Yamaha R3 Buatan Indonesia Sabet Gelar Motor Terbaik 2016

Indian Bike of The Year Pilih Yamaha R3 Jadi Motor Terbaik 2016 – Setelah beberapa waktu lalu terdengar kabar kurang menyenangkan terkait Yamaha R3 buatan Indonesia, kini angin segar telah dapat dirasakan oleh kendaraan terbaru besutan Yamaha tersebut. Pasalnya, dalam ajang Indian Bike of The Year (IMOTY) 2016, Yamaha telah berhasil raih penghargaan sebagai sepeda motor terbaik.

indian-bike-of-the-year-pilih-yamaha-r3-jadi-motor-terbaik-2016

 

Berdasarkan laporan Rushlane yang dilansir dari halaman news.okezone, Senin (21/12/2015) menyatakan bahwa pemilihan dari sepeda motor terbaik itu dilakukan langsung oleh juri yang berasal dari jurnalis media cetak India yang akhirnya memutuskan bahwa Yamaha R3 yang menjadi produk terbaik untuk tahun 2016 mendatang.

Advertisement

Menurut keterangan yang diberikan oleh juri IMOTY, sepeda motor yang dinilai pantas masuk nominasi terbaik merupakan sepeda motor yang memiliki kualifikasi diantaranya yaitu efisiensi bahan bakar, inovasi, style, harga, kenyamanan, keamanan, kinerja, kepraktisan, value for money, dan sesuai kondisi jalan di India. Selain penilaian atas kualifikasi tersebut, pemilihan sepeda motor terbaik  final dilakukan dengan cara voting.

Yang membuatnya lebih menarik, dari tiga jenis sepeda motor yang masuk tiga besar terbaik pada IMOTY tersebut, Yamaha R3 berada diantara Honda CBR650F dan Benelli TNT 300 yang seluruhnya didatangkan ke India dalam bentuk terurai. Seluruhnya merupakan kendaraan yang diimpor dari India dengan komposisi komponen lokal yang hanya sedikit. Sama seperti Yamaha R3 yang seluruhnya merupakan rakitan Indonesia.

Seperti kita ketahui bahwa Yamaha R3 mengusung mesin 321 cc parallel-twin liquid-cooled yang sanggup mengeluarkan tenaga maksimal hingga 42 ps yang bekerja pada putaran ke 10.750 rpm dengan torsi puncak 29.6 nm pada putaran torsi 9.000 rpm. Mesin tersbut diapsangkan pada transmisi enam percepatan.

Selain itu, R3 juga telah dilengkapi dengan garpu depan yang menggunakan teleskopik dan bagian belakang menggunakan monoshock. Mengusung pelek berukuran 17 inci terbungkus di dalam ban berukuran 110/70 di depan dan ban ukuran 140/70-17M di belakang.

Selain itu, Yamaha R3 juga menggunakan sistem pengereman yang mengaplikasikan rem cakram 298 milimeter pada roda depan dan 220 mm pada roda belakang.

Inilah yang menjadikan beberapa penilaian dari juri.

Akhirnya Yamaha R3 justru menjadi sepeda motor terbaik tahun 2016 setelah beberapa waktu lalu dikabarkan telah gagal di India. Baca juga Yamaha India Kesulitan Jual R3 Rakitan Indonesia dan Yamaha Recall Belasan Unit YZF-R3 yang Beredar di Amerika Serikat

Top