Toyota Menjadi Fondasi Indonesia pada Industri Automotif Global

Ekspor Toyota Indonesia Menggebrak Pasaran Otomotif di Asia Pasifik – Baru saja PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengumumkan angka ekspor kendaraan secara utuh (completely built up/CBU) dengan merek Toyota pada periode sepanjang tahun 2015. Rupanya, angka yang diperoleh cukup memuaskan yaitu mencapai 176.700 unit dalam setahun, itu artinya Toyota Indonesia telah mencetak kenaikan ekspor sebanyak 10 persen dari tahun 2014 lalu.

ekspor-toyota-indonesia-menggebrak-pasaran-otomotif-di-asia-pasifik

Strategi bisnis dan performa kerja pemasaran dari Toyota Indonesia memang tergolong stabil sehingga berhasil memantapkan Toyota Indonesia menjadi pangsa pasar manufaktur automotif global di Kawasan Asia Pasifik yang cukup diandalkan.

Warih Andang Tjajono, selaku Wakid dari Presiden Direktur TMMIN mengungkapkan dalam kutipan yang dilansir pasa news.okezone, Sabtu (16/01/2016),”Era perdagangan bebas ini memberikan tantangan dan peluang tersendiri bagi industri automotif Indonesia, terutama Toyota. Peningkatan daya saing menjadi kunci utama untuk menjawab tantangan. Toyota juga akan mengisi peluang di era ini dengan upaya-upaya untuk memperkuat posisi sebagai basis manufaktur automotif global. Tahun 2016 akan menjadi pemantapan fondasi untuk bisa berlari lebih kencang di tahun-tahun berikutnya,” ujarnya.

Kemudian untuk Toyota Indonesi sendiri di tahun 2016 ini hendak lebih berfokus pada perkuatan struktur industri automotif serta pengembangan dari segi sumber daya manusia (SDM). Toyota Indonesia juga akan melanjutkan upaya dengan memperkuat struktur industri tersebut dengan kemaksimalan kandungan perangkat lokal dari produk-produknya. Selain itu, bagi pemasok juga akan dikembangkan sedemikian rupa hingga menyentuh supplier 2 dan 3 terutama bagi industri hulu.

Perlu diketahui bahwa untuk kontributor terbesar atas ekspor Toyota Indonesia sepanjang tahun 2015 kemarin didominasi oleh Vios yaitu dengan penjualan di angka 51.500 unit. Posisi berikutnya ditempati oleh Toyota Fortuner sebanyak 42.000 unit, kemudian Kijang Innova sebanyak 14.200 unit serta beberapa model lainnya seperti Yaris, Avanza, Rush, Town Ace/Lite, Agya yang apabila dikalkulasi secara total mencapai penjualan sebanyak 69.000 unit.

Dengan perolehan di tahun 2015 yang cukup memuaskan, Toyota berharap strategi yang akan digunakan pada tahun 2016 ini akan semakin mendongkrak pemasukan dari Toyota Indonesia, hingga menjadi salah satu perusahaan yang sanggup diandalkan oleh perekonomian Negara. Baca juga Jualan Semakin Sepi, Toyota Siap Discontinue Etios Valco dan Toyota Indonesia Terima Penghargaan Primaniyarta Berkat Peningkatan Prestasi Ekspornya

Top