Yamaha Pensiunkan Matik 110cc

Yamaha Segera Upgrade Semua Skuter Matik ke Mesin 125cc – Perlahan namun pasti, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mulai meninggalkan varian skuter matik berkapasitas mesin 110cc. Semenjak munculnya generasi mesin Blue Core dengan kapasitas isi silinder 125cc yang disematkan pada model Yamaha Mio M3, line-up skutik pabrikan Garpu Tala lainnya pun mengikuti.

yamaha-segera-upgrade-semua-skuter-matik-ke-mesin-125cc

Pelan-pelan, Yamaha mulai meng-upgrade skuter matik dari mesin 110cc ke mesin 125cc. Sebut saja Yamaha GT 125 Eagle Eye, Yamaha Xeon 125, Yamaha Soul GT 125 Blue Core, hingga yang terbaru Yamaha New Fino 125 Blue Core dan Yamaha Aerox 125LC. Itu artinya, tinggal Yamaha X-Ride saja yang masih menggunakan mesin berkapasitas 110cc. Namun kabarnya, Yamaha akan segera menaikkan kapasitas mesin X-Ride menjadi 125cc.

Advertisement

”Pasti ke arah sana. Nanti di Yamaha tidak ada Skutik yang pakai mesin 110 cc. Semuanya generasi mesin baru 125cc, karena memang trennya menunjuk ke arah sana,” ucap Mohammad Masykur, Asisten GM Pemasaran YIMM di sela peluncuran Aerox 125 LC di Sirkuit Sentul, Bogor, (18/1).

So, apakah skutik Yamaha bermesin 110cc akan segera pensiun dini? Kemungkinan besar memang iya. Namun hal ini sedikit membuat kita mengernyitkan dahi sebab kompetitor Yamaha, yakni Honda, masih setia mengusung skutik kelas 110cc lewat Honda BeAT yang kini menyandang status sebagai model skuter matik terlaris.

Menanggapi hal tersebut, Masykur menambahkan bahwa strategi pasar Yamaha memang berbeda.

”Yamaha tidak pernah mengikuti kompetitor, tapi kompetitor yang selalu mengekor,” ucap Masykur.

Masykur menambahkan bahwa PT YIMM memiliki pandangan dan strategi pasar sendiri, dan tidak pernah mengaca pada kompetitor.

Jika memang PT YIMM akan memensiunkan model skuter matik 110cc, maka pekerjaan rumah mereka hanya tinggal Yamaha X-Ride saja, mengingat tinggal model skutik off-road itu sajalah yang masih mengusung platform mesin berkapasitas 110cc.

Soal Yamaha X-Ride versi 125cc, Masykur menyebut generasi barunya akan segera muncul tak lama lagi. Wah semakin seru saja nih persaingan di segmen skuter matik. Kita tunggu saja kejutan Yamaha berikutnya! Baca juga Yamaha: Aerox Hasil Kawin Silang Antara GT 125 dengan X-Ride dan AHM Masih Simpan Rapat-rapat Informasi Honda Spacy eSP.

Top