BMW X1 Versi 7 Penumpang Segera Meluncur Pertengahan 2016!!

BMW X1 Hadir dengan Wheelbase Lebih Panjang – Produsen BMW dikabarkan akan meluncurkan model X1 dengan wheelbase yang lebih panjang untuk pasar China. Hal ini terungkap dari paten untuk generasi kedua SUV paling kecil BMW yang diketahui sudah didaftarkan di China. Meskipun sampai saat ini masih belum ada keterangan resmi dari BWM, namun diperkirakan BMW X1 ini merupakan versi baru dengan kapasitas 7 penumpang.

BMW X1 Hadir dengan Wheelbase Lebih Panjang

Melalui sebuah badan paten di China tersebut, terbongkar bahwa BMW memperkenalkan model X1 yang menggunakan platform modular UKL dengan dimensi wheelbase yang lebih panjang 4 inci dari versi sebelumnya. Jarak sumbu roda yang lebih panjang tersebut dimanfaatkan oleh BMW sebagai tambahan bangku baris ketiga. Dengan adanya wheelbase yang panjang ini akan membuat ruang kaki di interiornya lebih luas sehingga penumpang di dalam mobil akan semakin nyaman.

Advertisement

Secara teknis, model BMW X1 yang memiliki wheelbase lebih panjang ini diperkirakan  akan tetap sama dengan versi standarnya. Artinya, model entry level ini akan ditenagai mesin turbocharged tiga silinder dengan kapasitas 1.5 liter yang mampu mengahasilkan tenaga hingga 134 daya kuda. Sementara untuk varian yang lebih mahalnya akan hadir dengan mesin turbo empat silinder 2.0 liter yang mampu menghasilkan tenaga hingga 228 daya kuda. Tenaga dari mesin ini akan disalurkan melalui transmisi otomatis 8 percepatan ke roda depan sebagai standarnya. Sementara pengendaraan all-wheel drive disebut bisa menjadi opsi pilihan dengan tambahan biaya.

Perbedaan lainnya yang dihadirkan oleh BMX X1 Long Wheelbase dengan versi standarnya juga terlihat pada bagian desain pintu tengah yang memanjang dan memiliki jendela kaca samping tambahan di bagian pilar C. BMW X1 standar hanya memiliki kapasitas 5 penumpang dengan wheelbase 2.670 mm. Apabila ingin menambahkan jok ketiga, mobil setidaknya harus memiliki wheelbase yang diperpanjang sebanyak 100 mm. BMW X1 yang sejatinya merupakan SUV kompak membuat pengembangan versi 7 penumpang ini tampak penuh tantangan. Dari desain pilar D, kemungkinan tidak akan muat dengan ruang kepala dan diperkirakan bahwa jok ketiga tambahan hanya muat untuk penumpang anak-anak. Tidak hanya masalah pada ruang penumpang belakang, kapasitas bagasi versi 7 penumpang ini juga pastinya akan semakin kecil.

Rencananya, BMW akan meluncurkan X1 tujuh penumpang pada pertengahan 2016. Namun belum diketahui pasti apakah model ini hanya dipasarkan di China atau akan menjadi produk global BMW untuk kendaran premium tujuh penumpang.

 

Top