AHM Buka Peluang Luncurkan Motor Trail di Indonesia

AHM Mulai Serius Garap Pasar Motor Trail – Setelah jauh hari diberitakan sudah melakukan test internal terhadap motor trail CR250. Kini kabar kembali berhembus jika sebenarnya Astra Honda Motor (AHM) tengah mempelajari kemungkinan memproduksi motor trailnya untuk Indonesia. Nantinya AHM akan merilis motor versi jalanan atau street legal yang secara segmentasi jelas akan menjadi penantang Yamaha WR250.

AHM Buka Peluang Luncurkan Motor Trail di Indonesia

Kabar mengenai kedatangan motor trail Honda sendiri sebenarnya sudah cukup lama mencuat, namun seiring perjalanan waktu rumor ini mulai surut. Apalagi sejak kedatangan beberapa produk moge Honda dan juga varian sport 150 cc terbaru, seolah semua terlarut dalam euforia. Kini selang beberapa tahun, AHM rupanya mulai mempelajari potensi pasar motor trail Indonesia. Sejauh ini, ada tiga pabrikan motor di Indonesia yang memang sudah lebih dulu terjun di pasar motor trail medium, seperti Kawasaki, Yamaha, dan Viar.

Advertisement

Yang jelas di Tanah Air pasar motor trail memang tumbuh cukup subur, maka tak heran kemudian Yamaha turut bermain di segmen ini. Untuk motor trail yang akan diluncurkannya, AHM kemungkinan akan mempertimbangkan nama Honda CRF250L yang sudah memiliki nama besar di ranah crosser penjuru dunia. Secara pasar, memang untuk harganya ada di bawah Yamaha WR250 namun soal spesifikasinya sebenarnya juga tak kalah kelas jika dibandingkan dengan kompetitornya tersebut.

Tambahan informasi, Honda CRF250L mengusung mesin berkubikasi 249 cc DOHC dua timing programed PGM-FI liquid cooled 6 percepatan dan juga 46 mm throttle body. Mesin yang ada pada Honda CRF250L mampu muntahkan tenaga sampai 36,7 hp pada putaran 11.000 rpm dan torsi puncak 26Nm pada putaran 8.500 rpm. Bobotnya sendiri tergolong ringan hanya mencapai 105 kg. Sedangkan guna mendukung kenyamanan saat menggaruk tanah, Honda CRF250L andalkan suspensi berjenis Pro-Link Showa single shock adjustable hingga 17 position rebound damping.

Saat ini Honda CRF250L telah dipasarkan di negeri Thailand. Sementara untuk pasar Indonesia, mengingat AHM masih butuh studi lebih banyak, kemungkinan Honda CRF250L akan datang bukan dalam waktu dekat. Jika benar motor trail ini dirilis di Indonesia, tahun 2017 mungkin bisa menjadi waktu yang pas untuk Honda CRF250L mulai berkiprah di Tanah Air. Baca juga Indian Bike of The Year Pilih Yamaha R3 Jadi Motor Terbaik 2016 dan Honda Berpotensi Produksi Naked Bike 250 CC Dua Silinder.

Top