Yamaha R25 Datang, Kawasaki Ninja 250 Masih Terbaik

Yamaha R25 Masih Kesulitan Lawan Kawasaki Ninja 250R – Sudah satu tahun lamanya motorsport Yamaha R25 dipasarkan di dalam negeri. Sejak awal perilisannya, motor ini disebut-sebut sebagai Kawasaki Ninja 250R killer, kerena keduanya sendiri memang secara segmentasi bertarung di kelas yang sama, pasar motorsport ringan berkubikasi 250 cc.

Yamaha R25 Datang, Kawasaki Ninja 250 Masih Terbaik

Meski awalnya optimis bisa melawan kedigdayaan Kawasaki Ninja 250R di segmen tersebut yang memang tampil mendominasi, ternyata kedatangan Yamaha R25 belum mampu mengimbangi Kawasaki Ninja 250R. Sejauh ini motorsport Yamaha tersebut belum bisa mengubah peta persaingan besar-besaran di kelas motor 250 cc. Hal ini mungkin disebabkan, jika konsumen menganggap Kawasaki Ninja 250R masih terbaik di kelas motorsport fairing, karena image yang tertanam terlalu kuat di benak masyarakat mengenai kebuasan generasi Ninja.

Hal tersebut bisa kita lihat dari data penjualan motor 11 bulan terakhir yang dirilis Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), yang melaporkan jika Kawasaki Ninja 250 masih memimpin pangsa pasar motorsport 250 cc, dengan berhasil membukukan penjualan sebesar 11.528 unit. Belum lagi ditambah dengan tipe ABS yang sudah terjual 2.511 unit.

Sedangkan untuk Yamaha R25, dalam 11 bulan terakhir tersebut hanya mampu terjual sebanyak 6.266 unit saja di pasar domestik. Beruntung Yamaha sedikit terbantu dengan kedatangan naked bike R25, yakni Yamaha MT-25 yang menyumbangkan angka penjualan sebesar 3.052 unit.

Untuk penjualan Yamaha R25 sendiri awalnya memang cukup potensial dan disinyalir akan mampu menggusur dominasi Kawasaki Ninja 250. Namun ternyata hal tersebut hanyalah sebatas euforia semata, mengingat setelahnya Yamaha R25 harus puas dengan angka penjualan 500 unit perbulan. Sedangkan Kawasaki Ninja 250 berhasil terjual dua kali lipat.

Meskipun secara keseluruhan Yamaha R25 masih kuat untuk pangsa pasar ekspor, tetapi untuk pasar dalam negeri PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) masih merasa inferior. Untuk itu  YIMM saat ini terus mematangkan strategi agar penjualan Yamaha R25 terdongkrak. Salah satu strategi yang sudah dilakukan oleh YIMM ialah dengan merilis Yamaha R25 Special Edition yang berbalutkan striping serta warna khusus. Sayangnya lagi-lagi strategi ini masih belum mampu menjungkalkan dominasi Kawasaki Ninja 250R. Baca juga PT Kawasaki Motor Indonesia Sukses Melewati Tantangan Tahun 2015 yang Super Berat dan Bulan November Moge Honda Tidak Ada yang Laku Terjual.

Top