Yamaha NMAX Menang Telak dari Honda PCX

Lebih Murah, NMAX Unggul Penjualannya Dibanding PCX – Berbicara mengenai rivalitas antara pabrikan motor di Indonesia, tentu ingatan kita tak akan bisa lepas pada dua perusahaan asal Jepang. Yang satu berlogo garpu tala, satunya lagi berlogo sayap mengepak. Tak salah lagi, baik antara Honda dan Yamaha selalu saling serang antara satu sama lain, bahkan acap kali kedua pabrikan ini tak segan head to head di segmen yang sama untuk membuktikan siapa yang terbaik.

Yamaha NMAX Menang Telak dari Honda PCX

Akhir-akhir ini Honda memang terlihat kian mantap bertengger di posisi teratas pasar motor Indonesia. Namun Yamaha juga tak tinggal diam saja, secara pelan berusaha merusak dominasi Honda lewat produk-produk terbarunya. Bahkan Yamaha yang belum lama bermain di skuter matik kelas 150 cc, berhasil membuat sengit Honda lewat Yamaha NMAX.

Di segmen tersebut, Honda sebelumnya sudah mempunyai PCX sebagai skutik premium kelas 150 cc. Sementara Yamaha menyusul dengan menelurkan NMAX yang notabene langsung berhadapan dengan PCX. Hasilnya kehadiran Yamaha NMAX tanpa disangka-sangka langsung menjadi primadona anyar di line-up matik Indonesia.

Datang menghadapi Honda PCX, Yamaha NMAX memiliki strategi khusus. Salah satunya adalah banderol harga murah. Dibandingkan Honda PCX yang saat ini masih CBU dari Vietnam, Yamaha memilih merakit NMAX di Tanah Air sehingga bisa menekan biaya produksi. Strategi ini terbilang ampuh, dimana dari data penjualan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), PCX harus rela mengakui kedigdayaan NMAX.

separator

Pada periode tahun 2015, tercatat Yamaha berhasil menjual NMAX sebanyak 89.286 unit untuk konsumen dalam negeri. Jika dibandingkan dengan penjualan PCX terasa sangat timpang, dimana skutik bongsor Honda ini hanya mencatatkan penjualan sebesar 3.852 unit saja. Untuk bulan Desember 2015, PCX bahkan hanya laku terjual sebanyak 7 unit saja.

Faktor harga jelas berpengaruh di sini, mengingat antara PCX dan NMAX memiliki rentang harga berselisih cukup jauh. Untuk Honda PCX saat ini dibanderol dengan harga mulai Rp 39,2 jutaan. Sementara rivalnya, Yamaha NMAX hanya dibanderol dengan harga berkisar Rp 27,4 jutaan untuk tipe tertingginya (ABS). Baca juga TVS Apache RTR 200 4V Dikabarkan Dibanderol Rp 17 Jutaan di India dan Yamaha Segera Upgrade Semua Skuter Matik ke Mesin 125cc.

Top