AHM Ekspor Honda Sonic 150R ke Filipina

Honda Sonic 150R Mulai Diekspor ke Filipina – Perlahan namun pasti, PT Astra Honda Motor (AHM) mulai melebarkan sayapnya dalam ke pasar otomotif global. Langkah kecil yang menjadi bagian dari rencana besar Honda Indonesia ini dimulai dengan ekspor beberapa model sepeda motor yang dirakit di Tanah Air ke pasar luar negeri. Tak hanya ingin menjadi produsen untuk memenuhi pasar domestik, tetapi PT AHM pun juga ingin mengembangkan pasar dengan memasok sepeda motor ke negara lain.

honda-sonic-150r-mulai-diekspor-ke-filipina

Dimulai dari kawasan ASEAN, target ekspor PT AHM baru-baru ini adalah Filipina. Sejak Juni 20-15 lalu, AHM memperkuat pengiriman Honda BeAT di negara kepulauan itu, total sampai November 2015 sudah melebihi 15.000-an unit. Filipina sendiri merupakan negara pengimpor sepeda motor nomor satu untuk AHM.

Setelah sukses mengekspor Honda BeAT ke Filipina, kini satu lagi model motor Honda yang akan menyambangi negara tersebut. Adalah Honda Sonic 150R yang mulai dikirim ke Filipina. Pada tahap awal, PT AHM mengekspor 384 unit dan melonjak hingga 1.600 unit pada bulan November kemarin. Filipina menjadi negara ASEAN ketiga yang dipasok Honda Sonic setelah Malaysia dan Thailand.

Margono Tanuwijaya, Direktur Pemasaran AHM mengatakan bahwa pertumbuhan ekspor AHM memang cukup tinggi. Hal tersebut tak hanya baik untuk internal perusahaan, tetapi juga menjadi salah satu langkah untuk mendukung upaya pemerintah memperbanyak ekspor.

”Kami rasa tahun depan AHM bisa mempertahankan pasar ekspor. Kami terus melakukan studi untuk menjajaki pasar (negara) baru. Soal unit yang diekspor, itu bergantung permintaan dari negara yang memesan,” ucap Margono kepada awak media beberapa waktu yang lalu.

”Tahun depan kami masih menganalisa kembali. Kemungkinan ada negara baru, tetapi tetap kami perlu melakukan studi. Kalau ada kemungkinan, kenapa nggak?” ucap Margono.

Indonesia sendiri dalam beberapa tahun terakhir memang menjadi pusat perakitan otomotif khususnya kendaraan roda dua di kawasan Asia Tenggara. Hal ini dibuktikan dengan ekspor yang dilakukan sejumlah ATPM di Tanah Air, termasuk PT Astra Honda Motor (AHM). Bahkan, total ekspor sepeda motor CBU AHM pada 11 bulan pertama 2015 mencapai 22.000-an unit, atau sedikit lagi sudah memenuhi target. Baca juga Kawasaki Ninja RR 150cc Masih Tetap Diminati Meski Sudah Discontinued dan Honda CB150R Streetfire Tampil dengan Tambahan Fitur Canggih.

Top