Teken MoU dengan Proton, Suzuki Menyerah di Malaysia

Suzuki Hentikan Semua Kegiatan Produksi dan Penjualan di Malaysia – Sebuah kabar mengejutkan datang dari negeri jiran, Malaysia. Pabrikan besar asal Jepang, Suzuki, akhirnya memutuskan untuk menghentikan semua kegiatan produksi dan penjualan di Malaysia. Hal ini menyusul ditandatanganinya perjanjian kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Suzuki dengan pabrikan lokal Malaysia, Proton. Keputusan MoU ini efektif berlaku mulai bulan Februari 2016 nanti.

suzuki-hentikan-semua-kegiatan-produksi-dan-penjualan-di-malaysia

Seperti dilansir lama Liputan6.com dari Rushlane, Jumat (15/1), selain menghentikan seluruh kegiatan produksi, semua outlet atau diler Suzuki yang berada di Malaysia akan diubah menjadi diler Proton. Total, diler atau outlet Suzuki yang berada di negeri jiran tersebut mencapai 29 titik.

Dalam pengumuman resminya, antara Suzuki dan Proton menyatakan bahwa tujuan kolaborasi ini untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Pada kesempatan yang sama, CEO Proton, Datuk Abdul Harith menyatakan bahwa kesepakatan dengan Suzuki ini berlangsung lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya.

separator

Sementara itu, sumber internal Suzuki menyatakan kepada Focus Malaysia bahwa keputusan ini diambil karena lesunya penjualan Suzuki di Malaysia. Dikatakan, keluarnya Suzuki dari pasar Malaysia merupakan bagian dari restrukturisasi perusahaan.

Meski demikian, Suzuki Malaysia tetap akan melayani pelanggan di outlet yang telah berubah tersebut. Selain itu, sparepart atau suku cadang juga dijamin masih tersedia.

Namun, ruang lingkup atau bentuk kerjasama antara Suzuki dengan Proton belum dipastikan. Satu hal yang sudah jelas adalah, sampai sekarang Proton dapat mengakses model, platform, powerarm, dan seluruh teknologi milik Suzuki.

Apabila kerjasama antara Suzuki dan Proton ini berjalan mulus, bukan tidak mungkin Proton akan memproduksi kendaraan dengan platform Suzuki. Apalagi, dalam salah satu klausul kerjasama tersebut juga disebut kalau Suzuki dapat memberikan bantuan teknis kepada Proton.

Kerjasama antara Suzuki dengan Proton ini memang akan menguntungkan kedua pihak. Berbeda dengan di Indonesia dimana pamor Suzuki masih terus menanjak, penjualan mereka di Malaysia memang tergolong lesu. Dengan kerjasama ini, Suzuki berharap bisa meningkatkan brand-nya di Malaysia, sementara Proton bisa mengadopsi teknologi dari pabrikan asal Jepang tersebut. Baca juga Edisi Spesial Sirion Sport Sebenarnya Tidak Hanya Hadirkan Warna Putih dan BMW X4 M40i, Model X4 dengan Performa Paling Tinggi.

Top