Harga Toyota Yaris, Review, Spesifikasi & Gambar Oktober 2018

Harga Toyota Yaris dan Spesifikasi – Akhirnya, Toyota Yaris pun resmi diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) di pasar otomotif nasional pada 20 Februari 2018. Hatchback ini merupakan facelift pertama dari generasi ke tiga yang dihadirkan dengan tampilan sporty dan terkesan lebih elegan khas mobil perkotaan masa kini. Selain itu, pihak PT TAM pun juga akan menawarkan Toyota Yaris ini dengan 3 varian atau tipe, antara lain yaitu TRD Sportivo, tipe G, dan tipe E. Tak Hanya itu saja, kali ini pihak Toyota pun juga akan melengkapi hatchback buatannya tersebut dengan ragam fitur baru yang siap memenuhi kebutuhan dan memuaskan para penggunanya. Sehingga, tak heran jika mobil yang satu ini bakal menjadi pesaing berat bagi para kompetitornya, terutama Honda Jazz dengan ragam kelengkapan fitur yang juga tak kalah menariknya. Lalu, apa saja sih keunggulan yang dibawa Toyota Yaris ini?

Toyota Yaris

Berkaitan dengan keunggulan, Toyota Yaris sendiri bisa dikatakan berubah secara mayoritas, tak sekedar diberi pemanis di sana sini, namun juga dilengkapi dengan ragam kelengkapan yang menarik. Selain itu, mobil yang didesain berjiwa anak muda ini pun juga tampak begitu sporty dimana, memiliki tampilan yang berbeda dari generasi terdahulu, terutama pada lampu utama, grille, bumper, dan lampu kabut yang lebih modern. Selain itu, Toyota Yaris ini pun juga akan mengusung mesin baru berkode 2NR-FE dengan kapasitas 1.496 cc, yang dapat menghasilkan yang terbilang sangat gahar di kelas hatchback. Di sisi lain, mesin tersebut dikombinasikan dengan pilihan transmisi manual dan otomatis CVT. Sementara itu, untuk fiturnya pun juga sudah lengkap nan canggih yang siap menjamin keselamatan maupun kenyamanan. Selain itu, ada beberapa keunggulan lain yang akan Mas Sena jelaskan lebih detail. Apa saja itu? Simak saja ulasan mengenai spesifikasi dan harga Toyota Yaris pada segmen-segmen di bawah ini!

Mobil Toyota Yaris

Review Toyota Yaris

Eksterior

Tampilan Lebih Sporty dan Stylish Khas Hatchback Modern
Dilihat dari segi tampilan eksterior pada spesifikasi Toyota Yaris ini, memang bisa dibilang bahwa hampir secara keseluruhan memiliki tampilan desain yang terkesan lebih sporty, futuristik, stylish, dan tentunya dengan gaya dinamisnya yang begitu elegan. Bukan tanpa alasan mengingat kesan ini terlihat jelas dari lekukan desain dengan sudut-sudut tajam mulai dari depan hingga belakang. Secara lebih detail, bisa kita mulai dari sisi depan. Dimana, kali ini Toyota Yaris akan mengusung Dynamic Headlamp dengan red ring (khusus tipe TRD). Kemudian, untuk melengkapi kecanggihannya, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan lampu DRL (Daytime-Running Lights) yang dibuat menyatu dengan grille. Tentu saja, gaya desain tersebut akan membuat tampilan dari sisi wajahnya terasa lebih berkarakter, ditambah black piano lower grille. Bahkan, khusus untuk Toyota Yaris tipe TRD Sportivo, aura racing dan sporty diperkuat dengan aksen garis merah pada bumper yang menjadikannya kian lebih elegan dan terkesan garang. Sementara itu di sisi lain, gubahan pada mobil ini pun juga terlihat di bagian samping. Dimana, desain atap dibuat unik yang membuatnya seolah melayang. Selain itu, kini juga sudah dilengkapi dengan side skirt serta velg 16 inci bergaya two-tone machining sehingga membuatnya lebih tampak selaras dan seimbang dengan desain eksterior secara keseluruhan. Sedangkan di bagian belakang, Toyota Yaris ini memiliki gaya desain yang mengikuti alur dari konsep eksterior sisi depan dan samping. Hal itu tampak jelas dari lampu belakang berupa Integrated LED Rear Combination Lamp. Bahkan, desain lampu belakang ini dibuat berlapis dan tipis dengan alur garis horizontal sehingga memberikan efek lebar pada tampilannya. Tak sampai di situ saja, bahkan desain bodi di sektor belakang ini pun kini dibuat lebih aerodinamis. Selain itu, kesan sporty terlihat kian menonjol, khususnya pada New Yaris TRD Sportivo mengingat sudah dilengkapi dengan rear-roof spoiler dan diffuser dengan desain bernuansa racing. Tentu saja secara keseluruhan bisa disimpulkan bahwa sektor eksterior pada spesifikasi Toyota Yaris ini memang terbilang sangat elegan dan terkesan lebih futuristik dengan kesan aerodinamis yang begitu tinggi.

Spesifikasi Toyota Yaris

Interior

Kabin Luas dengan Interior Mewah Usung Complete Features Dashboard yang Siap Memanjakan Penumpang
Tak hanya sisi ekesteriornya saja melainkan pada bagian interior dari spesifikasi Toyota Yaris pun juga turut mendapat beberapa sentuhan pembaruan yang lebih modern dan elegan. Pasalnya, kali ini pihak Toyota membuat ruang kabin pada hatchback buatannya ini dengan ukuran yang lebih leluasa guna memberikan ruang gerak penumpang yang lebih bebas. Tak sampai di situ saja, sisi menarik dari bagian interior pada Toyota Yaris ini yaitu pada bagian dashboard. Dimana, pihak Toyota telah mengusung konsep Complete Features pada dashboardnya yang kini berkesan lebih lapang. Sedangkan pada bagian tengah tampak menonjol ke depan dengan desain lebih menantang yang membuatnya sekilas tampak bagaikan gelombang selancar (surf wave). Di samping itu, penggunaan warna silver pada beberapa ornamen interior, diklaim membuat suasana kabin yang diusung Toyota Yaris ini menjadi terasa lebih modern, seperti pada konsol bagian depan, speaker, register knob, dan pengatur AC. Tak cukup sampai di situ saja, bagian center di sektor dashboard juga akan dilengkapi layar sentuh seluas 7 inci HD Display yang akan menawarkan beberapa menu pilihan entertainment. Antara lain seperti DVD, Radio FM/AM, USB, AUX, Bluetooth (audio dan phone). Namun, khusus untuk tipe G dan TRD Sportivo sendiri nantinya akan dilengkapi dengan beberapa fitur canggih tambahan, seperti iPod ready, miracast, weblink, internet connectivity serta multitasking window dan remote apps melalui smartphone. Sementara itu, pada bagian posisi pengemudi, bisa kita lihat Toyota Yaris ini akan menggunakan desain setir kemudi baru dengan beberapa tombol navigasi fungsional. Di baliknya ada paddle shift yang khusus untuk tipe TRD CVT. Lalu panel instrumen juga tampak berbeda dengan layar TFT MID untuk berbagai informasi terkait kondisi mobil saat berkendara. Tak hanya itu saja, bahkan model ini juga akan dilengkapi dengan beberapa fitur yang hanya di tipe TRD Sportivo. Beberapa di antaranya yaitu seperti smart entry dan engine start/stop button, auto AC, TFT MID, Sport/Eco Mode, paddle shift dan bahan kulit di setir. Dengan demikian, tak heran jika ruang kabin pada sektor interior yang diusung spesifikasi Toyota Yaris ini terkesan lebih modern nan canggih guna menunjang kenyamanan dalam berkendara kepada para penumpangnya.

Spesifikasi Mobil Toyota Yaris

Dimensi

Hatchback Modern dengan Struktur Bodi Gagah dan Dimensi Ideal
Sementara itu di sisi lain, kali ini Mas Sena akan mengulik sisi dimensi pada bodi dari spesifikasi Toyota Yaris. Selain ketegasan desain yang begitu modern dan sporty serta performa mumpuni, Toyota juga telah merancang hatchback ini dengan struktur dimensi yang terbilang cukup ideal dan handal. Dimana, kali ini Toyota Yaris ini masih memiliki ukuran dimensi yang sama dengan varian sebelumnya, yaitu dengan panjang 4.145 mm, lebar 1.730 mm dan tinggi 1.500 mm menunjukkan dimensi yang kian membesar. Sedangkan di sisi lain, untuk wheelbase tetap 2.550 mm. Mengingat masih mengandalkan platform lama maka kali ini tidak ada perubahan pada kelegaan kabin. Sementara itu di sisi lain, untuk menunjang keseimbangan dalam berkendara, pabrikan asal Jepang tersebut akan membekali mobil ini dengan suspensi handal. Yaitu, suspensi tipe MacPherson Strut pada bagian depan dan Torsion Beam pada bagian belakang. Kedua suspensi yang diusung Toyota Yaris tersebut dipastikan bakal sanggup menunjang kenyamanan dalam berkendara saat melewati berbagai jalanan. Di samping itu, tak lupa juga bahwa mobil pesaing Jazz ini akan mengandalkan velg Alloy berdiameter 15 inci dengan balutan ban berukuran 185/60 R15 (standar) dan 16 inci (TRD Sportivo) dengan ban berukuran 195/50 R16. Tak hanya itu saja, bahkan untuk menunjang keselamatan, kali ini Toyota Yaris akan mengandalkan rem Ventilated Disc 14 inci pada bagian depan, sedangkan di sektor belakang akan menggunakan rem Drum. Menariknya, sektor pengereman pada spesifikasi Toyota Yaris ini sudah dilengkapi teknologi ABS, EBD, dan BA yang siap memberikan kualitas pengereman yang kian sempurna.

Review Toyota Yaris

Mesin

Performa Dapur Pacu Super Gahar Berkat Bekalan Mesin Tipe 2NR-FE VVT-I 1496 cc
Nah, kini saatnya bagi Mas Sena untuk menilik ruang pacu yang dibawa spesifikasi Toyota Yaris. Kaitannya dengan dapur pacu, tampaknya memang menjadi sektor yang bakal mendapat perhatian khusus dari para konsumen mengingat sangat berkaitan erat dengan performa yang dihasilkannya. Nah, berhubungan dengan hal tersebut, diketahui bahwa Hatchback andalan Toyota ini mempertahankan mesin 2NR-FE 4 silinder tipe DOHC berteknologi Dual VVT-I yang memiliki kapasitas 1.496 cc. Mesin yang diusung Toyota Yaris tersebut pun nantinya akan dikawinkan dengan dua pilihan transmisi, yaitu 5 manual percepatan atau 7 percepatan otomatis CVT. Meski berbeda transmisinya namun dipastikan bakal sanggup memberikan tenaga yang sama, yaitu mampu menyemburkan power hingga 107 Ps per 6000 rpm dan torsi maksimum 14.3 Nm per 4200 rpm. Selain itu, pada bagian permesinan yang dibawa hatchback ini pun juga akan dilengkapi fitur tambahan Fun to Drive, khususnya pada New Yaris TRD Sportivo pengaturan berkendara dilengkapi pilihan SPORT atau ECO Mode. Sementara itu, untuk sistem suplai bahan bakarnya sendiri sudah menggunakan Fuel Injection yang dipastikan bakal memberikan kualitas efisiensi bahan bakar. Tentu saja, dengan kecanggihan yang dibawa sektor mesin pada spesifikasi Toyota Yaris tersebut akan membuat para konsumen pun kian tertarik untuk memboyongnya.

Harga Mobil Toyota Yaris

Fitur

Mengusung Fitur Canggih dan Fungsional Guna Menjamin Kenyamanan maupun Keselamatan Pengguna
Di satu sisi, satu sektor yang cukup menarik untuk kita bahas yaitu fitur yang akan diusung spesifikasi Toyota Yaris. Sebagai salah satu hatchback modern, tentu saja tak hanya desain dan mesinnya saja melainkan fitur-fitur yang dibawanya pun juga menjadi patokan tersendiri yang akan mengesankan kecanggihannya. Nah, pada Toyota Yaris ini, akan dibekali dengan beberapa fitur canggih dan handal. Salah satunya yaitu pengereman yang sudah berteknologi ABS, EBD, dan BA yang dipastikan bakal mampu memberikan hasil pengereman super handal dan sanggup mencegah terjadinya ban terkunci saat rem mendadak. Tak hanya itu saja, bahkan pada New Yaris hadir dilengkapi dengan tujuh airbag guna melindungi penumpang saat terjadi benturan atau kecelakaan. Di samping itu, mobil ini juga akan dilengkapi Vehicle Stability Control (VSC) untuk menstabilkan kendaraan pada posisi menikung. Ada juga fitur Hill-Start Assist (HSA) untuk memudahkan kendali kendaraan di tanjakan. Sangat canggih bukan fitur yang dibawa spesifikasi Toyota Yaris ini?

Video Toyota Yaris

Berikut ini adalah official video Toyota Yaris yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari mobil Toyota ini:

Spesifikasi Toyota Yaris

Mesin
Tipe Mesin In-line 4 Cyl, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i
Isi Silinder (Cc) 1,496
Diameter X Langkah (Mm) 72.5 x 90.6
Daya Maksimum (Ps/Rpm) 107 / 6,000
Torsi Maksimum (Kgm/Rpm) 14.3 / 4,200
Sistem Pemasukan Bahan Bakar Fuel Injection
Dimensi
Panjang (mm) 4,145
Lebar (mm) 1,730
Tinggi (mm) 1,500
Jarak Poros Roda (mm) 2,550
Sasis
Transmisi
  • 5-Speed Manual (E Grade M/T)
  • 7-Speed CVT (E Grade CVT)
  • 5-Speed Manual (G Grade M/T)
  • 7-Speed CVT (G Grade CVT)
  • 5-Speed Manual (TRD Sportivo M/T)
  • 7-Speed CVT (TRD Sportivo CVT)
Suspensi Depan Macpherson Strut
Suspensi Belakang Torsion Beam
Rem Depan
  • 14″ Ventilated Disc (E Grade, G Grade)
  • 15″ Ventilated – TRD (TRD Sportivo)
Rem Belakang
  • Drum (E Grade, G Grade)
  • 15″ Solid Disc – TRD (TRD Sportivo)
Sistem Rem Tambahan ABS + EBD + BA
Ukuran Ban
  • 185/60R15 (E Grade, G Grade)
  • 195/50R16 (TRD Sportivo)
Power Steering Rack and Pinion, Electric Power Steering With Tilt

Harga Toyota Yaris

Setelah membahas spesifikasi, kini saatnya bagi kita untuk mengulas harga Toyota Yaris. Namun, sebelum jauh mengulas pokok bahasan banderol, perlu diketahui kembali bahwa hatchback ini hadir dengan kelengkapan yang mumpuni, mesin dan transmisi yang sama dengan sebelumnya, namun membawa desain yang lebih baru yang tampak sangat elegan dan sporty. Tak hanya itu, Toyota Yaris ini pun juga dipastikan bakal mendapatkan fitur keselamatannya sangat komplit, sebab semua tipe akan dapat 7 airbags, stability control, ABS, EBD, BA, hill start assist dan jok ISOFIX. Dengan kecanggihannya tersebut, berapa sih harga Toyota Yaris ini?

Harga Toyota Yaris

Harga Toyota Yaris Terbaru

Berkaitan dengan harga Toyota Yaris, sebenarnya Secara umum, harga dari tiap varian dari hatchback buatan Toyota ini sendiri naik kurang lebih sekitar tiga jutaan rupiah, baik dari trim E dan G. Sedangkan untuk Toyota Yaris Facelift 2018 TRD Sportivo mendapatkan kenaikan harga sebanyak 1,5 jutaan Rupiah. Dengan kata lain, secara kisaran harga Toyota Yaris ini berkisar antara Rp 275.9 juta sampai Rp 275.9 juta. Sebuah rentang kisaran angka yang Mas Sena rasa cukup realistis dengan perbandingan spesifikasi yang begitu unggul. Nah, menurut kawan, apakah harga Toyota Yaris tersebut masih terbilang kemahalan?

Harga Toyota Yaris

Tipe Harga
Toyota Yaris E Grade M/T Rp. 235.400.000,-
Toyota Yaris G Grade M/T Rp. 243.700.000,-
Toyota Yaris E Grade CVT Rp. 247.200.000,-
Toyota Yaris G Grade CVT Rp. 254.700.000,-
Toyota Yaris TRD Sportivo M/T Rp. 264.100.000,-
Toyota Yaris TRD Sportivo CVT Rp. 275.900.000,-
Daftar Harga Mobil Toyota

Catatan : 

  • Harga mobil Toyota Yaris diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Toyota Yaris

Perlu diketahui bahwa informasi harga Toyota Yaris di atas merupakan harga resmi yang Mas Sena kutip langsung dari situs resmi Toyota Indonesia. Namun, banderol tersebut berstatus OTR untuk wilayah DKI Jakarta saja sehingga untuk daerah di luar Jakarta, harga mobil ini akan cenderung sedikit berbeda. Terlepas dari itu semua, satu hal yang pasti bahwa kehadiran dari Toyota Yaris dengan segala kelengkapan dan fitur yang dibawa agaknya akan membawa persaingan yang lebih sengit, apalagi lawan berat seperti Honda Jazz facelift dan Suzuki Baleno Hatchback sudah mengalahkan penjualan Toyota Yaris sebelumnya. Nah, itulah ulasan mengenai spesifikasi dan harga Toyota Yaris. Semoga bisa bermanfaat. Baca juga review Mas Sena mengenai Toyota Yaris HeykersHonda JazzKIA Rio, dan Mazda2.

Top