Dengan Cat Thermochromi, Mobil Bisa Berubah Warna Dalam Sekejap!

Cat Thermochromi, Bisa Berubah Warna Sesuai Suhu – Tak hanya bunglon saja yang bisa berubah warna, dunia otomotif juga sedang hangat-hangatnya tentang sebuah cat yang bisa berubah warna sesuai dengan suhu. Cat tersebut adalah cat thermochromic yang sedang digarap oleh bengkel modifikasi Platinum Motorsport. Cat ini memang bukan sembarang cat biasa, cat ini diklaim bisa berubah warna sesuai dengan suhu ruangan tersebut.

Cat Thermochromi, Bisa Berubah Warna Sesuai Suhu

Sebelumnya memang sudah muncul sebuah cat bunglon yang beredar di pasaran, cat tersebut bisa merubah warna tergantung  dari peredaran cahaya dan posisi melihat. Tetapi untuk cat thermochromic ini, bisa berubah-ubah menyesuaikan diri dengan suhu yang ada di kendaraan. Warna yang ditampilkan pun sifatnya solid, tidak hanya sekedar siluet saja. Cat ini pun diklaim bisa memiliki daya tahan sama dengan cat pada umumnya.

Menurut penjelasan Iksan Talib selaku pemilik bengkel, “Cat thermochromic ini ketahanannya belum pernah teruji betul. Tapi, saya yakin ketahanannya serupa dengan cat mobil biasa”, jelas Iksan.

Awal pengerjaan cat unik ini dimulai dari keinginannya untuk mencoba memodifikasi mobil dengan cara baru. Untuk prosesnya sendiri, kesulitan yang dialaminya adalah ketika pengecatan. Dimana cairan cat kondisinya harus dingin. Cairan cat harus keluar-masuk kulkas agar semprotan cat tertutup sempurna. Saat cat masih dingin, langsung dituangkan ke spray gun barulah cat disemprotkan. Ketika cat sudah panas lagi, maka cat harus dimasukkan kembali ke kulkas. Pengerjaannya membutuhkan waktu sekitar 35-45 hari.

Menurut Iksan, baru dia sendirilah yang berhasil melakukan pengecetan dengan menggunakan cat thermochromic ini. Dengan cat tersebut, Iksan menjelaskan bahwa mobilnya pernah diajak jalan waktu hujan dan efeknya seperti cat yang luntur. Waktu itu kap kena panas mesin dan catnya berubah warna tersiram air hujan yang dingin, dikira orang di sekitarnya hujan itu cairan tak wajar.

Dengan keahlian yang dimilikinya, Iksan berani mematok dengan harga tinggi bagi konsumen yang ingin mengaplikasikan mobilnya dengan thermochromic. Iksan memberikan harga Ro 45 juta untuk mobil yang ingin dimodifikasi dengan cat unik tersebut. Harga tersebut sudah termasuk ke dalam repaint. Pilihan warna yang disediakan pun bisa tergantung keinginan konsumen, menurut Iksan semua warna bisa diaplikasikan. Tetapi untuk pilihan colour shifternya atau warna pengganti yang muncul ketika udara di sekitar mobil di bawah 30 derajat celcius cuma ada disediakan dengan warna hitam, biru, merah, putih dan ungu saja.

 

Top