Etios Valco Masih Bertahan Tahun Ini!

Tahun Ini, Produksi Etios Valco Masih Tetap Berlanjut – Pada sekitar akhir bulan Desember 2015 lalu, telah beredar kabar bahwa TMMIN hendak mendiscontinue Etios Valco. Bahkan berita yang santer terdengar bahwa produksi kendaraan Toyota terbaru Sienta yang hendak menggeser posisi Etios Valco di pasaran. Namun rupanya berita atas rencana penghentian produksi dan pemasaran Etios telah disanggah oleh pihak perusahaan.

tahun-ini-produksi-etios-valco-masih-tetap-berlanjut

Pihak TMMIN sendiri tidak menyatakan bahwa penjualan dari Etios Valco masih cukup baik. Bahkan hingga tahun ini pihak perusahaan masih melakukan proses produksi. Hal ini seperti ungkapan dari Nandi Julyanto selaku Direktur Rekayasa Produksi dan Pabrik Karawang TMMIN.

Kutipan yang dilansir dari halaman KompasOtomotif, Selasa (19/01/2016),”Masih, kan jualannya masih lumayan. Sampai tahun ini, kita masih produksi,” ujarnya.

Memang satu-satunya kendala yang dialami oleh Etios Valco saat ini adalah tidak terdapat varian dengan transmisi otomatis yang ditawarkan kepada konsumen, sehingga memang permintaan terbatas pada konsumen dengan kebutuhan kendaraan bertransmisi manual saja. Pasalnya, untuk sebuah kendaraan kota yang melaju pada lalu lintas padat yang berada pada daerah urban memang lebih banyak yang menghendaki kendaraan dengan transmisi otomatis bahkan berdasarkan pengamatan, untuk jenis mobil bertransmisi otomatis sanggup memberi kontribusi penjualan sebanyak 50 persen.

separator

Untuk itu, penjualan Etios Valco tidak semarami kendaraan yang menawarkan varian transmisi otomatis, sehingga pendapatannyapun berada di bawah produk lain.

Selain permasalahan terbatasnya varian yang ditawarkan, telah diketahui bahwa kapasitas dari produk Etios Valco juga semakin menurun. Di tahun 2015 lalu, TMMIN telah memproduksi kendaraan tersebut dalam jumlah 5.600 unit, namun untuk tahun ini rencananya Etios hanya diproduksi dalam jumlah 4.400 unit. Dengan kata lain, produksi masih berlanjut hanya saja terdapat pemangkasan dari tahun sebelumnya.

Meskipun pihak TMMIN menampik adanya penghentian produksi dan pemasaran, namun beberapa pengamat juga berspeskulasi bahwa tahun 2016 inilah menjadi tahun terakhir bagi Etios Valco. Sebab, kemungkinan besar untuk tahun depan TMMIN akan lebih fokus pada produksi Toyota Sienta.

Sementara ini, Etios masih tetap melanjutkan proses penjualan dengan mengandalkan pasokan impor secara utuh (completely built up/CBU) dari Negara asalnya yaitu India. Baca juga Jualan Semakin Sepi, Toyota Siap Discontinue Etios Valco dan Toyota Indonesia Tetap Mewaspadai Adanya Era Perdagangan Bebas

 

Top