Wow, Kaca Depan Mobil Ini Usung Gorilla Glass!

Ford GT, Supercar Pertama yang Aplikasikan Gorilla Glass – Semakin menuju era yang memungkinkan persaingan pasaran menjadi semakin sengit, banyak diantaranya pabrikan-pabrikan otomotif yang memperoduksi model baru yang mebawakan keunikan dan keunggulan tersendiri. Salah satunya adalah Ford GT. Kabarnya, mobil ini akan mengusung Gorilla Glass untuk kaca bagian depan. Benarkah?

ford-gt-supercar-pertama-yang-aplikasikan-gorilla-glass

Rupanya Gorilla Glass dapat diaplikasikan bukan hanya pada gadget saja, namun mobil juga bisa memanfaatkan teknologi tersebut. Seperti halnya laporan Leftlanenews yang dilansir dari halaman detikOto, Kamis (17/12/2015) yang menuliskan bahwa kaca depan pada Ford GT ini akan menggunakan kaca jenis alkali-aluminosilicate Corning yang membawakan lapisan termoplastik dan panel lain berbahan kaca tradisional.

Hasilnya, kaca berjumlah tiga lapisan ini mendapatkan bobot yang 32% lebih ringan dan 25-50 persen lebih tipis dari jenis kaca biasa.

Ford GT ini hendak mengimplementasikan panel Gorilla Glass hybrid untuk kaca bagian depan juga cover mesin belakang. Sehingga dengan melakukan langkah ini, bobot dan pusat gravitasi menjadi terminimalisir. Selain itu, seperti kita ketahui bahwa Gorilla Glass tahan terhadap goresan, hal ini akan membawa keuntungan tersendiri bagi mobil.

Dalam kesempatan ini, Paul Linden selaku teknisi Bodi Eksterior mengungkapkan dalam melakukan pengembangan pihak teknisi mencoba memberikan variasi jenis kaca yang berbeda sebelum akhirnya menemukan kombinasi terbaik yang sanggup mengurangi bobot serta durabilitas yang dibutuhkan bagi kaca eksterior otomotif tersebut.

Dengan mengimplementasikan kombinasi kaca tersebut, Ford GT diklaim menjadi mobil pertama di dunia yang mengusung material Gorilla Glass hybrid. Hal ini juga turut membuka peluang inovasi baru bagi material yang semakin canggih dan memberikan keuntungan bagi mobil.

Meskipun untuk biaya produksi membutuhkan biaya yang lebih tinggi dibandingkan kaca biasa, namun semakin majunya teknologi di bidang otomotif hal ini bukan menjadi sesuatu yang memberatkan produsen.

Untuk mobil yang menggunakan panel Gorilla Glass tersebut memang belum diketahui berapa selisih angka yang akan dibanderolkan, namun yang jelas akan lebih tinggi dibanding Ford GT versi standar yang telah ada.  Baca juga Ford GT 2017 Hanya Diproduksi 200 Unit dan Lamborghini Huracan Edisi Khusus, N-Largo Diproduksi 25 Unit

Top