan Tetap Irit Bahan Bakar

Advertisement

Setelah kita puas membahas spesifikasi Suzuki Swift untuk bagian eksterior hingga interior, kini saatnya kita menilik sektor dapur pacunya. Suzuki sendiri menghadirkan New Swift dalam tiga varian tipe, yakni All New Swift GX, GS dan Sport. Di antara ketiga tipe tersebut, hanya Suzuki Swift Sport yang memiliki perbedaan spesifikasi mesin. Untuk All New Swift tipe GS dan GX, mesin yang digunakan adalah mesin jenis K14B DOHC VVT yang memiliki kapasitas isi silinder 1.372 cc. Mesin tersebut merupakan mesin 16 katup 4 silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 95 PS pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 130 Nm pada 4.000 rpm. Untuk ukuran small hatchback seperti Suzuki Swift tipe GS dan GX, mesin tersebut merupakan mesin yang cukup bertenaga. Sementara itu, New Swift Sport tampil dengan mesin berbeda. Untuk tipe Sport, Suzuki menyematkan mesin jenis M16A yang memiliki kapasitas 1.586 cc. Mesin pada Suzuki Swift tipe Sport ini merupakan salah satu mesin dengan kapasitas paling besar di kelasnya. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 160 PS pada 4.400 rpm dan torsi sebesar 160 Nm pada 4.400 rpm. Meski berbeda jenis, mesin pada spesifikasi Suzuki Swift Sport juga merupakan mesin 16 katup 4 silinder segaris yang sudah dibekali dengan teknologi multipoint injection. Jadi selain bertenaga, mesin pada New Swift akan tetap irit konsumsi BBM.

spesifikasi mobil suzuki swift

Dilengkapi dengan Fitur Keselamatan dan Kenyamanan yang Lengkap

Nah sekarang kita akan masuk pada segmen spesifikasi pada bagian akhir. Pada segmen ini, kita akan membahas spesifikasi Suzuki Swift pada fitur-fitur pelengkapnya. Sebagai model terbaru dari generasi Suzuki Ignis, pastinya New Swift juga dirancang dengan segudang fitur keamanan dan kenyamanan. Meskipun All New Suzuki Swift ini dirancang di dalam negeri dan memiliki rentang harga lebih murah dari Swift CBU Jepang, ternyata mobil ini juga memiliki fitur keselamatan lengkap dengan standar internasional. Mulai dari Dual SRS Airbags (tipe GX), Side Impact Beam, Seatvelt dengan teknologi ELR, dan juga teknologi pengereman ABS dan EBD (Tipe GX dan Sport) semua sudah ada pada New Suzuki Swift ini. Lalu ada juga fitur child proof lock pada pintu belakang. Selain itu, All New Swift juga dirancang dengan teknologi TECT (Total Effective Control Technology) Body System yang didesain untuk mampu menyerap getaran sehingga sangat aman saat terjadi benturan. Lalu pada bagian fitur kenyamanan, Suzuki Swift sudah mengadopsi fitur Keyless Push Start untuk memudahkan proses keluar-masuk dan menyalakan mesin. Selanjutnya pada sistem kemudi juga sudah dilengkapi audio control dan telescopic steering yang dapat digunakan untuk mengatur ketinggian kabin setir. Kursi pengemudi pun juga dapat diatur ketinggiannya dan bisa digeser maju mundur sebanyak 24 posisi. Bagian kabin Suzuki Swift pun juga sudah dibekali dengan audio system modern yang dilengkapi fitur USB socket untuk terintegrasi dengan digital audio player sehingga dapat dengan mudah mendengarkan playlist musik setiap saat. Sedangkan fitur AC juga tersedia dengan pengaturan lebih mudah berkat fitur Auto Control Switch yang berfungsi menyesuaikan suhu kabin secara otomatis sesuai dengan suhu yang di harapkan. Terakhir untuk melengkapi spesifikasi Suzuki Swift pada bagian keamanan mobil, juga sudah ada fitur keamanan standar seperti Immobilizer dan juga Keyless Push Star System serta Keyless Entry System untuk Swift tipe GX.

Suzuki Swift

Tipe All New Swift 1.4 Swift GS 1.4 Swift Sport
Mesin
Jenis Mesin K14B, DOHC, VVT M16A
Kapasitas Isi Silender 1.372 cc 1.586 cc
Jumlah Katup 16
Jumlah Silinder 4 inline
Diameter X Langkah 73,0 x 82,0 mm 78.0 x 83.0 mm
Perbandingan Kompresi 1:10,0 1:11
Daya Maksimum 95PS/6.000rpm 160PS/4.400rpm
Torsi Maksimum 130Nm/4.000rpm 160Nm/4.400rpm
Sistem Bahan Bakar Multipoint Injection
Dimensi
P x L x T 3.850 x 1.695 x 1.510 mm 3.890 x 1.695 x 1.510 mm
Jarak Poros Roda 2.430 mm
Jarak Pijak Depan 1.480 mm 1.470 mm
Jarak Pijak Belakang 1.485 mm 1.475 mm
Jarak Terendah 140 mm 130 mm
Radius Putar Minimum 5.2 m
Berat Kosong 980 kg (GX/GS MT), 1.000 kg (GX/GS AT) 1.070 kg
Berat Kotor 1.480 kg 1.520 kg
Transmisi
Tipe Transmisi 5-Speed Manual / 4-Speed Automatic 6-Speed Manual / CVT A/T
Perbandingan Gigi Akhir 4.105 (GX MT), 4.375 (GX AT) 6-Speed Manual:3.944, CVT:4.011
Rangka
Sistem Kemudi Electric Power Steering Rack & Pinion
Suspensi Depan McPherson Strut & Coil Spring MacPherson Strut with coil spring
Suspensi Belakang Torsion Beam & Coil Spring Torsion beam with coil spring
Rem Depan Ventilated disc Vertilated disc
Rem Belakang Disc Disc
Ukuran Ban 185/55 R16 195/50R16
Kapasitas
Tempat Duduk 5 Persons
Tangki Bahan Bakar 42 Liter

Harga Suzuki Swift

Setelah puas membedah spesifikasinya dari bagian terluar hingga paling dalam, sekarang saatnya kita mengupas harga Suzuki Swift ini. Namun seperti biasa, sebelum Mas Sena menyampaikan harga resminya, ada baiknya kita sedikit menyimpulkan mengenai pembahasan sektor spesifikasi tadi. Jika melihat spesifikasinya, memang generasi baru Suzuki Swift ini tampil lebih segar dan semakin keren. Jika melihat spesifikasi eksteriornya, maka anda akan mendapati sosok small hatchback modern yang memiliki penampilan khas city car Eropa. Banyak yang bilang, Swift ini memiliki tampang yang lebih “racing” dari kebanyakan hatchback lainnya. Selain desain yang sempurna, harga Suzuki Swift tentunya ditentukan oleh spesifikasi interiornya. Layaknya mobil perkotaan masa kini, All New Swift ini dilengkapi dengan desain interior bagian kabin yang mewah dan berkelas. Berkat interior yang cukup mewah ini, dipastikan anda akan merasa nyaman ketika berada di dalam kabin. Tak hanya interior yang mewah, banderol harga Suzuki Swift pun juga dipengaruhi oleh spesifikasi mesinnya. All New Swift sendiri hadir dalam tipe GX dan GS yang mengusung mesin VVT 1.4L serta New Swift Sport yang dibekali mesin M16A berkapasitas 1.600 cc. Lalu, dengan bekal desain yang cool abis dan mesin bertenaga tersebut, berapakah harga Suzuki Swift di pasaran?

harga suzuki swift

harga suzuki swift terbaru

Bicara soal harga Suzuki Swift, memang akan banyak nominal yang muncul karena tipenya juga cukup beragam. Untuk banderol harga paling murah, adalah New Swift GX 1.4 bertransmisi manual yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 201 jutaan. Sementara New Swift GX 1.4 bertransmisi otomatis dibanderol sedikit lebih mahal, yakni sekitar Rp 210 jutaan. Sementara itu, untuk harga Suzuki Swift tipe GS manual dan otomatis berturut-turut dibanderol dengan harga Rp 215,9 jutaan dan Rp 225 jutaan. Berdasarkan catatan Mas Sena, New Swift ini memang menjadi varian paling laris, khususnya tipe GS. Kabar terbaru, Swift tipe GS ini adalah generasi paling baru dari keluarga Swift. Sedangkan untuk banderol Suzuki Swift yang paling mahal ditempati oleh tipe Sport yang memang memiliki desain lebih agresif dan tentunya paling sporty. Untuk Swift Sport bertransmisi manual dibanderol dengan harga sekitar Rp 323,5 jutaan. Sedangkan harga Suzuki Swift Sport dengan transmisi otomatis dijual dengan harga tertinggi, yakni sekitar Rp 338,9 jutaan. Jika melihat tabel harganya, memang banderol harga New Swift ini menjadi salah satu yang paling mahal di kelasnya.

Harga Suzuki Swift

Tipe Harga
All New Suzuki Swift GX 1.4 M/T Rp 201.000.000,-
All New Suzuki Swift GX 1.4 A/T Rp 210.000.000,-
New Suzuki Swift GS M/T Rp 215.900.000,-
New Suzuki Swift GS A/T Rp 225.000.000,-
Suzuki Swift Sport 1.6 M/T Rp 323.500.000,-
Suzuki Swift Sport 1.6 A/T Rp 338.900.000,-
Daftar Harga Mobil Suzuki

Itulah tadi tabel harga Suzuki Swift yang Mas Sena sajikan untuk anda semua. Namun perlu Mas Sena ingatkan bahwa banderol harga New Swift di atas merupakan update harga on the-road (OTR) terakhir untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Harga tersebut memang sifatnya tentatif dan untuk di daerah tentunya harga Suzuki Swift akan mengalami penyesuaian. Jika kita kembali berkaca pada spesifikasinya, memang harga All New Swift di atas termasuk sangat kompetitif, apalagi jika dibandingkan dengan harga Honda Jazz atau Toyota New Yaris. PT Indomobil Suzuki sendiri memang memiliki pangsa pasar tersendiri lewat Suzuki Swift ini. Dengan desain sporty khas anak muda, Suzuki Indonesia memang menyasar konsumen yang berjiwa muda dan aktif. Meski secara spesifik lenih cocok untuk penggunaan di kota besar, namun Suzuki Swift ini juga memiliki potensi pasar yang bagus di daerah-daerah. Menurut Mas Sena, kehadiran generasi baru Swift di Indonesia memang patut diapresiasi lantaran mobil ini berhasil memberikan alternatif pilihan small hatchback atau city car yang berbeda dari kebanyakan. Jadi tak heran jika Suzuki Swift menjadi salah satu varian paling laris di antara mobil-mobil lansiran Suzuki dengan segmentasi pasar kaum muda di perkotaan. Jadi, bagaimana? Sudah anda yakin untuk memilih opsi harga Suzuki Swift tipe yang mana? Jika sudah, segera hubungi diler resmi Suzuki terdekat untuk kepastian harganya di kota anda! Sekian dulu perjumpaan kita kali ini, jangan lupa baca review Mas Sena mengenai Honda Jazz dan Suzuki Celerio.

  • Dyah

    Cakep juga………tapi kok mahal ya……

    • fadlier

      Mahal karena fitur banyak, mesin 1400cc, *5 asian ncap, dst

  • Lulu Wal Marjan

    wah belum cukup beli cash,, hmmm

  • proni wijaya

    Saya pengen banget memiliki suzuki sport AT.. Tp nunggu hargya turun dulu ah…

  • taufiq

    tibaknya swif maaahaaalnya nanti aja deh, nuguin pak Jokowi nurunin harga
    Thenk.

  • alex

    Klw gue suka modelx…

  • fitri

    mahalnyaa, nunggu turun dulu sajo lah

  • iwan

    Mahal betul kirain 112jt an kaya datsun jg gk kalah gagah modelnya…

    • fadlier

      Kalo dibanding *5 euro ncap dan asian ncap dengan datsun yang hanya *0 euro ncap dan *2 asian ncap jauh lah om 🙂

  • Jhon Lingga

    Kalau Suzuki Swif GX AT 2014 bekas , harganya berapa ?

  • dede

    Saya suka mobil nya tapi nnt mau jual hrg nya murah,,,kalah hrg toyota

  • dede

    Kyk posisi skrg kita beli mobil honda klo mau jual hrg baik gak kyk suzuki hrg jual murah kala sdh pakai 1thn

  • Gilang

    Indonesia beli aja belom udah bingung jual kalo suka ya beli kalo gamau rugi jualan tanah aja hehe

Top