Spesifikasi dan Harga Toyota Yaris Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Toyota Yaris – Versi terbaru dari Toyota Yaris akhirnya lahir juga. Hatchback andalan Toyota ini memang selalu menjadi hot item di segmen kendaraan lima penumpang di Indonesia. Kehadiran All New Yaris ini memang sedikit tertinggal dari dua saingan beratnya di segmen hatchback, yaitu Honda Jazz dan juga Ford Fiesta. Kemunculan New Toyota Yaris memang yang paling bontot jika dibandingkan dengan dua merek tadi. Namun bukan Toyota namanya jika tak mampu memberikan efek kejutan. Dengan mengusung tagline ‘Let the Fun Begin’, versi teranyar dari Toyota Yaris ini hadir dengan nuansa baru yang semakin fresh dan tentunya elegan. Meski selama ini nama Yaris masih menjadi bayang-bayang Honda Jazz di segmen hatchback, namun pelan tapi pasti mobil besutan pabrikan asal Jepang ini sukses menyodok ke papan atas deretan hatchback mewah Tanah Air. Jika Honda Jazz dan Ford Fiesta memiliki konsep bodi yang lebih kalem dan elegan, kali ini All New Toyota Yaris hadir dengan konsep bodi yang sangat aerodinamis sehingga membuatnya memiliki aura lebih sporty. Tetap mempertahankan basis desain khas anak muda, New Yaris ini memang mengincar pangsa pasar konsumen yang berjiwa muda dan aktif.

toyota yaris

Toyota Yaris

Sekilas, tampilan eksterior dari All New Toyota Yaris ini memang terlihat sama dengan Yaris generasi kedua namun versi lama. Namun New Yaris kali ini memiliki lekukan bodi yang lebih tegas sehingga membuat aura sport hatchback semakin kental, khususnya untuk Toyota Yaris tipe TRD Sportivo. Jika pada sisi eksterior terdapat perubahan meski tak terlalu signifikan, maka bagian interiornya tetap mempertahankan desain interior versi lamanya yang memang sudah mewah. Tak lupa tentunya All New Toyota Yaris ini dipermanis dengan penambahan fitur baru di bagian interiornya. Sedangkan untuk jantung dapur pacunya, Toyota masih mempercayakan performa New Yaris pada mesin seri 1 NZ-FE tipe DOHC VVT-i. Mesin yang memiliki 4 silinder dengan 16 katup tersebut memang sudah terkenal bandel dan irit menjadi ‘nyawa’ Toyota Yaris dari generasi ke generasi. Mesin berkapasitas 1500 cc itu mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 109 tenaga kuda pada putaran mesin 6000 rpm. Untuk kelas hatchback, power Toyota Yaris ini memang menjadi salah satu yang paling besar. Hal ini membuatnya menjadi kendaraan yang cocok untuk keperluan harian sera enak saat diajak touring ke luar kota. Nah untuk mengetahui seberapa jauh performa dan kecanggihan mobil baru lansiran Toyota ini, berikut ini adalah ulasan lengkap tentang spesifikasi dan harga Toyota Yaris yang Mas Sena siapkan untuk Anda semua.

mobil toyota yaris

Mobil Toyota Yaris

Spesifikasi Toyota Yaris

Sporty Hatchback dengan Desain Body Aerodinamis

Pada bagian desain luar dari spesifikasi Toyota Yaris ini dibangun dengan konsep body sporty yang aerodinamis. Hal ini bisa kita lihat dari penggunaan headlamp dengan model lebih sipit dan tajam menandakan bahwa desain lampu All New Yaris terlihat lebih sangar. Headlamp tersebut langsung tersambung dengan desain frontgrill bercorak hitam doff yang didesain lebih minimalis namun kombinasi antara front grill dan headlamp berhasil membuat tampilan Toyota Yaris terlihat sangat klop dan gagah. Berpindah pada bagian front bumper, terdapat spoiler yang dibentuk lebih sporty bercorak hitam mengikuti corak grill. Front bumper ini juga berfungsi sebagai penutup radiator. Lalu, foglamp pada Toyota Yaris tetap mempertahankan bentuk bulat dan tertanam rapi di dalam casing hitam. Selain ada foglamp, terdapat pula LED Daytime Running Light (DRL) yang ditempatkan di bawah bumper. Untuk bodi samping, desain Toyota Yaris dibangun mengikuti lekukan ke belakang. Kosepnya tak terlalu banyak lekukan tajam, lalu bagian jendela juga didesain lebih kecil. Lalu untuk menambah kesan sporty, terdapat tape stripe dan side skirt yang didesain untuk tampilkan kesan hatchback yang futuristik. Bagian belakang ada rear roof spoiler yang semakin menambah kesan sporty pada Toyota Yaris ini. Pada bagian buritan, desain bodi All New Yaris ini pun masih identik dengan model Yaris versi lawas di mana desain belakang dibangun dengan bentuk yang tidak terlalu menjorok ke luar. Hadirnya bumper spoiler pada bagian bawah pun juga semakin membuat tampilan All New Yaris menjadi lebih manis. Terakhir, spesifikasi Toyota Yaris pada bagian desain mobil ditutup dengan penggunaan spion berteknologi retractable mirror.

spesifikasi toyota yaris

Spesifikasi Toyota Yaris

Interior Mewah dengan Bagasi Lebih Luas

Seperti pada bagian eksteriornya, di bagian interior dari spesifikasi Toyota Yaris juga turut dipermak. Pada bagian dasboarnya, warna hitam masih mendominasi tampilan kabin depan dengan material yang tak murahan dengan tambahan beberapa aksen krom. Di bagian dasbor Toyota Yaris juga terdapat display LCD untuk menunjang kebutuhan entertainment dan bisa juga berfungsi sebagai penunjuk navigasi. Pada tipe tertinggi atau TRD S matic, layar display yang ada di dasbornya sudah berteknologi touch screen dan air gesture. Sedangkan pada bagian speedometer, tampilan panel Toyota Yaris ini didesain lebih sporty dengan lampu lebih terang dan cluster yang menampilkan informasi lebih atraktif. Terdapat juga tombol-tombol fungsional seperti auto AC dan juga smart stop button. Lalu, bagian setir kemudi pun tak lupa turut direvisi dengan stir berbentuk lebih racing. Untuk jok pada Toyota Yaris ini pun juga sudah terjadi peningkatan kualitas di mana material joknya terbuat dari material semi bucket seat yang sangat nyaman digunakan sebagai tempat duduk. Kapasitas kabin pada spesifikasi Toyota Yaris ini masih sama dengan versi lamanya, yakni sanggup menampung empat orang dewasa. Toyota pun juga merubah penataan bagasi pada All New Yaris sehingga daya tampung bagasinya kini lebih luas.

spesifikasi mobil toyota yaris

Spesifikasi Mobil Toyota Yaris

Dimensi Fisik Pas Didukung oleh Suspensi Mantap

Sebagai kendaraan hatchback, dimensi fisik yang terdapat pada spesifikasi Toyota Yaris sudah cukup pas, baik sebagai kendaraan harian maupun sebagai partner bepergian ke luar kota. Secara fisik, mobil ini tak terlihat begitu ramping, namun tak juga terlihat bongsor. Karena pengaturan dimensi mobil yang dilakukan Toyota, membuat mobil ini terlihat lebih panjang dari Yaris generasi pertama. Toyota Yaris versi baru ini memiliki panjang 4115 mm, lebar 1700 mm, dan tinggi 1475 mm. Ukuran yang tepat untuk sebuah mobil hatchback. Bobot untuk New Yaris adalah 1045 kg. Meski didesain dengan bentuk lebih panjang dan tinggi, namun All New Toyota Yaris terbaru memiliki ground clearance atau jarak dengan tanah lebih rendah, yaitu 149 mm. Untuk menambah kenyamanan berkendara, suspensi yang disematkan New Toyota Yaris ini sudah cukup bagus, yakni dengan suspensi depan menggunakan teknologi suspensi MacPherson ditambah per keong dan juga stabilizer. Sementara untuk suspensi belakang, Toyota Yaris mengusung sistem suspensi Torsion Beam dengan tambahan per keong serta stabilizer. Suspensi yang nyaman tentunya juga butuh sistem pengereman yang mantap juga. Pada bagian pengeremannya, All New Toyota Yaris menggunakan rem cakram berukuran 14 inci disk untuk rem depan. Sedangkan bagian rem belakang hanya menggunakan sistem drum brake. Untuk bagian kaki-kaki, ukuran roda 185/60 R15 sudah turut disematkan pada Yaris versi baru ini. Jika melihat spesifikasi Toyota Yaris pada bagian dimensi, mobil ini memang sangat pas untuk digunakan di perkotaan atau jalan raya mengingat mobil ini kurang cocok dengan habitat jalanan yang kurang rata.

Advertisement

Mesin DOHC VVT-i Berkapasitas 1500 cc Hadirkan Performa Gesit dan Irit

Kini Mas Sena akan membahas spesifikasi Toyota Yaris pada bagian jantung dapur pacunya. Seperti yang sudah sempat Mas Sena singgung pada bagian awal tadi, All New Yaris ini merupakan salah satu tipe mobil hatchback yang cukup bertenaga. Tenaga besar Toyota Yaris ini dihasilkan oleh mesin seri 1 NZ–FE 1.4 liter berjenis DOHC VVT-i yang memiliki kubikasi sebesar 1497 cc. Mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga sebesar 109 PS pada putaran mesin 6.000 rpm. Sementara torsi maksimal yang mampu dihasilkan oleh mesin Toyota Yaris adalah sebesar 14,4 kg-m pada putaran mesin 4200 rpm. Mesin yang digunakan pada mobil ini merupakan mesin empat silinder 16 katup berbahan bakar bensin. Untuk transmisinya sendiri, Toyota Yaris hadir dalam dua pilihan transmisi, yaitu otomatis empat percepatan dan lima percepatan untuk tipe manual. Spesifikasi All New Yaris pada bagian mesin ini mengusung mesin berkarakter ‘start and stop’. Itu artinya, mobil ini memiliki tarikan yang sangat responsif pada putaran mesin bawahnya. Toyota All New Yaris ini memiliki kapasitas tangki maksimal bensin sebesar 42 liter. Selain sangat bertenaga, spesifikasi mesin Toyota Yaris ini juga termasuk pada kategori mesin yang cukup irit karena sudah menggunakan teknologi EFI yang akan meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakarnya.

Semakin Asyik Dikendarai Berkat Fitur Keamanan dan Kenyamanan Super Lengkap

Tibalah kita pada segmen terakhir pembahasan spesifikasi Toyota Yaris ini. Pada segmen terakhir ini, Mas Sena akan mengulas fitur-fitur keamanan dan kenyamanan yang terdapat pada All New Yaris. Sebagai hatchback modern, tentunya Toyota Yaris sudah dilengkapi dengan fitur kenyamanan dan keamanan tingkat tinggi. Pada fitur keamanan sebagai hal yang paling utama, Toyota Yaris versi baru ini dibangun dengan kerangka model Energy Absorbing Body Structure dan High Strength Body Frame. Itu artinya, All New Yaris ini memiliki material rangka lebih kuat dan dirancang dengan model perisai untuk memberikan keamanan pada pengemudi serta penumpangnya. Selain itu, pada bagian kabin kemudi Toyota Yaris juga dilengkapi dengan dual SRS airbags untuk semua tipe. Lalu ada juga 3 point seatbelt dengan potensioner dan force limiter yang bukan hanya berfungsi untuk melindungi pengemudi, namun juga melindungi penumpangnya. Pada bagian jok Toyota Yaris pun juga sudah ada Whisplash Injury Lessening yang bisa melindungi kepala saat terjadi kecelakaan. Kemudian, fitur pengereman ABS dengan EBD juga menjadi fitur wajib pada Toyota Yaris versi baru ini. Terakhir pada fitur keamanan dari New Yaris ini juga sudah dilengkapi dengan Security System dengan Immobilizer Key serta alarm. Sedangkan pada bagian fitur kenyamanan, fitur seperti Audio Video Touchscreen yang juga bisa difungsikan menjadi media penunjang entertainment pengguna juga hadir melengkapi spesifikasi Toyota Yaris ini. Pun demikian dengan adanya tambahan koneksi internet Wi-Fi juga bisa menjadi pilihan menarik untuk Anda. Terakhir untuk menghadirkan kesejukan di ruang kabin, AC Double Blower siap memanjakan pengemudi dan penumpang di dalam kabin All New Yaris ini.

Toyota Yaris

Model Yaris tipe G M/T Yaris tipe G A/T Yaris TRD tipe S M/T Yaris TRD tipe S A/T Yaris tipe E M/T Yaris tipe E A/T
Mesin
Seri Mesin 1 NZ – FE
Tipe Mesin IL 4 Cyl 16 V DOHC VVT-i
Isi Silinder (cc) 1497
Diameter x Langkah (mm) 75.0 x 84.7
Daya Maksimum (Ps/rpm) 109/6000
Torsi Maksimum (Kgm/rpm) 14.4/4200
Sistem Pemasukan Bahan Bakar EFI
Bahan Bakar Unleaded Gasoline Unleaded Gasoline Gasoline
Kapasitas Tangki (L) 42
Steering (Power Steering) electronic Power Steering
Dimensi
P x L x T (mm) 4115 x 1700 x 1475
Jarak Poros Roda (mm) 2550
Jarak Pijak / Tread (Depan/Front) (mm) 1470
Jarak Pijak / Tread (Belakang / Rear) (mm) 1460
Jarak Terendah (mm) 149
Berat Kosong (kg) 1055-1075 1040-1055 1075-1095 1075-1095 1030-1045 1050-1065
Gros Vehicle Weight (khusus Commercial) (kg) 1500
Sasis
Transmisi 5-Speed Manual 4-Speed Automatic transmission with Gate Type 5-Speed Manual 4-Speed Automatic with Gate type 5-Speed Manual 4-Speed Automatic transmission
Suspensi Depan MacPherson strut with coil spring and stabilizer
Suspensi Belakang Torsion beam with coil spring and stabilizer
Rem Depan 14″ Disc
Rem Belakang Drum
Ukuran Ban 185 / 60 R15

Harga Toyota Yaris

Setelah kita puas membedah spesifikasinya, sekarang tiba saatnya kita membahas banderol harga Toyota Yaris ini. Namun seperti biasa, sebelum Mas Sena membeberkan harga All New Yaris ini, kami akan memberikan sedikit kesimpulan dari apa yang telah kiat bicarakan pada segmen spesifikasi tadi. Menurut Anda bagaimana? Sudah terbayang performa Toyota Yaris ini? Untuk kelas hatchback di Indonesia, nama Yaris memang sangat diperhitungkan. Mobil lansiran Toyota ini bersaing ketat dengan merek lain seperti Honda Jazz, Ford Fiesta serta Hyundai Avega. Jika melihat spesifikasinya, sebenarnya kita sudah bisa menebak-nebak banderol harga Toyota Yaris ini. Hadir dengan tampilan eksterior lebih sporty, All New Yaris memang sangat cocok bagi Anda yang berjiwa muda. Selain itu, mesin DOHC VVT-i yang menjadi jantung dapur pacunya pun akan menghadirkan performa yang mesin. Untuk harian oke, untuk bepergian ke luar kota juga mantap. Apalagi, kini New Yaris didukung oleh segudang fitur canggih, seperti panel LCD pada bagian dasbornya, lalu ada dual SRS airbags, serta sistem suspensi yang nyaman. Hal inilah yang akan mempengaruhi banderol harga Toyota Yaris di pasaran. Apalagi, didukung oleh kekuatan branding Toyota dan layanan purna jual serta layanan service yang prima, maka harga Toyota Yaris ini dipastikan akan sangat kompetitif.

harga toyota yaris

Harga Toyota Yaris

harga toyota yaris terbaru

Harga Toyota Yaris Terbaru

Berdasarkan informasi resmi dari laman Toyota Indonesia, banderol harga Toyota Yaris paling murah ditempati oleh Yaris tipe E dengan transmisi manual. Tipe tersebut dibanderol dengan harga sekitar Rp 227,8 jutaan. Sementara itu, All New Yaris tipe E A/T dibanderol sedikit lebih mahal, yakni Rp 238,6 jutaan. Untuk All New Toyota Yaris tipe G yang juga tersedia dalam pilihan transmisi manual dan otomatis, masing-masing dibanderol dengan harga sekitar Rp 236,1 jutaan untuk tipe M/T dan Rp 246,1 jutaan untuk tipe A/T. Harga Toyota Yaris yang paling mahal ditempati oleh tipe TRD Sportivo. Untuk Yaris tipe TRD S M/T, harganya adalah Rp 258 jutaan. Sedangkan untuk tipe A/T, harganya adalah sekitar Rp 258.8 jutaan. Banderol harga Toyota Yaris tipe TRD S memang menjadi yang paling mahal, sama seperti mobil-mobil lansiran Toyota lainnya yang mengusung varian TRD Sportivo. Varian paling mahal ini sangat cocok bagi Anda yang berjiwa muda dan ingin tampil lebih sporty. Selain itu, kisaran harga Toyota Yaris tipe TRD S memang lebih mahal karena didukung oleh fitur-fitur yang lebih lengkap.

Harga Toyota Yaris

Tipe Harga
Toyota Yaris tipe E M/T Rp. 227.800.000,-
Toyota Yaris tipe E A/T Rp. 238.600.000,-
Toyota Yaris tipe G M/T Rp. 236.100.000,-
Toyota Yaris tipe G A/T Rp. 246.100.000,-
Toyota Yaris tipe TRD S M/T Rp. 258.000.000,-
Toyota Yaris tipe TRD S A/T Rp. 258.800.000,-
Daftar Harga Mobil Toyota

Catatan : 

  • Harga mobil Toyota Yaris diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Toyota Yaris

Namun yang perlu Mas Sena ingatkan adalah, daftar harga Toyota Yaris di atas merupakan harga OTR untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Untuk harga di daerah, memang kemungkinan besar akan mengalami perubahan. Jika melihat kisaran harga Toyota Yaris di atas, sejujurnya harga tersebut memang terhitung masih sangat kompetitif. Sebagai perbandingan, harga Honda Jazz terbaru juga dibanderol dengan nominal sekitar Rp 250 jutaan. Sementara itu, pesaing Toyota Yaris yang lain, yakni KIA Rio yang juga memiliki konsep sporty hatchback, dibanderol dengan harga tertinggi sekitar Rp 260 jutaan. Dengan kekuatan pasar yang dimiliki oleh Toyota, serta beragamnya pilihan tipe, tentunya ini akan sangat memudahkan konsumen. So, bagi Anda yang sudah tertarik untuk menebus harga Toyota Yaris ini, segera kunjung diler Toyota terdekat untuk memastikan harganya! Baca juga review Mas Sena mengenai Honda JazzKIA Rio, dan Mazda2.

Top