Datsun Berpeluang Produksi Mobil non-LCGC

Datsun Pelajari Produksi Mobil non-LCGC – Sejak memutuskan untuk comeback di pasar otomotif Indonesia, prestasi Datsun memang cukup mentereng. Bahkan sejak kedatangannya di industri roda empat Tanah Air, Datsun dianggap telah memberikan warna baru bagi konsumen, Padahal jika diamati, Datsun baru seumur jagung setelah comeback pada tahun 2013. Namun ternyata tak butuh waktu yang lama bagi pabrikan asal Jepang tersebut untuk menarik kembali perhatian publik.

Datsun Berpeluang Produksi Mobil non-LCGC

Nama Datsun sendiri di Indonesia memang sudah cukup familiar bagi pecinta roda empat lawas. Untuk itu, maka tidak heran jika akhirnya PT Nissan Motor Indonesia (NMI) tertarik menaungi Datsun untuk berkiprah di segmen pasar mobil Low Cost Green Car (LCGC), bersaing dengan produsen mobil lainnya di dalam negeri.

Sampai sekarang, mungkin jumlah varian mobil yang dipasarkan Datsun belumlah sebanyak produsen lain. Tercatat sejauh ini Datsun hanya memiliki dua mobil saja yakni Low MPV lewat Datsun Go+ dan tipe hatchback lewat Datsun GO. Semua varian mobil yang ditawarkan Datsun tersebut aadalah mobil bersegmen LCGC. Tetapi meskipun hanya memiliki dua varian mobil saja, penjualan Datsun bisa dibilang cukup moncer, sehingga tak pelak jika langkah NMI memasukkan Datsun ke Indonesia adalah langkah tepat.

Dari jumlah total penjualan mobil Datsun untuk tahun ini, Datsun rupanya berhasil menyumbang prosentase sebesar 3 persen dari total pangsa pasar otomotif di Indonesia. Sementara Nissan hanya mampu menyumbangkan 2 persen saja.

separator

Lantas melihat prestasi penjualan Datsun yang pasti cukup prospektif tersebut, pertanyaan umum yang biasa menguap adalah, apakah Datsun akan memasarkan varian mobil lainnya yang berkategori non-LCGC untuk konsumen Indonesia? Menanggapi pertanyaan di atas, pihak Datsun Indonesia tak sungkan untuk memberikan respon.

“Kalau berbicara peluang tentu semua kemungkinan tetap terbuka. Kalau dipandang perlu dan memang ada peluang, kenapa tidak,” kata Indriani Hadiwijaya, selaku GM Head of Datsun Indonesia, dikutip dari laman VIVA.co.id, Sabtu 26 Desember 2015.

Jika benar Datsun akan memproduksi mobil non-LCGC, lalu bagaimana dengan pangsa pasar Nissan yang kemungkinan bakal tergerus?

“Ya, tentu nanti dari Nissan pusat pasti punya strategi dong untuk menghindari hal tersebut,” pungkas Indriani. Baca juga Tipe Tertinggi Suzuki Ertiga Bakal Diperkenalkan Tahun Depan dan Seolah Melawan Arus, Kia Hadirkan Mobil X-Men Saat Star Wars Ramai di Pasaran.

Top