Lorenzo Dianggap Sebagai Pebalap Lemah, namun Penuh Kendali

Lorenzo Dianggap Punya Banyak Kelemahan – Fakta mengenai juara dunia MotoGP musim 2015, Jorge Lorenzo, diungkapkan oleh bos Monster Yamaha Tech 3 yaitu Herve Poncharal. Poncharal mengungkapkan pendapatnya perihal salah satu pebalap andalan tim Yamaha Movistar MotoGP, Lorenzo, yang menurutnya memang sangat layak untuk menyabet juara dunia musim ini. Meski ia juga tak menampik, Lorenzo termasuk pebalap yang punya banyak kelemahan dan kurang konsisten dalam memenangi duel di MotoGP, bahkan jika dibandingkan dengan rekan satu timnya Valentino Rossi.

Lorenzo Dianggap Sebagai Pebalap Lemah, namun Penuh Kendali

Walaupun rekor podiumnya untuk musim ini tidak sementereng Valentino Rossi, Lorenzo justru lebih banyak mengoleksi kemenangan dibandingkan The Doctor. Kepada laman Crash, pada hari  Jumat (18/12) kemarin, Pocharal mengatakan jika selama ini ia takjub dengan performa balap yang disuguhkan Lorenzo. Bagi Poncharal, Lorenzo merupakan pebalap yang paling unggul dalam hal konsentrasi dan pengendalian diri, meskipun di berbagai situasi ia merupakan pebalap yang punya banyak titik kelemahan. Ya, Lorenzo akan menjadi pebalap lemah jika berada dalam kondisi race diguyur hujan.

“Jorge jelas pebalap tercepat. Tapi pebalap tercepat tak selalu menang dan ia nyaris kehilangan gelar. Untuk menjadi juara, Anda harus bisa mengendalikan semuanya. Anda harus cepat dalam satu lap, cepat sepanjang balapan, dan mampu menghadapi tekanan dan faktor luar seperti cuaca. Mungkin inilah titik lemah Jorge,” ujar Poncharal.

Poncharal juga memuji habis-habisan determinasi Lorenzo ketika mengejar pebalap lain yang ada di depannya. Baginya X-Fuera punya cara yang istimewa ketika mengejar pebalap lain lewat pemikiran yang taktis. Terpantau dari data statistik MotoGP 2015, Poncharal mengakui di musim tersebut Lorenzo adalah yang terbaik dan sangat layak menjadi juara, meski omongan di luar mengatakan Rossi-lah yang lebih pantas menjadi juara.

“Jika bicara soal kecepatan, dan jika melihat berapa lap yang Jorge pimpin, jumlah pole,jumlah lap tercepat dan caranya membalap ketika meraih empat kemenangan beruntun, begitulah dia. Saya juga ingat saat ia menang di Ceko. Wow. Jadi saya rasa ia layak menjadi juara,” pungkasnya. Baca juga Rio Haryanto Pasang Target di Formula One dan Musim Depan, AHM Siap Kirimkan Pebalap untuk Moto2 dan Moto3.

Top