Toyota Innova dan Fortuner Tersendat di India, Mengapa?

Aturan Larangan Mobil Bermesin Diesel di India Berdampak pada Innova dan Fortuner – Beberapa waktu yang lalu, pemerintah India baru saja mengumumkan kebijakan baru, yaitu aturan yang menyatakan bahwa kendaraan bermesin diesel di atas 2.000 cc telah dilarang untuk beroperasi di negaranya. Kebijakan yang diterapkan di New Delhi tersebut elah memberi dampak cukup besar bagi para produsen mobil bermesin diesel baik produsen lokal maupun impor. Salah satunya adalah Toyota Kirloskar Motor (Toyota India).

aturan-larangan-mobil-bermesin-diesel-di-india-berdampak-pada-innova-dan-fortuner

Keputusan tegas tersebut dilatarbelakangi atas dasar keinginan dari pemerintah setempat untuk menciptakan Negara yang bebas polusi jadi untuk mengurangi ketercemaran udara akibat gas buang yang dihasilkan mesin diesel yang tidak sedikit maka keputusan tersebut akhirnya dipatenkan. Meskipun hingga saat ini larangan tersebut baru diberlakukan pada satu lokasi saja dan berlaku masa percobaan selama 3 bulan yang dimulai pada Januari 2016 ini, namun dampaknya cukup berpengaruh terhadap peluncuran All-New  Innove dan All-New Fortuner.

Aturan larangan tersebut kemungkinan besar akan diperpanjang  dan mencakup wilayah yang semakin luas. Atas kemungkinan tersebut, maka produsen-produsen asal India sendiri juga tak diam saja, mereka kemudian mulai memikirkan strategi pemasaran lain.

Berdasarkan informasi Economic Times, yang dilansir dari halaman KompasOtomotif, Rabu (06/01/2016) menyatakan bahwa Toyota India tengah memikirkan dan mempertimbangkan untuk menjual Innova dan Fortuner dengan mesin bensin. Bukan hanya itu saja, karena New Delhi juga merupakan wilayah yang mendominasi penjualan, maka Toyota India juga mulai memutar otak untuk menjual varian Toyota di India dengan mesin bensin saja.

separator

Menurut data yang tertulis pada Society of Indian Automobile Manufacturers (SIAM), Toyota telah berhasil mencatat angka penjualan sebanyak 91.588 unit periode April-November 2015. Dan dari angaka tersebut sekitar 55 persen dengan jumlah 50.711 adalah diperoleh dari Innova dan Fortuner.

TS Jaishankar selaku Deputi Managing Director-Commercial Toyota India juga menyebutkan bahwa sebelumnya pihak Toyota telah menawarkan produksi Innove dengan mesin bensin, hanya saja hal tersebut tidak jadi dilakukan karena permintaan di India didominasi oleh mesin diesel. Namun, melihat hal itu rupanya saat ini dibutuhkan, maka pihak Toyota akan menawarkannya kembali kepada konsumen. Baca juga Generasi Terbaru Kia Picanto Mulai Terlihat di Jalanan dan Produksi All New Pajero Sport di Pabrik Baru Mitsubishi di Indonesia Dimulai Tahun 2017

Top