Yamaha Kenalkan Motor Trail Buas untuk Ajang Reli Dakar

Yamaha Pemerkan Motor Buas Segala Medan WR450F Dakar – Bertepatan dengan momen akhir tahun ini, Yamaha kembali memamerkan sebuah mahakaryanya berupa produk motor baru yang rencananya akan mereka rilis pada tahun 2016 mendatang. Hal ini seolah menandakan jika Yamaha tidak mau ketinggalan dengan para kompetitornya yang ramai-ramai memamerkan teaser motor baru untuk tahun depan.

Yamaha Kenalkan Motor Trail Buas untuk Ajang Reli Dakar

Seperti yang dilansir oleh laman Autoevolution, pada hari Selasa, (29/12), Yamaha turut memperkenalkan salah satu varian motornya untuk pecinta otomotif. Namun kali ini Yamaha bukan mengenalkan produk motor yang benar-benar baru, melainkan hanya merilis motor yang telah mengalami proses penyempurnaan menjadi lebih buas dan ganas. Adapun motor yang mendapatkan upgrading dari Yamaha ialah WR450F yang kali ini dirombak habis-habisan.

Sejatinya WR450F merupakan motor yang berjenis motor trail atau motor penggaruk tanah. Tetapi Yamaha tengah melakukan modifikasi ekstrim untuk WR450F agar motor ini bisa melibas semua jenis medan tidak hanya tanah saja. Maksud Yamaha melakukan perombakan pada WR450F juga bukan tanpa sebab, lantaran WR450F edisi modifikasi ini akan mereka turunkan di ajang bergengsi Reli Dakar. Jika hanya mengandalkan WR450F versi standar saja jelas tidak akan cukup mumpuni. Untuk itu akhirnya Yamaha melakukan proses modifikasi pada WR450F di setiap lininya, dan hasilnya motor ini terihat lebih garang dibandingkan versi yang biasa.

Sekedar tambahan informasi, Reli Dakar merupakan ajang balapan yang cukup bergengsi. Dimana kompetisi ini tiap tahun rutin digelar di negara Amerika Selatan. Pada ajang balap Reli Dakar, ketahanan kendaraan jelas sangat diperlukan karena di ajang tersebut, tersaji rangkaian medan ekstrim mulai dari tanah, batu, hingga pasir. Jarak yang harus dilalui juga sangat jauh yakni sepanjang 9.319 km.

Dalam dua minggu WR450F Dakar bakal diuji ketangguhannya. Dimana peserta boleh mengganti mesinnya apabila terjadi kerusakan, tetapi konsekuensinya akan terkena penalty. Dengan begitu biasanya, motor harus dipersiapkan sebaik mungkin agar tidak terjadi kerusakan. WR450F merupakan motor yang memiliki bobot ringan hanya sekitar 123 kg saja, meskipun ukuran kapasitas tangkinya bsia mencapai 30 liter.

Saat ini WR450F versi standar dibanderol dengan harga sekitar Rp 126 jutaan. Menginginkan versi dakar? Bersiaplah merogoh kocek dua kali lipatnya. Baca juga CSC RX3 Motor Jenis Touring dengan Harga Super Terjangkau dan Suzuki Hayabusa Terbaru akan Usung Mesin Supercharger.

Top