Lagi! Reli Dakar Menelan Korban Jiwa

Reli Dakar 2016 Sebabkan Penonton Meninggal – Ajang balap bergengsi dunia, Reli Dakar kembali menelan korban meninggal pada hari Selasa, (12/1) kemarin. Kala insiden tersebut terjadi para peserta tengah menjalani etape sembilan di area Belen, Argentina. Kronologisnya, terjadi kecelakaan lalu lintas pada kendaraan yang sedang menderek mobil rusak milik peserta.

Lagi! Reli Dakar Menelan Korban Jiwa

Terkait kecelakaan lalu lintas tersebut, panitia penyelenggara Reli Dakar 2016 telah mengkonfirmasi jika terjadi kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan satu orang tewas dan lima orang lainnya cidera. Kecelakaan ini juga melibatkan kendaraan bantuan.

Mulanya, kejadian diawali dengan kendaraan bantuan yang sedang menarik mobil peserta yakni Mitsubishi Lancer dengan nomor 049 milik Lionel Baud, tengah diangkut menuju Buenos Aires untuk dikapalkan ke Benua Eropa. Naasnya, ketika sedang mengangkut mobil Lancer milik Baud, kendaraan bantuan tersebut malah berbenturan dengan mobil lain di Cordoba, Argentina, yang mengakibatkan satu korban meninggal dunia di tempat, dan lima lainnya mengalami luka ringan. Bahkan satu dari lima korban luka, dikabarkan mengalami cedera serius dan butuh penanganan medis lebih lanjut.

Anehnya, Mitsubishi Lancer yang ketika ajang Reli Dakar 2016 milik Lionel Baud, sebelumnya juga sudah mengalami kecelakaan yang mengakibatkan seorang penonton juga meninggal. Kecelakaan itu terjadi pada hari Sabtu, (9/1) kemarin bertepatan di etape tujuh, di Bolivia.

separator

Insiden kecelakaan hari Selasa kemarin, sekaligus menambah deretan peristiwa naas di ajang Reli Dakar 2016. Insiden ini menjadi insiden keempat sejak Reli Dakar resmi dipindah ke Amerika Selatan pada tahun 2009 silam, sekaligus menambah rentetan buruk ajang Reli Dakar yang memang berlangsung keras.

Sebelumnya beberapa tahun yang lalu, atau tepatnya tahun 2009, ajang Reli Dakar juga sempat menyebabkan dua orang meninggal dunia karena truk bantuan menabrak mobil di jalan negara Chile. Lanjut pada tahun 2013, ada juga kecelakaan fatal yang menyebabkan peserta Reli, pengendara sepeda motor, Thomas Rougin menghantam mobil polisi Chile. Peristiwa tragis lainnya, ada dua penonton yang meninggal ketika mobil mereka menabrak mobil kru peserta di Peru.

Sebagai ajang balap, Reli Dakar memang merupakan kompetisi yang dikenal ganas tidak hanya berbahaya bagi peserta, melainkan juga penonton atau bahkan kru tim. Baca juga Sean Galael Rebut Juara Asian Le Mans Series di Thailand dan Diberlakukan Mei 2016, Ini Ongkos Bikin SIM C Khusus Motor 250cc dan 500cc.

Top