Spesifikasi dan Harga Daihatsu Xenia Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Xenia – Sudah menjadi tradisi, bila ada varian baru dari Toyota Avanza, maka akan diikuti dengan kehadiran versi baru juga dari Daihatsu Xenia. Hal ini memang wajar karena Xenia serta duet kembar Agya-Ayla dan Terios-Rush merupakan proyek ‘sister car’ antara Toyota dengan Daihatsu. Nah jika kemarin kita telah sama-sama mengupas tuntas si kembar namun tak sama Avanza-Veloz, sekarang kita akan berkenalan dengan versi terbaru dari Daihatsu Xenia yang merupakan saudara kembar Avanza namun berbeda pabrikan. Seremoni peluncuran generasi baru Xenia ini pun juga hampir bersamaan dengan waktu perilisan duet Grand New Avanza-Veloz. Pada Rabu (12/8) yang lalu, PT Astra Daihatsu Motor (APM) secara resmi memperkenalkan versi baru mobil Daihatsu Xenia yang kini menyandang nama Great New Xenia. Seakan tak mau kalah dengan label Grand New pada Avanza, versi baru dari Xenia ini hadir dengan mengusung kemewahan eksterior dan kenyamanan interior. Jika dilihat sekilas, Great New Daihatsu Xenia ini memang lebih condong mirip dengan Grand New Avanza. Namun, meski keduanya merupakan produk satu gen, pastinya Daihatsu memiliki sesuatu yang istimewa pada generasi ketiga dari keluarga Daihatsu Xenia ini.

daihatsu xenia

Daihatsu Xenia

Tampilan luar Daihatsu Xenia ini memang sangat identik dengan mobil MPV andalan Toyota, yaitu Avanza. Generasi baru mobil Xenia ini mengusung konsep desain lampu trapesium dengan ujung runcing yang serupa dengan Avanza. Untuk bagian grille depan dan juga spoiler, Daihatsu Xenia versi 2015 ini juga tampil dengan desain baru yang membuatnya lebih mewah dan elegan. Sedikit perbedaan pada Xenia adalah aksen pillar black out yang terletak pada bagian depan bawah, tepat di bawah front grille. Hal yang sama juga bisa kita temukan pada bagian belakang. Aksen pillar black out yang warnanya berbeda dengan warna cat bodi ini menguatkan kesan stylish dan lebih sporty pada Daihatsu Xenia ini. Sedangkan untuk ruang jantung dapur pacu, Daihatsu membekali generasi baru mobil Xenia ini dengan pilihan mesin berkapasitas 1000 cc dan 1300 cc. Untuk mesin 1.0L, Daihatsu mengusung mesin tipe VVT-i, sedangkan Great New Daihatsu Xenia 1.3L dibekali dengan mesin tipe Dual VVT-i. Kedua jenis mesin itu telah menggunakan sistem injeksi bahan bakar yang akan membuat konsumsi BBM semakin irit. Nah, ingin tahu apa lagi keistimewaan mobil ini? Di bawah ini sudah Mas Sena siapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Daihatsu Xenia spesial untuk Anda semua.

mobil daihatsu xenia

Mobil Daihatsu Xenia

Spesifikasi Xenia

Desain Eksterior Lebih Elegan dan Atraktif

Baiklah, kita mulai pembahasan spesifikasi Xenia terbaru ini dari bagian luar atau eksteriornya terlebih dahulu. Tidak bisa dipungkiri, Great New Xenia ini memang bisa disebut produk kembar dari Toyota Avanza. Sama dengan Grand New Avanza, Daihatsu Xenia versi terbaru ini mengusung tampilan fascia yang terlihat lebih mewah dan stylish. Unit headlamp mobil Xenia memiliki bentuk trapesium dengan ujung runcing, persis sama dengan lampu utama Grand New Avanza. Begitupun dengan desain front grille Daihatsu Xenia ini. Bentuknya juga sangat identik dengan Avanza lewat desain melengkung berlabur cat warna chrome. Sedikit perbedaan, Great New Xenia memiliki tampilan warna chrome yang lebih berani daripada Avanza. Selain itu, perbedaan Daihatsu Xenia dengan Avanza selanjutnya adalah bentuk pillar black out pada bagian depan bawah. Aksen pillar black out pada mobil Xenia memiliki warna hitam dove yang berpadu manis dengan fog lamp pada bagian ujungnya. Pada bagian samping Daihatsu Xenia terlihat semakin elegan dan mewah berkat desain baru pada jendelanya yang ditambahi list beraksen warna chrome. Tidak hanya sampai di situ saja, pada bagian kaki-kaki Great New Xenia ini juga memiliki desain velg baru dengan aroma sporty lebih kuat. Kemudian, spesifikasi Daihatsu Xenia pada bagian buritan pun sebenarnya masih sama dengan basis desain Grand New Avanza. Hanya saja, Daihatsu menambahkan aksen pillar black out sama seperti pada bagian muka.

spesifikasi xenia

Spesifikasi Xenia

Interior Mewah Hadirkan Suasana Hangat Untuk Keluarga

Saatnya kita masuk ke bagian dalam kabin untuk membedah spesifikasi Xenia pada bagian interiornya. Pada bagian kabinnya, Daihatsu mengusung interior bernuansa 2-tone color baru. Kombinasi dua warna ini akan menguatkan kesan mewah dalam kabin Daihatsu Xenia dan akan menambah kehangatan dan keceriaan keluarga. Pada bagian kemudi Great New Xenia ini, kita akan mendapat sajian berupa dashboard modern dengan dua aksen warna yang berbeda, yaitu cokelat gelap pada bagian atas dan cokelat terang pada bagian bawah. Bagian tengah dashboard pada Great New Daihatsu Xenia diisi oleh panel layar Multi Information Display (MID) yang menggunakan panel layar LCD. Di bawah layar MID ada tombol audio dan juga AC. Lalu, pada bagian ruang kendali Great New Avanza sebelah kanan tepat di depan setir ditempati oleh panel speedometer yang terdiri dari tiga lingkaran. Pada panel informasi Daihatsu Xenia ini dilengkapi juga dengan ECO lamp indicator, fuel indicator, serta indikator lampu utama dan lampu sein. Bergerak ke kabin penumpang, MPV tujuh penumpang ini dibekali dengan jok empuk berbalut kulit berkualitas tinggi yang akan memberikan suasana rileks kepada penumpangnya. Hampir sama dengan Grand New Avanza, spesifikasi Daihatsu Xenia pada bagian kabin penumpang juga dilengkapi dengan fitur pengatur kursi yang bisa disesuaikan dengan keinginan penumpangnya.

spesifikasi daihatsu xenia

Spesifikasi Daihatsu Xenia

Dimensi Pas Ukuran MPV yang Nyaman Untuk Bepergian Jauh Maupun Dekat

Kali ini Daihatsu menghadirkan Great New Xenia ke dalam enam tipe yang masing-masing memiliki dimensi berbeda. Nah sekarang kita akan membahas spesifikasi Xenia pada bagian dimensinya. Untuk Great New Xenia tipe D dan M memiliki ukuran tubuh 4190 x 1660 x 1685 mm dengan bobot mencapai 1060 dan 1085 kg. Sementara Daihatsu Xenia tipe X dan R, baik yang manual ataupun matic, memiliki ukuran tubuh mencapai 4140 x 1660 x 1695 mm dengan bobot mencapai 1425 kg. Untuk ukuran low MPV, masing-masing tipe Great New Xenia tersebut memiliki dimensi yang pas dan akan memberikan kenyamanan saat Anda bepergian jauh maupun dekat bersama keluarga. Kenyamanan dalam kabin mobil Xenia juga akan semakin bertambah karena Daihatsu menggunakan sistem suspensi depan Mac Pherson Struts dengan tambahan per keong untuk tipe X dan R. Sedangkan untuk suspensi belakang, masing-masing tipe Great New Daihatsu Xenia dibekali dengan suspensi per keong dengan tambahan 5-axle system. Spesifikasi Daihatsu Xenia pun juga dibekali dengan tangki BBM yang berukuran cukup besar, mampu menampung maksimal 45 liter. Dengan kapasitas tangki BBM tentunya Anda tak akan takut kehabisan BBM saat berpergian.

harga mobil xenia

Harga Mobil Xenia

Advertisement

Dapur Pacu Makin Irit dan Bertenaga Berkat Teknologi Dual VVT-i

Saatnya kita mngulik spesifikasi Xenia pada bagian jantung dapur pacunya. Great New Xenia ini hadir dalam dua varian mesin, yaitu 1.0 dan juga 1.3. Mesin 1.0 liter disematkan pada Xenia tipe D dan M. Mesin berkapasitas 989 cc itu merupakan tipe mesin EJ-VE DOHC VVT-i 3 silinder dan memiliki 16 katup. Mesin Daihatsu Xenia tipe D dan M ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 63 PS pada putaran 5600 rpm dan torsi maksimal sebesar 9,2 Nm pada 3600 rpm. Mesin pada Xenia tipe D dan M ini cocok bagi Anda yang bertempat tinggal di daerah perkotaan yang ramai karena memiliki performa halus dan pastinya irit. Sedangkan untuk varian kedua, Daihatsu Xenia dibekali dengan mesin tipe 1NR-VE DOHC Dual VVT-i. Mesin ini tersemat pada Xenia tipe X dan R. Kapasitas mesin yang kedua ini lebih besar, yakni sebesar 1329 cc. Karena kapasitasnya lebih besar, maka powernya pun juga lebih besar, mencapai 97 PS pada 6000 rpm dengan torsi maksimal 12,3 Nm pada 4200 rpm. Daihatsu Xenia tipe X dan R ini cocok bagi Anda yang berjiwa mudah karena karakter mesinnya cukup sporty. Untuk kedua varian mobil Xenia tersebut, Daihatsu sudah menggunakan teknologi injeksi EFI yang pastinya akan membuat konsumsi bahan bakar semakin irit. Kemudian, spesifikasi Daihatsu Xenia ini juga tersedia dalam dua pilihan transmisi, yaitu 4 percepatan otomatis (A/T) dan 5 percepatan manual (M/T).

Fitur Keamanan dan Keselamatan Lengkap

Saatnya kita mengulas spesifikasi Xenia pada bagian fitur-fiturnya. Fitur canggih pertama yang ada pada Great New Xenia ini adalah fitur Window Jam Protection yang terpasang pada jendela depan. Selanjutnya, ada juga teknologi Side Impact Beam yang akan melindungi penumpang dan pengemudi saat Daihatsu Xenia ini mendapatkan benturan dari samping. Fitur keamanan lainnya yang tersedia dalam New Xenia generasi baru ini adalah Dual Airbag pada bagian kabin depannya. Sedangkan untuk fitur kenyamanan dan hiburan, ini tergantung pada masing-masing tipenya. Contoh, untuk Daihatsu Xenia tipe X dilengkapi dengan fitur Corner Sensor. Sementara mobil Xenia tipe R dilengkapi dengan fitur Fresh Air Control dan juga MID and ECO Indicator. Berbeda dengan spesifikasi Daihatsu Xenia tipe D, di mana tipe ini telah dilengkapi dengan fitur Integrated Key serta Third Row Seat Belt. Meski masing-masing tipe mengusung fitur berbeda, namun dijamin semua tipe memiliki standar fitur keamanan dan kenyamanan yang akan membuat perjalanan Anda semakin menyenangkan.

Daihatsu Xenia

Tipe D M X M/T X A/T R M/T R A/T
Dimensi
P x L x T (mm) 4190 x 1660 x 1685 4140 x 1660 x 1695
Jarak Sumbu Roda (mm) 2655
Jarak Pijak Roda Depan/Belakang (mm) 1425/1435
Tinggi dari Tanah (mm) 190 200
Berat
Berat Kosong/Total Kendaraan (kg) 1060/1620 1085/1620 1100/1680 1115/1680 1115/1680 1130/1680
Kapasitas Tempat Duduk 7
Performa
Radius Putar Minimum (m) 4,5 4,7
Mesin
Tipe Mesin EJ-VE DOHC VVT-i 1NR-VE DOHC Dual VVT-i
Kapasitas Silinder (cc) 989 1329
Jumlah Silinder 3 4
Jumlah Katup 12 16
Diameter x Langkah (mm) 72,0 x 81,0 72,5 x 80,5
Tenaga Maksimum (PS/rpm) 63/5600 97/6000
Torsi Maksimum (kg-m/rpm) 9,2/3600 12,3/4200
Sistem Bahan Bakar EFI
Bahan Bakar Bensin Tanpa Timbal
Kapasitas Tangki Bahan Bakar (L) 45
Transmisi
Tipe Transmisi Manual 5-Speed Automatic 4-Speed Manual 5-Speed Automatic 4-Speed
Sistem Kemudi
Tipe Rack and Pinion with Electric Power Steering
Pengereman
Rem Depan/Belakang/Rem Parkir Disc/Drum, Leading and Trailing/Rem Mekanis
Suspensi
Suspensi Depan Mac Pherson Struts with Coil Spring Mac Pherson with Coil Spring and Stabilizer
Suspensi Belakang 5-link, rigid-axle with coil spring
Kaki-kaki
Ukuran Ban 165/80 R13 185/70 R14

Harga Xenia

Segmen low MPV tetap menjadi andalan Daihatsu, termasuk saat melaunching Great New Xenia ini. Sedikit berada di bawah Grand New Avanza dan Grand New Veloz, banderol harga Xenia memang termasuk yang termurah untuk segmen low MPV. Sebelum kita lebih jauh membahas harga Daihatsu Xenia, ada baiknya Mas Sena memberikan sedikit kesimpulan mengenai apa yang sudah kita bahas pada bagian spesifikasi. Secara fisik, tampilan luar Daihatsu Xenia ini memang masih sangat identik dengan Grand New Avanza, hanya saja untuk tipe D dan M dimensinya memang terlihat lebih kecil. Selain itu, perbedaan Great New Xenia terletak pada bagian fascia depannya. Jika eksteriornya sama, maka kabin dan jantung dapur pacu Xenia sedikit mendapat sentuhan berbeda. Hal ini lah yang akan mempengaruhi banderol harga Xenia di pasaran.

harga xenia

Harga Xenia

harga daihatsu xenia

Harga Daihatsu Xenia

Secara keseluruhan, banderol harga Xenia ini memang berada di bawah harga Grand New Avanza. Untuk harga termurah ditempati oleh Xenia tipe D dengan mesin 1.0 yang harganya ‘hanya’ sekitar Rp 155 jutaan. Untuk banderol harga Daihatsu Xenia 1.0 sendiri memang harganya berkisar antara Rp 155 jutaan hingga Rp 168 jutaan. Sementara untuk tipe X, baik manual maupun matic, harganya berkisar antara Rp 174 jutaan hingga Rp 201 jutaan. Di atas tipe X ditempati oleh Xenia tipe R. Untuk Daihatsu Xenia tipe R harganya berkisar pada Rp 179 jutaan hingga Rp 209 jutaan. Posisi harga tertinggi atau yang paling mahal ditempati oleh Great New Xenia tipe R Sporty yang memang memiliki performa paling baik dan interior kabin lebih mewah dan lengkap. Harga Xenia tipe R Sporty ini adalah berkisar antara Rp 198 jutaan hingga Rp 209 jutaan.

Harga Daihatsu Xenia

Tipe Harga
Daihatsu Great New Xenia D MT 1.0 STD Rp 155.650.000,-
Daihatsu Great New Xenia M MT 1.0 STD Rp 162.650.000,-
Daihatsu Great New Xenia M MT 1.0 DLX Rp 168.850.000,-
Daihatsu Great New Xenia X MT 1.3 STD Rp 174.650.000,-
Daihatsu Great New Xenia X MT 1.3 DLX Rp 189.900.000,-
Daihatsu Great New Xenia R MT 1.3 STD Rp 179.450.000,-
Daihatsu Great New Xenia R MT 1.3 SPORTY Rp 198.800.000,-
Daihatsu Great New Xenia X AT 1.3 STD Rp 185.550.000,-
Daihatsu Great New Xenia X AT 1.3 DLX Rp 201.750.000,-
Daihatsu Great New Xenia R AT 1.3 STD Rp 190.350.000,-
Daihatsu Great New Xenia R AT 1.3 SPORTY Rp 209.800.000,-
Daftar Harga Mobil Daihatsu

Catatan : 

  • Harga mobil Daihatsu Xenia diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Daihatsu Xenia

Beragamnya tipe disertai harga Xenia yang juga bervariasi memang menjadi kekuatan tersendiri bagi PT Astra Daihatsu Motor. Dengan banyaknya pilihan tipe dan harga Daihatsu Xenia ini, pastinya juga akan memudahkan konsumen untuk memilih tipe mana yang sesuai dengan kebutuhannya. Seperti yang sudah Mas Sena sampaikan pada saat membahas spesifikasi tadi, pilihan tipe Daihatsu Xenia bisa Anda tentukan dengan prioritas kebutuhan kendaraan, untuk operasional atau kebutuhan travelling jarak jauh. Namun perlu Mas Sena ingatkan bahwa tabel harga Xenia di atas merupakan harga tentatif yang berlaku OTR untuk kawasan Jakarta. Untuk mengetahui harga resminya, Mas Sena menyarankan pada Anda untuk langsung menghubungi diler resmi Daihatsu terdekat. Baca juga review menarik lainnya mengenai Toyota Avanza dan Honda Mobilio.

  • adi

    Mobil kaleng taek kucing, tambah 120 juta sudah dapat Chevy Captiva jelas lebih aman dan nyaman.

    • rocky

      Tambah 120 juta dr mana? Lo mo nalangin? Apa dr ngrampok?

    • ridho family

      kawan, jika anda kurang berkenan tentunya tidak harus mengumpat sedemikian rupa. kesenangan satu orang dengan orang bisa jadi sama dan bisa jadi tidak sama. berlakulah bijak sahabat, mudah2an kita senantiasa mendapatkan petunjuk darinya. amin

    • MatGeboy

      Mas Adi klo pun emg ternyata bener statementnya tolong ttp dijaga sopan santun ny 😉 , tp sy akan menghargai komen2 yang memang jujur tp santun, jadinya bisa untuk bahan pertimbangan para calon pembeli

    • yang kaya n berduit tapi ga so

      Gw punya xenia d rumh gw mrasa nyaman pake nya ga jauh beda ama fortuner gw

    • kuncrit

      Ngomong tah ngopyok cak?

    • brunz

      bangke juga ni komennya… hahaha.. cerdas banget broohh… terimakasih sudah menginspirasi…

    • punk

      Ati” mas..Adi..mobile Pean Oleng enko…hahaha.. Waspadalah

    • tommy

      Ini bulan puasa bicara pake kode etik ya.krn semua ada KUHP,pasal,UUD hukum masih berlaku di negara RI.
      ada bicara lbh baik lagi kalo tidak mulut mu adlh harimau mu

    • jhon plongoh

      Lha wong numpak mobil yo duite buapakmu we og kemaki..le..le..

    • dominus

      kalo mau promosi merek tertentu, jujur aja … jangan provokatif begitu … cari 1 teman lebih sulit ketimbang bikin 1000 musuh …

    • Trissy Gabriel

      Anda adalah orang jahat berhati iblis! Menghina Mobil kesayangan saya yang sudah saya anggap sebagai sahabat. Saya memang masih berusia 15 tahun. Tapi saya siap membela Mobil Xenia yang saya cintai lewat sebuah cerita karya saya sendiri tentang para Xenia yang hidup seperti Mobil di film cars. Mereka awalnya hidup damai sampai akhirnya mereka dibuat marah karena manusia-manusia seperti anda. Mereka tak terima teman mereka disakiti (dirusak) Dan dihina dengan kata-kata seperti itu. Mereka pun mulai membenci manusia. Mereka merasa dikhianati Dan ingin balas dendam. Meski begitu, diantara mereka ada satu Xenia yang percaya bila masih ada manusia yang baik pada Mobil Xenia. Dia pun mengalami konflik batin antara membela bangsanya, bangsanya Mobil Xenia Dan melindungi umat manusia.

      • faizal

        NJIR DALEM

      • Hery Sanjaya

        persis cerita transformer Bro

    • Anton

      Wah ternyata Mas Adi Pernah Megang dan Makan Taek Kucing ya? Hihihihi selamat ya mas Adi, karena anda Layak Makan Taek Kucing hihihi

    • arry

      Tjoy, tambah 120 juta mah udah bukan tambah namanya. Sama kayak beli 1 mobil baru itu. Kalo 5-10 juta mah ente baru bisa bilang tambah.

    • Didit

      Tau apa kamu soal kenyamanan. Mobil masih di belikan aja blagu..

  • timbulsukrisno

    kunanti dirimu di pintu Surga
    walaupun kutau kau ada yang punya
    yes oke

    • deden

      nahhh gitu…

      • prima

        ya gk suka juga ma orang sombong gt

        • mamet

          Akan lebih bijak dn indah dg bahasa yg disukai org lain

          • tarma alpiana

            Heeh s adi mulutnya ga sekolah tuh

  • wong mlarat

    Iya itu kyak orng paling kya aja..
    Paling lu jg nredit..

  • d_munawar

    ni kan konsumsi publik. bicaralah yang sepantasnya, jika tidak suka yach diam saja dan jika senang yach berilah komentar positif

  • irina

    jangan begitu dong… masak kalimatnya begitu. dibaca banyak orang. jaga etika ya.

  • Leman

    Disitu kadang saya merasa sedih… lihat orang2 macam adi ini

  • kikala

    gitu saja kok repot, publik itu konsumsi semua hargai yang lain

  • Romi Zaski

    Aq suka bgt sama xenia buat keluarga lo, xenia lumayan.

  • beni

    Seringkali orang Indonesia lebih bangga kalo punya mobil merk US daripada yang Jepang. Padahal di negaranya sendiri, orang US lebih percaya pada mobil-mobil merk Jepang (honda, toyota, mazda, nissan). Coba tengok harga mobil bekas di craiglist, harga chevy, ford, gmc, chrysler dll kalah jauh dibanding merk Jepang. Mengapa? Karena ketahanan mobil US tsb kalah jauh, umumnya dengan odometer sekitar 75-80 ribu mil sudah mulai muncul permasalahan pada mobil merk US. Sekedar info saja, karena saya sedang cari mobil bekas di sini.

  • riko

    Yg penting mah ga keujanan atau kepanasan…buat keluarga nyaman,,,betul ga broo

  • ahmad sarsi

    jika di banding kan sama mobil alvard gw sama aja ko enak nyaman wong roda nya sama sama buleet

    • jack

      Adi..kasian sekali..coment lo byk gk ada yg bela..saring dlu klau mau ngucap..

  • Isna1

    Apapun mobilnya apakah dari baja atau kaleng faktor keamanan bergantung bagaimana cara kita mengemudikan. Beli mobil itu juga bergantung kebutuhan dan kemampuan.Harta/kekayaan tak usah dipamerkan, karena saat mati tidak kita bawa. Harta yang paling berharga adalah sehat bukan rumah atau mobil mewah. Hidup tak usah sombong, krn pepatah menyatakan tong kosong berbunyi nyaring

  • Priyo

    Bagi yang punya harta berlebih dan tidak suka dengan mobil tertentu sah sah saja, tapi mohon dengan bijaksana untuk menjaga kalimat anda, karena kalo pemilik mobil xenia se Indonesia ada yang tidak terima bisa memperkarakan Anda ke meja hijau, mobil mahal atau murah yang paling utama adalah fungsi manfaat yang bisa dirasakan penumpangnya sebanding dengan harga dan tingkat kenyamanan yang diberikan.

  • Cipto

    kata” mu adalah hasil pemikiranmu jadi jika kamu berkata t**k kucing bisa jd di pikiranmu cuma ada t**k kucing…buat yg pikirannya g ada t**k kucing harap tenang dan tersenyumlah krn bisa jd pemikiranmu sdh bersih dari t**k kucing…. 🙂

  • Haris

    Tidak perlu sombong dngn harta yg banyak,,,harta tidak mnjamin segala ny,, yg menjamin tu hanya satu,, kebaikan dan kasih Tuhan.

  • Utami Nur Rokhmah

    Aku beli buat mamah sm bapak besok. Amin
    Tunggu aku sukses ibuu

  • Ardie suwardi

    Kalian mah mau ngomong apa jg enak ajah…klw aku mah cm punya esspass doang…mendingan sabar aja buat dapetin all new xenia type R deluxe/sporty

  • suprayogi

    yang beneran PUNYA ngga akan berkoar koar seperti yang ngaku ngaku PUNYA

Top