Pangsa Mobil Bekas Etios di Indonesia Terancam Jatuh!

Toyota ‘Suntik Mati’ Etios Valco di Indonesia, Ancam Harga Bekasnya – Beberapa waktu lalu telah terdengan kabar bahwa Toyota akan suntik mati Etios Valco di pasaran Indonesia. Apabila hal ini benar terjadi, selain adanya dampak yang terjadi pada para konsumen loyal dari Toyota Valco juga akan berpengaruh pada harga turunan mobil ini.

toyota-suntik-mati-etios-valco-di-indonesia-ancam-harga-bekasnya

Kemungkinan besar, harga pasaran mobkas untuk city car Toyota ini juga akan jatuh. Dengan usianya yang belum genap 3 tahun rupanya Etios terpaksa harus segera angkat kaki dari pasaran Tanah Air. Seperti diketahui, sejak peluncurannya pertama kali pada tahun 2013 lalu, Etios Valco di Indonesia baru pernah mendapatkan pembaruan versi satu kali yaitu dengan varian terbaiknya Tom’s.

Advertisement

Namun, memang ‘suntik mati’ terpaksa harus dilakukan terhadap mobil ini. Pasalnya, memang dalam kurun waktu periode 2015 penjualan Etios memang mendapatkan prestasi yang paling rendah dibandingkan dengan produk Toyota lainnya. Dalam periode tersebut, di Indonesia Etios hanya sanggup mencetak angka penjualan 5.137 unit. Perolehan tersebut jauh berada di bawah Agya yang terjual sebanyak 51.908 unit dan Yaris yang memperoleh angka 16.353 unit.

Sebetulnya, penyebab dari kurang tertariknya minat konsumen terhadap Etios dikarenakan kehadiran mobil ini memang cukup terbatas pada pilihan tertentu saja. Mobil yang dibanderol dengan harha Rp 145,3 hingga Rp 172,6 juta tersebut hanya hadir dengan transmisi manual saja , tidak tersedia transmisi otomatis. Padahal, apabila melihat kebutuhan konsumen yang tinggal diperkotaan demngan lalu lintas padat, lebih membutuhkan kendaraan dengan transmisi otomatis.

Bahkan menaggapi hal ini, Muhamad Tamhid Amali selaku Ketua Umum Toyota Etios Valco Club Indonesia mengungkapkan bahwa untuk peminat mobil bekas Etios Valco di pasaran memang ada tetapi sangat jarang. Konsumen mobkas khawatir terhadap kesulitan pencarian suku cadang apabila mobil ini benar-benar akan dihentikan produksinya di Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa pembelian mobil bekas tentu saja membutuhkan suku cadang yang juga terjamin kualitasnya.

Hal inilah yang menyebabkan kondisi pasar mobil bekas Etios Valco menjadi semakin menurun bahkan anjlok. Baca juga Jualan Semakin Sepi, Toyota Siap Discontinue Etios Valco dan Hentikan Produksi, Toyota Turunkan Harga Besar-besaran untuk NAV1

Top