Honda Kembangkan Sistem Airbag Canggih untuk Motor

Fitur Airbag untuk Motor Honda akan Populer di Masa Depan – Salah satu fitur keselamatan yang cukup penting yaitu airbag atau kantung udara memang saat ini baru diaplikasikan untuk kendaraan roda empat atau mobil saja. Airbag untuk sepeda motor, mungkin banyak orang akan mengernyitkan dahi, karena sejauh ini belum terlalu populer istilah ‘airbag for motorcycle’.

Honda Kembangkan Sistem Airbag Canggih untuk Motor

Sejauh ini hanya ada segelintir fitur airbag yang disematkan di kendaraan roda dua, bandingkan dengan airbag mobil yang kini mulai menjadi fitur wajib. Tercatat sampai saat ini airbag hanya bisa dijumpai di aksesoris pendukung seperti jaket, wearpack, jikapun ada di motor hanya tersedia di Honda Gold Wing.

Lantas menurut laman Motorcyclist, dilansir hari Rabu (23/12), sejatinya sistem airbag yang dikembangkan mulai tahun 1970 tersebut, kemungkinan masih membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa diaplikasikan ke sepeda motor. Mengapa demikian?

Faktor utama yang mendasari pengembangan airbag untuk sepeda motor berjalan lamban, karena airbag susah memprediksi bagaimana posisi pengendara sepeda motor ketika terjadi peristiwa kecelakaan. Sementara untuk Honda Gold Wing sendiri, pabrikan telah menyematkan sistem airbag pada motor tersebut lantaran mudah memprediksi posisi pengendara.

separator

Namun saat ini ternyata Honda sudah memiliki pemikiran jauh ke depan, dimana Honda siap mengembangkan sistem airbag untuk motor mereka Honda NC750S.

Untuk airbagnya tersebut, Honda akan merancang dengan desain yang lebih panjang ke atas dan berbentuk layaknya balon. Hal ini mengingat kebanyakan ketika terjadi kecelakaan, pengendara biasanya terpental ke atas dan lurus ke depan. Lewat airbag ini, kemungkinan pengendara tidak akan terlempar secara frontal.

Sementara itu di bagian bawah airbag akan memberikan proteksi terhadap dada dan perut pengendara sebelum airbag bagian atas menahan kepalanya. Dengan demikian airbag siap untuk menahan semua tubuh pengendara saat terjadi kecelakaan keras.

Secara kinerja, sistem airbag ini dipicu oleh sensor yang terletak di bagian bawah garpu yang bisa mendeteksi dampak kecelekaan keras, sama seperti milik Honda Gold Wing. Sedangkan kecelakaan yang tidak berasal dari depan, tidak akan mampu memicu airbag untuk mengembang. Baca juga Rem Motor Berdecit Mengganggu Setelah Melaju Saat Hujan? Ini Penyebabnya dan Helm RS 1.0, Helm Unik yang Bisa Membelah dan Tanpa Tali Pengikat Dagu.

Top