Kunci Kualitas Material Motor Yamaha Terletak Pada Banyaknya Test Jalanan

Yamaha Ungkap Alasan Mengapa Rutin Melakukan Test Jalanan untuk Produknya – Sejauh ini, merk Yamaha memang paling kerap terlihat melakukan test jalanan untuk motor keluaran terbarunya. Meskipun pabrikan motor lain juga sering melakukan test jalanan untuk produk yang akan dilaunching, namun dari banyak spyshot yang beredar, Yamaha adalah yang paling kentara. Banyak yang mempersepsikan jika test jalanan hanyalah demi strategi marketing Yamaha semata, namun dibalik alasan ekonomis, ternyata ada juga alasan kuat lainnya mengapa Yamaha selalu rajin melakukan uji jalanan bahkan untuk produk yang hanya sekedar facelift dan bukan benar-benar baru.

Kualitas Material Motor Yamaha Terletak Pada Banyaknya Test Jalanan

Contoh yang paling nyata, akhir-akhir ini Yamaha terlihat mengumbar spyshot motor terbarunya yang direncanakan launching tahun 2016 yakni MT-15 dan juga Aerox 125. Tetapi sebenarnya untuk produk facelift-pun Yamaha juga melakukan hal serupa. Seperti ketika Yamaha V-Ixion Advance akan dirilis, sebelumnya publik sudah disodorkan banyak spyshot. Padahal sebenarnya Yamaha V-Ixion Advance hanya mengusung perubahan minimalis meliputi headlamp, fender, dan pemrograman ulang pada sisi mesin saja. Lantas mengapa Yamaha harus melakukan uji jalanan yang bertahap? Apakah sekedar alasan strategi marketing?

“Oh enggak. Engineering enggak ada urusan sama jualan. Tentu ada alasan teknis. Untuk produk facelift sekalipun jika memang ada sedikit perubahan pada casing kita akan tes ulang. Tujuannya untuk mengetahui kekuatan mounting-mounting atau dudukan casing. Bergetar atau tidak setelah digunakan diatas 10 ribu kilometer misalnya. Bagaimana kekuatan baut serta casing, semua kita teliti. Jadi kita harus pastikan produk betul-betul lulus uji semua yang dipatok,” ujar salah satu sumber internal PT YIMM, dikutip dari laman pengamat otomotif Indonesia, Iwanbanaran.com, pada hari Kamis (31/12).

Ternyata meskipun untuk motor yang hanya mengalami perombakan minimalis seperti Yamaha V-Ixion Advance, pabrikan tetap akan melakukan test jalanan berjarak puluhan kilometer. Hal ini bertujuan untuk mengetest kemampuan material dari produk motornya bukan sekedar alasan marketing.

Melihat strategi Yamaha yang memang mendetail, tak heran jika motor Yamaha sejauh ini memiliki kualitas material yang cukup baik. Dari beberapa komponen material, produk Yamaha juga dikenal digemari konsumen karena dinilai memiliki kesolidan, tanpa mengesampingkan performa mesin yang dimilikinya. Baca juga Yamaha Aerox 125 akan Jadi Kejutan YIMM di Awal Tahun 2016 dan Honda SFA Motor Pesaing Yamaha MT-15.

Top