Skuter Matic Tetap Jadi Primadona di Tahun 2016

Digempur Segmen Sport, Skuter Matik Tetap Favorit Konsumen – Jika ditilik akhir-akhir ini, penjualan motor bersegmen bebek atau biasa dikenal moped terus mengalami trend penurunan. Apalagi sejak kedatangan motor bersegmen skuter matik di Indonesia, alhasil penjualan motor bebek kian meredup kendati sebelumnya merupakan segmen favorit konsumen Indonesia. Alasan utama mengapa motor bersegmen skuter matic dipilih, tak lain karena motor ini menawarkan kepraktisan, tak perlu repot-repot memsukkan persneling, memiliki bagasi luas, dan nyaman dikendarai saat situasi kemacetan.

Skuter Matic Tetap Jadi Primadona di Tahun 2016

Dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor (AISI), dalam periode Januari sampai November tahun 2015, sudah sebanyak 4.496.954 unit motor matic yang berhasil terjual di Indonesia. Jika dibandingkan dengan penjualan motor bersegmen bebek, jelas sangat timpang. Dimana motor bebek hanya berhasil terjual sebanyak 788.703 unit saja di periode yang sama. Lantas apakah skuter matik tetap akan mendominasi pasar otomotif roda dua dalam beberapa waktu ke depan?

Dituturkan oleh, Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor (AHM), Johannes Loman, yang mengatakan jika tahun 2016 motor bersegmen skuter matic tetap akan menjadi favorit pasar.

Advertisement

“Penjualan di segemen skutik itu mendominasi hingga 75 persen, segmen sport itu 13 persen dan bebek 10 persen. Untuk tahun ini, kira-kira masih sama, segmen skutik yang masih akan tetap mendominasi,” ujar Johannes Loman, dikutip dari laman Viva.co.id, hari Kamis (14/1).

Loman juga menambahkan jika konsumen Indonesia masih tetap akan memilih motor matic sebagai kendaraan harian, karena motor ini menawarkan kepraktisan yang lebih. Sementara menanggapi kelangsungan motor bebek, dia menyampaikan pendapatnya.

“Untuk segmen bebek akan tetap hidup, tapi tidak dominan lagi, karena orang sekarang lebih memilih yang praktis dan lifestyle. Segmen bebek juga masih akan sama saja, tidak akan mengalami perubahan,” pungkasnya.

Hal yang sama sebelumnya juga disampaikan oleh petinggi AHM lainnya, yaitu Margono Tanuwijaya, yang menjabat sebagai  Direktur Pemasara AHM. Pejabat AHM tersebut turut mengatakan jika untuk beberapa waktu ke depan skutik masih akan menguasai sekitar 75 persen penjualan motor di Indonesia, angka ini diprediksi sulit bergeser. Baca juga AHM Rilis All New Honda Beat eSP dan Honda Beat POP eSP dan Yamaha Tawarkan Beragam Bonus Menarik bagi Pembeli Fino 125 Blue Core.

Top