Yamaha R1 di Indonesia Juga Kena “Recall”

Yamaha akan Recall R1 di Seluruh Dunia – Setelah kasus mengenai permasalahan gerabox superbike Yamaha R1 menyeruak, baru-baru ini Yamaha Global telah memutuskan untuk melakukan aktivitas ‘recall’ untuk motor TZR-R1 dan YZR-R1M di seluruh dunia. Termasuk untuk pemilik R1 dan R1M di Indonesia juga akan dilakukan recall, sebab untuk motor yang mereka bawa pulang juga terkena dampak masalah gearbox.

Yamaha R1 di Indonesia Juga Kena "Recall"

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga mengkonfirmasi hal tersebut. Dikatakan oleh Muhammad Masykur, selaku Asisten GM PT YIMM, beliau mengungkapkan jika siap memanggil konsumen yang terlanjur membeli R1 dan R1M untuk dilakukan perbaikan pada masalah gearbox.

”Indonesia juga kena, tapi semua masih dalam proses, terutama persiapan. Kami menunggu suku cadang datang. Saat ini yang diutamakan konsumen di Amerika atau Eropa yang jumlah unitnya ribuan. Kalau di Indonesia, karena masih sedikit, jadi kami harus menunggu,” kata Masykur, dikutip dari laman KompasOtomotif, hari Rabu (20/1).

Sayangnya meskipun sudah mengkonfirmasi akan melakukan recall pada pembeli R1 dan R1M, namun YIMM masih belum bisa memastikan kapan perbaikan bisa dilakukan. Alasannya, karena saat ini suku cadang yang bakal dikirim belum pasti datangnya kapan. Apabila suku cadang subtitusi sudah dikirim dari pabriknya di Jepang, maka YIMM akan segera mengirim surat pemanggilan kepada seluruh pemilik Yamaha R1 dan Yamaha R1M yang terindikasi bermasalah pada komponen gearbox.

Sebelumnya recall pada Yamaha R1 dan Yamaha R1M sudah dilakukan di Amerika Serikat dan juga Kanada belum lama ini. Tak hanya di Benua Amerika saja, ternyata permasalahan yang menghampiri Yamaha R1 dan Yamaha R1M juga menular di Eropa. Umumnya, banyak konsumen yang mengeluhkan gearbox meeka bermasalah setelah motor digeber kecepatan tinggi atau setelah melakukan race di sirkuit.

Kerusakan yang jamak terjadi adalah pada komponen sproket gigi 3 dan gigi 4. Sementara untuk komponen gigi 2 yang sebelumnya dikatakan juga bermasalah, ternyata tidak mengalami kondisi rusak. Gearbox bermasalah ini dinilai bisa membahayakan keselamatan pengendara, untuk itu Yamaha didesak untuk segera melakukan recall pada RI dan R1M yang terindikasi. Baca juga Lebih Murah, NMAX Unggul Penjualannya Dibanding PCX dan TVS Apache RTR 200 4V Dikabarkan Dibanderol Rp 17 Jutaan di India.

Top