Toyota Rebut Posisi VW untuk Produsen Mobil Terlaris Dunia

Toyota Telah Catat Angka Lebih Dari 9 Juta Unit Selama 10 Tahun Terakhir – Angin segar telah dihembuskan dari produsen mobil asal negeri Sakuran, Toyota. Selain prestasinya yang di raih untuk angka penjualan terbaik di pasaran Indonesia, rupanya kali ini Toyota juga telah berhasil ambil alih posisi Volkswagen sebagai produsen mobil dengan angka penjualan terbaik di dunia untuk periode penjualan hingga tahun 2015 ini.

toyota-telah-catat-angk-lebih-dari-9-juta-unit-selama-10-tahun-terakhir

Selama 10 tahun terakhir, Toyota telah sanggup mencetak angka penjualan hingga 9.210.000 unit. Angka ini lebih besar daripada penjualan Volkswagen yang mencapai 9.010.000 unit. Begitulah catatan yang diinformasikan oleh Reuters dan dilansir dari halaman Kompas Otomotif, Sabtu (26/12/2015).

Pada bulan November 2015 lalu, memang VW Group telah mengungkapkan bahwa perusahaannya mengalami penurunan angka jual sebanyak 2,2 persen dari penjualan tahun lalu. Hal ini salah satunya merupakan dampak dari skandal emisi yang menjeratnya di Amerika Serikat. Tak dapat dipungkiri memang apabila akibat skandal tersebut VW cukup banyak mengalami kerugian.

Sementara itu, untuk penjualan Toyota Group pada bulan November justru mengalami kenaikan sebesar 0,1 persen dari tahun sebelumnya untuk periode yang sama. Untuk itulah hingga penghujung tahun prestasi Toyota semakin meningkat.

Sebelumnya, Toyota memang merasa sulit untuk mengungguli VW karena sebelum terkuaknya kasus skandal emisi, VW telah menargetkan penjualan sampai akhir tahun sebanyak 11 juta unit terhitung mulai periode Januari-Juni. Hanya saja ekspektasi tersebut langsung jatuh sejak terbongkarnya skandal itu dan penjualan model-model diesel telah dihentikan di beberapa pasar utama di dunia.

Kekalahan angka jual tersebut juga disebabkan oleh penurunan dari penjualan di pasar terbesar VW yaitu China. Di negeri Tirai Bambu ini, penjualan justru mengalami penurunan yang cukup besar yaitu mencapai 7,4 persen hingga bulan September 2015.

Selain Volkswagen, produsen lain yang saat ini mengalami penurunan angka penjualan adalah General Motors (GM). Kali ini, GM yang merupakan salah satu merek dari urutan tiga teratas produsen mobil dunia telah mengalami penurunan sebesar 1,9 persen. Dalam Sembilan bulan pertama di tahun 2015 ini, GM berhasil mencetak angka penjualan sebesar 7,2 juta unit selama periode yang sama.

Dengan angka tersebut, dipastikan Toyota tetap akan menjadi Raja untuk angka penjualan terbesar. Baca juga All New Fortuner Hadir di Argentina dengan Dua Varian Baru dan Tipe Tertinggi Suzuki Ertiga Bakal Diperkenalkan Tahun Depan

 

Top