Waspadai Obyek Tersembunyi Bila Anda Nekat Menerobos Banjir

Waspadai Obyek Tersembunyi yang Berpotensi Merusak Kendaraan Saat Banjir – Menerobos genangan air atau bahkan banjir kadang menjadi pilihan yang sering diambil saat anda sedang diburu waktu. Mulai saat ini mungkin anda harus berfikir dua kali terlebih dahulu saat memutuskan untuk nekat menerobos banjir. Pasalnya, menerobos banjir berpotensi merusak komponen kendaraan, baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat. Salah satu bagian dari kendaraan yang paling berpotensi rusak bila diajak menerobos banjir adalah ban.

waspadai-obyek-tersembunyi-yang-berpotensi-merusak-kendaraan-saat-banjir

Menurut Virdan dari Nasional Technical Support Department Achilles, ban yang telah dipasarkan dan telah mendapat sertifikasi sangat aman digunakan di berbagai kondisi jalan. Hal ini karena sebelum dipasarkan, ban tersebut telah melalui berbagai uji kelayakan untuk mematenkan performanya.

“Pada dasarnya ban yang sudah dipasarkan sudah melalui uji kelayakan. Ban ini sudah diujicoba dalam berbagai kondisi ekstrem mulai dari panas sampai dingin. Tidak ada masalah kalau mau menerobos banjir atau terendam, ban tetap aman,” ungkapnya.

Selain kondisi ban, hal lain yang perlu diwaspadai saat menerobos banjir adalah obyek tersembunyi dalam genangan air. Obyek-obyek ini biasanya tak terlihat karena berada di jalan dan tergenang air hujan yang keruh. Obyek tersebut bisa berupa kayu, batu, paku yang menempel di kayu, bongkahan batu atau semen tajam, pecahan botol dan sebagainya yang bisa menembus ban.

separator

“Masalah mungkin bukan karena airnya, tetapi bahaya lain seperti jalan berlubang atau benda tajam yang tak terlihat saat banjir. Air banjir tentu tidak jernih, kita jadi sulit mengetahui apa yang ada di sekitar,” jelasnya.

Selain berpotensi untuk merusak komponen kendaraan, potensi bahaya lain dari obyek yang tersembunyi itu adalah kecelakaan. Ya, benda-benda yang tergenang di jalanan yang terkena banjir acap kali menyebabkan kecelakaan.

Oleh karena itu, disarankan agar pengendara tak menerobos genangan air atau banjir. Kalaupun terpaksa menerobos banjir, perhatikan laju kendaraan dan berusaha untuk sehati-hati mungkin.

“Disarankan untuk tidak menerobos banjir. Soalnya tidak hanya ban yang terancam kerusakan, mesin yang paling utama,” tutupnya. Baca juga Cek Kondisi Ban Kendaraan Secara Berkala Sangat Penting di Saat Musim Penghujan dan Mengidentifikasi Motor Bekas Banjir.

Top