Power Terlalu Liar, Kawasaki ‘Kebiri’ ZZR1400

Terlampau Buas, Kawasaki Turunkan Tenaga ZZR1400 – Mungkin masih melekat di ingatan kita mengenai superbike terkencang saat ini dari Kawasaki yakni ZZR1400. Dimana pada awal kelahirannya, motor ini langsung memecahkan rekor sebagai motor jalanan dengan rekor kecepatan tertinggi, bahkan mampu mengalahkan Suzuki Hayabusa yang notebene pernah memegang rekor sebagai street bike terkencang kala itu. Mampu mengalahkan motor legenda dari Suzuki pastinya membuat Kawasaki merasa cukup bangga, namun memegang rekor sebagai yang tercepat tak selamanya membuahkan hasil positif. Mengapa demikian?

Power Terlalu Liar, Kawasaki 'Kebiri' ZZR1400

Sebagai kendaraan yang diproduksi untuk jalanan umum, rupanya power yang dimiliki Kawasaki ZZR1400 dinilai terlalu membahayakan pengendaranya,. Untuk itu mau tidak mau, Kawasaki harus menurunkan performa dari ZZR1400 atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan ZX-14R untuk mematuhi regulasi mengenai aturan kecepatan motor.  Dilansir dari laman Visordown, Kawasaki ZZR1400  untuk versi tahun 2016 akan mengalami perombakan di sektor performa dengan penurunan tenaga yang lumayan spesifik.

Hal tersebut didasarkan dari tes yang dilakukan oleh US Environmental Protection Agency (EPA) yang merupakan lembaga untuk mengatur emisi termasuk untuk batas kecepatan dan tenaga dari kendaraan, yang dipasarkan di Amerika Serikat (AS). Dari tes tersebut, diketahui ternyata Kawasaki ZZR1400  dianggap terlalu liar untuk digunakan di jalan raya, bahkan lebih tinggi dari data yang dilampirkan Kawasaki sendiri.

Di dalam lampiran spesifikasi dari Kawasaki ZZR1400, motorsport ini diklaim memiliki tenaga maksimal sebesar 200 tenaga kuda. Tetapi ternyata saat dilakukan pengetesan dari lembaga EPA, nyatanya Kawasaki ZZR1400 sanggup muntahkan power puncak sampai dengan 210 tenaga kuda. Berdasarkan regulasi yang sudah dibuat EPA, Kawasaki wajib memangkas tenaga dari motor kencangnya tersebut menjadi 199 tenaga kuda.

Sebagai tambahan informasi, Kawasaki ZZR1400 dinobatkan sebagai motor produksi terkencang saat ini. Dari klaim penguji, Kawasaki ZZR1400 sanggup melesat hingga kecepatan 300 km/jam. Pertama kali dikembangkan pada tahun 1990, motor ini memang dikenal sebagai pembawa gen kecepatan maksimal untuk pengendara. Ketika dipasarkan, Kawasaki ZZR1400 juga telah dilengkapi dengan sistem traction control, two performance modes and one safety mode for slippery conditions , serta rem berteknologi ABS, yang berguna meningkatkan keselamatan pengendara. Baca juga MV Agusta, Merek Motor Italia yang Mulai Reguk Kesuksesan Setelah Ducati dan Audi Kreasikan Motor Sport Bermesin Hybrid dengan Nama Audi RR Concept Bike.

Top