Honda Siap Jelajahi Lintasan Udara dengan HondaJet

Ikuti Jejak Mitsubishi, Honda Rilis Pesawat Jet Ringan – Seolah tidak mau ketinggalan dari Mitsubishi yang beberapa bulan lalu sukses mengudara dengan Mitsubishi Regional Jet (MRJ), kini Honda juga melakukan hal serupa. Meskipun untuk saat ini perusahaan produsen pesawat asal negeri Asia belum sepopuler perusahaan penerbangan asal Amerika atau Eropa, namun apa yang dilakukan oleh Mitsubishi dan Honda jelas bisa menjadi inti pernyataan jika perusahaan penerbangan asal Asia kini sudah berkembang pesat.

Honda Siap Jelajahi Lintasan Udara dengan HondaJet

Setelah resmi mendapatkan sertifikasi dari badan penerbangan federal atau FAA di Amerika Serikat pada tanggal 8 Desember kemarin, pesawat besutan Honda yang dinamakan HondaJet telah diterbangkan ke markasnya di Greensboro, California Utara. Tak hanya di Amerika Utara, rencananya HondaJet juga siap dikirim ke pasar Amerika Serikat dan Eropa.

Advertisement

“Kami bangga bisa mengumumkan pengiriman pertama HondaJet, ini membuktikan komitmen Honda untuk memajukan mobilitas manusia melalui inovasi. Honda akan menyeriusi komitmen ini, sehingga akan banyak populasi HondaJet di bandara-bandara di seluruh dunia,” ucap CEO perusahaan pesawat HondaJet, Michimasa Fujino, dipetik dari laman Autonetmagz, hari Kamis (31/12).

Sebenarnya jika bicara kiprah Honda di dunia penerbangan, pabrikan ini sudah cukup lama berkecimpung di dalamnya. Tercatat sejauh ini Honda sudah memiliki jaringan diler pesawat berjumlah 11 yang tersebar di benua Eropa. Selain itu Honda juga menjamin jika HondaJet dikembangkan dengan banyak riset, sehingga Honda berani mengklaim jika pesawat jet miliknya tersebut memiliki ruang paling senyap, berfitur canggih, berkabin luas, memiliki bagasi lega, irit bahan bakar, namun sangat kencang. Untuk kecepatan maksimum, HondaJet bisa mencapai angka 772,8 km per jam.

Menarik lagi ketika menilik bagian interior dari HondaJet, dimana di sektor interiornya, pesawat jet kelas ringan ini bisa dikustomisasi secara personal sesuai dengan pesanan konsumen. Sementara bicara soal segmen pasar dari HondaJet, ternyata Honda berfokus pada target pasar berupa konsumen personal dan juga perusahaan.

Tampaknya dengan rilisnya HondaJet semakin memperkuat lini produksi model transportasi Honda. Kini sesuai moto perusahaan, Honda sudah memiliki amunisi lengkap untuk transportasi di darat, udara, dan juga laut. Baca juga Mitsubishi Cetak Angka Penjualan 5 Juta Unit di AS dan Pesawat Kolaborasi Mitsubishi dan Toyota Sukses Diterbangkan.

Top