KIA Belum Menyerah pada Carens

KIA Tak Akan Menyerah pada Carens – PT KIA Mobil Indonesia membantah bahwa mereka akan menghentikan pemasaran Carens untuk pasar domestik Indonesia. Jawaban ini disampaikan secara langsung oleh General Manager KIA Mobil Indonesia (KMI) Ridjal Mulyadi, seperti dilansir oleh laman Kompas Otomotif pada Senin (11/1).

kia-tak-akan-menyerah-pada-carens

KIA Carens memang dalam beberapa tahun terakhir semakin terdesak oleh para kompetitor. Meski begitu, KIA memang sama sekali tak ingin menghentikan penjualan Carens.

“Dalam kesempatan kali ini, KIA Mobil Indonesia bermaksud meluruskan bahwa pemberitaan yang di muat di (laman) kompas.com dengan Judul ‘KIA Indonesia Berhenti Jual Carens’ tidak ada kolerasinya antara judul dan isi tulisan.

Sebelumnya, KIA memang sempat dikabarkan akan menghentikan penjualan Carens setelah mobil 7 penumpang itu tak muncul lagi di situs resmi perusahaan. Namun hal ini langsung dibantah oleh KIA.

separator

Lebih lanjut Ridjal menjelaskan bahwa KMI saat ini memang belum mengimpor lagi Carens untuk mengisi stok di pasar, sehingga pasokan memang tengah kosong. Situasi ini terjadi karena prioritas perusahaan sepanjang 2015 adalah menghabiskan sisa stok Carens yang masih ada di tengah situasi pasar yang menurun.

“Memang kondisi persaingan di kelas Carens sangat ketat, namun bukan berarti kami telah menyerah atau berhenti memasarkan model tersebut,” ucap Ridjal menjelaskan.

Berdasarkan data dari Gaikindo, KIA baru saja menjual 150 unit Carens sepanjang tahun 2014. Jumlah ini menurun menjadi tinggal 25 unit sepanjang bulan pertama tahun 2015.

Ridjal melanjutkan bahwa Carens memang tidak kompetitif karena banderolnya kemahalan, namun hal itu tak lantas membuat penjualan Carens dihentikan.

“Spesifikasi head to head tapi pasar di sini didominasi ke harga. Carens nggak kompetitif dibading yang lain,” ujar Ridjal, seperti dilansir dari laman Kompas Otomotif, Jumat (8/1).

Kondisi pun semakin parah sebab KMI terpukul nilai mata uang rupiah yang melemah terhadap dollar Amerika Serikat (AS), terutama sepanjang tahun 2015. Hal ini pun berimbas pada semua model KIA yang dijual di Indonesia, yang notabene merupakan produk impor sehingga perbedaan nilai mata uang pun juga memengaruhi harga retail.

KIA sendiri meluncurkan Carens pada pertengahan 2016 dengan banderol awal Rp 249,5-262,5 jutaan. Pada tahun 2015, harga KIA menembus kisaran Rp 268-281 juta akibat pelemahan Rupiah terhadap Dollar AS. Di kelasnya, KIA Carens bersaing dengan Honda Freed, Toyota Innova serta Chevrolet Orlando. Baca juga Audi A1 New Version Akan Segera Hadir dengan Bodi Lebih Minimalis dan Toyota Pamerkan Sedan Sport Vira, Kombinasi Yaris dan RAV4.

Top