Setelah Dipatenkan Juni Lalu, Motor Hidrogen Pertama Siap Jual!

Motor Suzuki Hidrogen Siap Turun ke Pasaran – Sekitar pada bulan Juni 2015 lalu, Suzuki telah ajukan hak paten motor berbahan bakar hidrogennya, kini pabrikan asal Jepang tersebut telah mengumumkan bahwa motor hidrogen pertama di dunia ini telah siap turun ke pasaran. Seperti yang kita ketahui, bahwa selama ini bahan bakar hidrogen baru diaplikasikan pada kendaraan jenis mobil. Namun, mulai tahun depan tepatnya bulan pertama di tahun 2016 sebuah inovasi terbaru akan dihadirkan di tengah-tengah masyarakat.

motor-suzuki-hidrogen-siap-turun-ke-pasaran

Produsen motor asal negeri Sakura, Suzuki merupakan pabrikan pertama di dunia yang berani  mengembangkan sebuah kendaraan bermotor dengan bahan bakar hidrogen. Bahkan seperti yang telah diberitakan beberapa waktu lalu bahwa pemerintah Jepang telah memberi izin terhadap Suzuki untuk melakukan tes uji coba motor hidrogen ini di jalanan umum.

Izin tersebut diberikan kepada pihak Suzuki  apabila sepeda motor hidrogen tersebut telah memenuhi standar dari peraturan yang ditetapkan. Standar ini meliputi keselamatan dan keamanan lingkungan.

Seperti pada konsep yang diperkenalkan sebelumnya, Suzuki membuat motor hidrogen ini dengan segmen jenis skutik yang memiliki tubuh bongsor Suzuki Burgman yang telah mendapatkan modifikasi untuk sektor mesinnya terutama pada bagian konsep bahan bakar. Untuk tangki gas hidrogen, Suzuki menempatkannya pada bagian bawah motor yang dekat dengan standar.

Bahan bakar motor ini sebetulnya telah dikembangkan sejak beberapa tahuhn lalu bersama Intelligent Energy. Sedangkan jenis bahan bakar dari Intelligent Energy selama ini juga telah digunakan pada motor skuter Burgman dan juga pesawat Boeing. Untuk skuter Burgman sendiri telah diperkanalkan sejak tahun 2009 lalu di Tokyo Motor Show.

Selain jenis skuter, Suzuki juga memberikan pilihan jenis tipe lain yaitu jenis trail.

Seperti yang terjadi pada mobil berbahan bakar hidrogen, dengan dalih masalah keamanan kemungkinan skutik hidrogen ini akan sulit diterima di pasaran. Hal ini terlihat dari beberapa kendala yang dialami pada saat pengambilan hak paten pada Juni lalu.

Namun, Suzuki tetap optimis bahwa terobosan barunya ini akan cukup efisien untuk mengatasi masalah keterbatasan bahan bakar saat ini. Baca juga Suzuki Selesaikan Prototipe Motor Berbahan Bakar Hidrogen dan Yamaha Aerox 125 akan Jadi Kejutan YIMM di Awal Tahun 2016

Top