Pertamina Siap Tanggung Seluruh Biaya untuk Rio di Formula One

Pertamina Siap Tanggung Seluruh Biaya untuk Rio Haryanto Berlaga di F1 – Meskipun telah mendapatkan garansi dari pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora RI), tampaknya Rio Haryanto juga belum bisa sepenuhnya lega. Pasalnya untuk bisa berlaga di ajang Formua One (F1) tahun 2016 surat garansi saja belum cukup. Rio membutuhkan uang sebesar USD 15 juta untuk bisa bergabung bersama tim Manor. Sementara sekarang ini, dana baru terkumpul sekitar USD 5 juta. Dana tersebut adalah dana yang berasal dari sponsor utama Rio, yaitu Pertamina.

Pertamina Siap Tanggung Seluruh Biaya untuk Rio di Formula One

“Pertamina sudah sepakat akan menggelontorkan dana sebesar USD 5 juta untuk Rio. Sisanya ‘kan dari pemerintah. Katanya sih mau bikin konsorsium, entah BUMN atau beberapa gabungan perusahaan. Kita lihat saja nanti,” ungkap Eko Ricky Susanto selaku Passenger Car Manager Retail Marketing PT Pertamina, dikutip dari laman Otosia, hari Rabu (23/12).

Eko juga menambahkan kemungkinan besar Pertamina akan menanggung sisa biaya sponsor. Mengingat saat ini sisa waktu untuk Rio yang diberikan oleh Tim Manor kian sempit, jika tak segera teratasi bisa saja Rio justru terhempas dari balap F1 yang kini sudah ada di depan mata.

“Melihat ‘dateline’ yang sempit, sepertinya Pertamina akan menanggung seluruh biaya yang dibutuhkan pada tahun pertama,” tambah Eko.

separator

Dengan menggelontorkan banyak dana untuk Rio, memang termasuk langkah berani yang dilakukan Pertamina. Sebab menurutnya, Pertamina jauh-jauh hari telah memiliki komitmen ingin membawa pebalap asli Indonesia untuk bisa berkiprah di ajang balap bergengsi layaknya Formula One. Termasuk dengan Rio Haryanto, kini Pertamina siap membuktikan komitmennya tersebut.

“Kita sering mendapat tawaran untuk sponsori tim balap luar. Tapi kami tolak. Kami inginnya bukan cuma numpang taruh nama saja, tapi lebih dari itu, ingin agar pebalap Indonesia ikutan. Itu sudah misi kami dari dulu, makanya saat Rio mau masuk, kami dukung seratus persen,” pungkasnya.

Sebelumnya pihak Kemenpora sendiri telah menyatakan siap menanggung beban biaya Rio agar bisa berlaga di ajang F1. Untuk pembiayaannya agar Rio bisa bergabung di Tim Manor, Kemenpora akan membayar secara bertahap dengan cara mencicil. Baca juga MotoGP Indonesia akan Dilangsungkan Akhir Tahun 2017 dan Rio Haryanto Pasang Target di Formula One.

Top