Bajaj Siap ‘Comeback’ di Indonesia Bareng KTM

Pisah dengan Kawasaki, Bajaj Rangkul KTM – Bajaj sebuah pabrikan motor asal negeri Bollywood, India, dikabarkan siap menyapa kembali publik Tanah Air dengan perubahan baru. Setelah sebelumnya menggandeng pabrikan ‘geng ijo’, Kawasaki, kini Bajaj santer terdengar akan kembali berkiprah di Indonesia lagi namun dengan mitra anyar yakni KTM.

Pisah dengan Kawasaki, Bajaj Rangkul KTM

Tentunya rumor mengenai kembalinya Bajaj ke Indonesia tak lepas dari rasa penasaran Bajaj akan pasar Indonesia yang sebenarnya masih cukup potensial. Apalagi pabrikan senegeranya, TVS juga tetap bertahan, kendati dikerubung oleh pabrikan Jepang lainnya. Secara penjualan, Bajaj memang belum stabil namun bukan berarti produk yang dirilis Bajaj tidak laku, karena konsumen Bajaj di Indonesia juga tidaklah sedikit.

Advertisement

Dengan menggandeng KTM dan berpisah dari Kawasaki, bisa jadi menjadi strategi tepat mengingat hubungan kedua perusahaan ini juga cukup berjalan baik. Diketahui KTM yang berasal dari Austria memiliki pabrik di India untuk produknya yakni Duke dan RC. Dari pengumuman resmi yang dilansir Viva.co.id, kedua perusahaan ini bakal menjalin kontrak kerjasama dalam waktu tak lama lagi.

Sebelumnya Bajaj sempat bermitra dengan Kawasaki untuk penjualan Pulsar 200NS di Indonesia. Akan tetapi secara penjualan, motor bersegmen nakedbike ini ternyata kurang mendapat respon positif di pasaran. Alhasil kerjasama terpaksa dibatalkan, karena dinilai tidak lagi prospektif.

Berarti dalam waktu tak lama lagi. Kawasaki kemungkinan tidak akan lagi menjual Pulsar 200NS. Apalagi, saat ini di negara Jepang, Kawasaki juga telah menjalin hubungan bisnis dengan Kymco dari Korea Selatan.

Kerjasama antara KTM dan Bajaj dinilai bisa mengangkat pamor kedua perusahaan tersebut di Tanah Air. Sebab mereka berambisi setidaknya bisa menyaingi penjualan motor dari pabrikan Jepang di Tanah Air, yang sejauh ini sangat mendominasi.

Dikutip dari Rushlane, saat ini Bajaj telah memiliki saham 48 persen dari KTM. Nantinya kedua perusahaan bisa saling mengambil keuntungan. Selain itu, PT Bajaj Auto Indonesia juga memiliki pabrik perakitan CKD yang sekarang sudah bisa dimanfaatkan pula oleh KTM. Kabarnya, selain bisa memanfaatkan pabrik perakitan Bajaj, KTM juga bisa menikmati distribusi, diler, dan layanan after sales bersama Bajaj. Baca juga Pangsa Sepeda Motor Bebek Semakin Tergerus Model Sport dan Matic dan Yamaha Pastikan Kehadiran X-Ride 125.

Top