Ini Alasan Kawasaki Masih Enggan Comeback ke MotoGP

Kawasaki Masih Belum Berminat Kembali ke Ajang Balap MotoGP – Beberapa waktu yang lalu sempat tersiar kabar bahwa Kawasaki sedang menjajaki kemungkinan comeback ke ajang balap paling motor bergengsi MotoGP. Rumor mengenai kembalinya pabrikan asal Jepang yang identik dengan warna hijau itu seiring dengan kembalin ‘turun gungnnya’ beberapa pabrikan yang sudah lama absen dari MotoGP seperti Suzuki dan KTM.

kawasaki-masih-belum-berminat-kembali-ke-ajang-balap-motogp

Namun rumor comeback-nya Kawasaki ke ajang balap MotoGP langsung ditepis oleh prinsipal pabrikan asal Negeri Sakura tersebut. Salah satu yang menjadi pertimbangan Kawasaki untuk kembali menunda comeback-nya ke MotoGP adalah masalah biaya.

Seperti dilansir oleh laman Autoevolutuion pada Kamis (17/12), bos tim balap Kawasaki yang terjun di balapan World Super Bike Championship (WSBK), Ichiro Yoda, menyebutkan bahwa biaya untuk membuat sebuah tim MotoGP saat ini memang masih sangat tinggi. Terlebih, untuk menjadi tim yang kompetitif di kelas utama.

Selain itu, Kawasaki juga tidak diperbolehkan untuk kembali ke MotoGP sebagai tim pabrikan penuh, dan harus bermitra dengan tim yang ada. Yoda mengatakan, aturan di MotoGP terlalu ketat untuk tim pabrikan baru. Itulah sebabnya Kawasaki menunda kembalinya ke MotoGP setidaknya sampai ada peraturan yang lebih ramah bagi tim yang baru bergabung.

Kawasaki sendiri saat ini memang masih menikmati kesuksesan di ajang balap motor versi produksi, WSBK. Terakhir, mereka sukses menjadi juara dunia di tahun 2013 lewat Tom Sykes, dan Jonathan Rea pada tahun 2015.

Seperti kita tahu, terakhir kali Kawasaki terjun di balap MotoGP adalah pada tahun 2008. Setelah itu, Kawasaki memilih mundur dari ajang balap kuda besi paling prestisius di dunia itu karena efek domino dari krisis global yang berimbas ke MotoGP. Meski telah mundur dari ajang tersebut tidak serta merta Kawasaki mundur dari kancah dunia balap sepeda motor. Tetapi dengan mundurnya mereka dari ajang MotoGP, menjadikan mereka lebih fokus di gelaran balap motor lainya yaitu WSBK sampai saat ini.

Sementara itu, dalam tiga tahun terakhir banyak pabrikan yang kembali turun ke ajang balap motor bergengsi di dunia, MotoGP. Aprilia dan Suzuki telah memulai kembali ke MotoGP. Sedangkan KTM sedang menyiapkan diri untuk turun balap MotoGP musim 2017. Baca juga Casey Stoner Kembali ke Ducati dan Suzuki GSX-RR Makin Tangguh, Siap Berburu Kemenangan.

Top