Ini Ambisi Rio Haryanto Jika Jadi Pebalap F1

Rio Haryanto Pasang Target di Formula One – Di tengah masa penantian hasil pengumuman dari pihak Federation Internationale de L’automobile (FIA), pebalap muda asal Indonesia, Rio Haryanto masih harap-harap cemas apakah dirinya diterima masuk di tim F1 Manor. Namun jika nantinya ia akan masuk di F1 Manor, Rio Haryanto sudah siap dengan target serta ambisinya, meski secara spesifik belum memasang target peringkat berapa, Rio sendiri mengungkapkan jika dia bakal tampil all-out di F1 demi harga diri bangsa Indonesia.

Ini Ambisi Rio Haryanto Jika Jadi Pebalap F1

“Saya ingin terus belajar sebanyak mungkin, karena balapan F1 ini sangat rumit dan satu tahun balapannya ada 21 kali. Saya harus terus berprestasi untuk bisa mendapatkan poin,” ujar Rio, seperti yang ditulis di laman KompasOtomotif, Jumat (18/12).

Rio juga mengungkapkan jika dia diterima di tim F1 Manor, artinya ini akan menjadi pertama kalinya ia masuk di ajang paling bergengsi tersebut. Dengan begitu dia berujar, jika lebih baik realistis tanpa harus memasang target peringkat berapa. Tapi Rio juga berjanji akan berusaha semaksimal mungkin untuk semua yang mendukungnya.

Advertisement

Bagi Rio, tim F1 Manor adalah salah satu tim yang namanya saat ini mulai populer di kancah balap Formula One. Apalagi diketahui mulai musim depan Manor akan bekerjasama dengan Mercedes-Benz dan Williams, dan kemungkinan mobil tim F1 Manor musim depan bakal lebih kompetitif lagi, sehingga menguntungkan juga untuk Rio.

“Jadi mudah-mudahan paket mobilnya akan jauh lebih bagus dibandingkan tahun sebelumNya,” tambah Rio.

Saat ini mimpi Rio untuk berlaga di ajang balap paling bergengsi selain MotoGP yaitu F1 memang mulai terbuka lebar. Pasalnya, pemerintah telah menggaransi Rio untuk bisa bergabung di tim Manor F1 lewat surat yang diberikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Imam Nahrawi.

Dari surat yang dirilis Menpora tersebut, pemerintah menjamin siap membantu untuk memenuhi kekurangan dana 15 juta Euro, atau sekitar Rp 225 miliar kepada Rio Haryanto untuk bisa bergabung di ajang F1, bersama dengan tim F1 Manor mulai musim depan. Baca juga Dibantu Menpora, Selangkah Lagi Rio Haryanto Jadi Pebalap F1 dan Musim Depan, AHM Siap Kirimkan Pebalap untuk Moto2 dan Moto3.

Top