Tahun 2016 Sambut Kehadiran Suzuki Karimun Wagon R 7 Penumpang

Suzuki Karimun Wagon R Hadir dengan varian 7 Penumpang – Kabar terbaru datang dari salah satu produsen mobil terbesar di India yaitu Maruti Suzuki. Produsen mobil tersebut berencana akan memamerkan beberapa model terbarunya di ajang Auto Expo pada Februari 2016 mendatang. Menurut sumber yang dekat dengan perusahaan, Maruti Suzuki akan memperkenalkan Wagon R atau yang lebih dikenal dengan Karimun Wagon R 7 penumpang.

Suzuki Karimun Wagon R Hadir dengan varian 7 Penumpang

Sebelumnya, Suzuki pertama kali memperlihatkan konsep Karimun Wagon R 7 penumpang ini di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 lalu. Mobil jenis MPV ini akan membutuhkan waktu sangat lama untuk pengujiannya dan nantinya akan disediakan dengan dua pilihan mesin yaitu mesin bensin K-Series 1,0 dan mesin diesel 800 cc DDis125. Kabar lainnya juga menyebutkan bahwa vendor telah diberi daftar sparepart yang harus dibuat dan disediakan untuk MPV kompak tujuh penumpang ini. Salah satu sparepart yang harus disediakan adalah tangki bahan bakar plastik. Pengujian kualitas sparepart ini akan dilakukan bersamaan dengan pengujian mobil.

Advertisement

Karimun Wagon R 7 penumpang ini dibekali dengan dimensi panjang 3.700 milimeter (mm), atau lebih panjang 101 mm dibandingkan dengan Wagon R versi hatchback. Pesaing terdekatnya adalah Datsun Go+ dengan panjang 3.995 mm. Nantinya, Karimun Wagon R 7 penumpang ini akan diposisikan berada di bawah Ertiga. Khusus di India, mobil ini juga dikabarkan akan dijadikan armada taksi.

Selain itu, Karimun Wagon R ini dipastikan akan dilengkapi transmisi manual 5 percepatan. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga bahwa model ini akan tersedia dalam varian transmisi otomatis 5 percepatan. Dari segi desainnya, Karimun Wagon R 7 penumpang yang memiliki kode nama ‘YJC’ ini akan dibekali dengan panjang sekitar 4 meter agar body bagian belakangnya bisa ditaruh kursi di baris ketiga.

Suzuki Karimun Wagon R 7 penumpang ini sangat cocok dijadikan sebagai kendaraan penumpan dengan target penjualan perusahaan sebanyak 80.000 unit per tahun. Walupun sampai saat ini dari pihak perusahaan belum membenarkan waktu peluncurannya secara resmi, tetapi rencananya mobil ini akan diproduksi di pabrik Gurgaon dan diekspor ke negara-negara ASEAN seperti Indonesia, Filipina, dan Vietnam.

Top