Daihatsu: Honda Bukanlah Kompetitor!

Daihatsu Tidak Menganggap Honda Sebagai Kompetitornya – Pada puncak tahun 2015 lalu, catatan angka penjualan  dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan PT Honda Prospect Motor (HPM) menghasilkan catatan selisih yang cukup tipis yaitu 8.555 unit. Untuk perolehan sepanjang periode 2015, ADM telah berhasil menjual sebanyak 167.808 unit, sedangkan untuk HPM berhasil mencatat angka penjualan 159.253 unit. Meskipun perolehan angka dengan perbedaan yang tipis itu, namun Daihatsu tidak ingin menyebut Honda sebagai rivalnya.

daihatsu-tidak-menganggap-honda-sebagai-kompetitornya

Hal ini kemudian dipertegas oleh Direktur Pemasaran dari PT ADM, Amelia Tjandra yang kemudian menjelaskan bahwa Honda bukanlah merupakan competitor. Hal ini terbukti pada perolehan angka jual yang berhasil diraih Dihatsu sepanjang tahun 2015 tidak mengalami penurunan, bahkan prestasi Daihatsu tetap mempertahankan posisi nomor dua dari pasaran otomotif nasional yang terhitung sejak tahun 2009 sampai 2015, lebih tepatnya adalah selama tujuh tahun bertahan.

Berdasarkan kutipan yang dilansir dari halaman KompasOtomotif, Jumat (15/01/2016),”Masing-masing produsen memiliki strategi dan segmen. Setiap kali ditanya, saya akan bilang kalau Honda itu bukan sebagai kompetitor Daihatsu,” ujar Amel.

Pihaknya kemudian menambahkan bahwa Honda juga tidak wajib apabila Honda meluncurkan produk baru maka Daihatsu juga meluncurkan produk baru dengan model atau segmentasi yang sama. Hingga saat ini Amel mengakui bahwa Daihatsu telah merasa cukup puas dengan produk kendaraan-kendaraan yang ada.

Lalu Amel juga mengungkapkan bahwa strategi yang seperti saat ini memang membuat pihak Daihatsu cukup bangga. Bahkan dari produk Sirion Sport yang baru saja diperkenalkan, pada waktunya nanti juga pasti akan diberikan penyegaran-penyegaran untuk memaksimalkan produk tersebut.

Namun, meskipun pihak Daihatsu tidak menyebut Honda sebagai kompetitor, apabila mengacu pada  sumber informasi dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), selama periode 2015 pada segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV), memang perolehan angka jual Daihatsu kalah dari Honda. Pada segmen tersebut Daihatsu hanya mencapai angka penjualan 36.262 unit untuk Daihatsu Great New Xenia dan Honda Mobilio mencapai angka 42.932 unit. Sedangkan untuk segmentasi Low Cost and Green Car (LGCC), Ayla juga berhasil memimpin dengan total 35.084 unit dan Brio Satya hanya mendapat angka 31.820 unit.

Untuk itulah, apabila diperhatikan sebetulnya kedua merek ini memang berjalan beriringan atau mungkin malah seperti saingan ketat. Baca juga Toyota Prediksi Pasar Otomotif Tahun 2016 Masih Akan Berat dan Astra Daihatsu Motor Luncurkan Sirion City Car Sport Berjiwa Muda

Top