Canggih! Kini Mobil Juga Bisa ‘Ngomong’

Dengan Software Berbasis Pemrograman Delphi, Bikin Mobil Bisa Berkomunikasi – Kemajuan demi kemajuan telah terjadi di dunia ini. Setelah tercipta mobil otomasi yang dapat dikemudikan tanpa sopir, lalu mobil pintar tersebut yang dapat berkomunikasi langsung dengan sensor-sensor di sekitar bahkan ada yang bisa membaca pikiran manusia. Kini, yang lebih canggih telah hadir. Hanya dengan pemrograman Delphi, mobil bisa berbicara. Benarkah?

dengan-software-berbasis-pemrograman-delphi-bikin-mobil-bisa-berkomunikasi

Teknologi software yang terbuat dari bahasa pemrograman Delphi ini memungkinkan mobil untuk berkomunikasi dengan mobil lainnya, lampu lalu lintas dan memberikan informasi apabila ada pejalan kaki yang berada dekat dengan laju mobil. Untuk menyampaikan informasi tersebut hanya dibutuhkan sensor dan kamera yang diletakkan pada mobil untuk menerima dan mengirimkan informasi melalui software tersebut.

Ryan Middleton, selaku kepala dari tim pembuat software tersebut juga mengungkapkan bahwa teknologi yang dikembangkan oleh timnya ini sanggup menyediakan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh sang pengemudi, selain itu yang lebih canggih adalah antara satu mobil dan mobil lainnya dapat melakukan komunikasi.

Adanya upaya pengembangan software ini, diharapkan oleh tim sendiri agar resiko kecelakaan dapat terminimalisir.

Berdasarkan kutipan yang dilansir dari halaman CNBC, Sabtu (09/01/2016),”Anda dapat berkomunikasi dengan mobil dan mendapatkan informasi melalui layar yang terdapat di mobil,’ ujar Ryan.

Pada software ini terdapat tiga bentuk komunikasi yang dapat dilakukan oleh Delphi yaitu dengan sesama kendaraan (vehicle to vehicle), kendaraan dengan infrastruktur (vehicke to infrastructure) seperti lampu lalu lintas, dan lainnya. Lalu satu lagi adalah komunikasi pada saat terdapat sinyal pejalan kali di sekitar mobil (pedestrian alerts).

Komunikasi yang berjalan dari sesama kendaraan berfungsi untuk mendeteksi keberadaan posisi kendaraan lainnya, apakah berada pada jalan yang sama ataupun jalan di sekitar kendaraan tersebut. Kemudian komunikasi dari kendaraan dengan infrastruktur dapat berfungsi sebagai penyediaan data berupa tanda jalanan yang terdekat dengan mobil serta kondisi lampu lalu lintas. Sehingga dengan ini, mobil bisa meyesuaikan diri secara lebih efisien.

Untuk deteksi sinyal pejalan kaki sendiri, dapat mendeteksi apabila terdapat pejalan kaki di sekitar mobil ataupun hendak menyeberang jalan, sehingga pengemudi dapat dengan mudah melakukan antisipasi dengan menurunkan kecepatan laju mobil.

Kecanggihan ini memang dikatakanj cukup fungsional untuk dimanfaatkan secara merata di jalanan, agar resiko kecelakaan lalu linta menjadi semakin kecil. Baca juga Driving Assist, Penyelamat Banyak Nyawa Manusia dan Selain Rencana F1 Masa Depan, Rupanya China Telah Lebih Dulu Kembangkan Mobil yang Disetir Oleh Pikiran Manusia

Top