Harga TVS Apache RTR 200 4V, Review & Spesifikasi Maret 2017

Harga TVS Apache RTR 200 4V dan Spesifikasi – Lama menjadi perbincangan di kalangan penggila otomotif Indonesia, produk baru TVS akhirnya lahir juga. Sempat bikin penasaran saat diuji coba di jalanan beberapa daerah, TVS Apache RTR 200 4V pun akhirnya muncul secara resmi. Motor bergenre street fighter ini sedianya merupakan kelanjutan dari konsep TVS Draken yang sempat dipamerkan oleh pabrikan asal India itu beberapa waktu yang lalu. Kini, menjawab euforia masyarakat Indonesia akan motorsport kelas entry level, dengan bangga TVS menyajikan TVS Apache RTR 200 4V, sekaligus melengkapi line-up motorsport varian Apache sebelumnya, seperti TVS Apache RTR 180 dan TVS Apache RTR 160. Dirilis selang satu hari dengan peluncuran di negeri asalnya India, Apache RTR 200 4V ternyata membawa bekal spesifikasi yang berbeda. Untuk versi India, TVS Apache RTR 200 4V ini hadir dengan mesin teknologi lama, yakni masih menggunakan sistem karburator. Sementara untuk model yang dipasarkan di Indonesia sudah mengusung teknologi mesin Fuel Injection. Di antara semua keluarga Apache, bisa dbilang bahwa TVS Apache RTR 200 4V ini merupakan model tertinggi, karena kapasitas mesinnya 200cc. Selain mengusung mesin yang lebih gahar, TVS pun membangun Apache RTR 200 4V dengan konsep naked motor sport yang mereka sebut ‘Beast’. Yup, motor baru lansiran TVS ini memang memiliki konsep desain body yang ‘extra ordinary’. TVS Apache RTR 200 4V begitu kental aroma street fighter dengan desain fascia depan yang terlihat agresif berpadu dengan body muskular ala motor gede.

tvs apache rtr 200 4v

Secara desain, pada tampilan TVS Apache RTR 200 4V masih terbawa nuansa Draken yang sempat dipamerkan juga di Indonesia beberapa waktu lalu. Hanya saja, tidak seperti desain prototipenya, kali ini model Apache RTR 200 4V dirancang lebih realistik, namun tetap gagah berotot serta menampilkan kesan maskulin yang mendalam layaknya motor India lainnya. Pada bagian mesinnya TVS Apache RTR 200 4V dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 197,5 cc SOHC 4-Valve. Dari klaim TVS, sport naked bike ini mampu menghasilkan tenaga besar hingga 21 PS pada putaran mesin 9.000 rpm dan torsi puncak sebsesar 17,5 Nm pada putaran 7.000 rpm. Selain itu, hal lain yang membuat TVS Apache RTR 200 4V terasa semakin istimewa adalah pada mesinnya sudah disematkan beragam fitur canggih untuk meningkatkan performanya. Keistimewaan lain yang coba ditawarkan oleh TVS Apache RTR 200 4V meliputi sassis double cradle, dan fitur penunjang yang semakin menambah kesan berkelas pada tampilannya. Fitur-fitur tersebut antara lain On Board Display Diagnostic, Split Seat, dan Split Handle Bar yang kian menambah nilai lebih pada motor besutan pabrikan asal India ini. Menariknya lagi, TVS Apache RTR 200 4V merupakan motor asli racikan pabrik TVS di Indonesia, serta sesuai rencana sportbike ini bakal dirilis untuk pasar ASEAN, tidak hanya pasar domestik saja. Nah agar lebih jelas, Mas Sena sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga TVS Apache RTR 200 4V pada segmen-segmen berikut ini.

motor tvs apache rtr 200 4v

Review TVS Apache RTR 200 4V

Desain

Desain Tampilan Agresif dengan Konsep Body Muskular Khas Naked Bike

Pada segmen yang pertama ini, kita akan lebih dulu mengulas spesifikasi TVS Apache RTR 200 4V di bagian tampilannya yang menurut Mas Sena desainnya patut diacungi jempol. Dari desain yang ditawarkan oleh Apache RTR 200 4V kali ini, kita akan menjumpai sesosok motor naked bike yang memiliki desain cukup gahar dan serba padat. Menawarkan sisi maskulinitas, TVS Apache RTR 200 4V memiliki lekuk body yang serba tajam. Mulai dari desain headlamp yang memiliki aura street fighter dengan single reflektor. Sekilas melihat desain headlamp, masih terlihat aroma motor Apache RTR Series lainnya, namun kali ini lebih dinamis. Sementara di bagian shroud atau sayap tangki depan pada TVS Apache RTR 200 4V juga diracik dengan cukup lapang dan menonjol tajam ke depan, identik dengan konsep motor TVS Draken. Desain shroud yang dimilikinya tersebut nampak menyatu dengan dimensi tangki yang dirancang cukup besar dan agak menjulang ke belakang. Tangki pada TVS Apache RTR 200 4V sendiri menganut model kondom dengan Fuel Cap rata dan uniknya ditempatkan bukan di tengah, melainkan sisi kanan. Aura motor gede juga kian terasa tatkala kita melihat desain jok yang kali ini dibuat dengan model terpisah atau split. Beranjak ke bagian desain pipa knalpotnya juga anti mainstream di kelasnya lewat desan muffer yang bermodel Double Barrel layaknya motor berkubikasi besar. Di bagian body belakang, desain TVS Apache RTR 200 4V juga tampak serasi dengan selebor model gantung alias tail yang dipadukan dengan stoplamp model LED yang sipit dan rear grab berwarna mencolok. So, melihat detail tampilan pada spesifikasi TVS Apache RTR 200 4V ini, memang motor ini masuk dalam kategori gambot untuk motor sport di kelasnya bahkan terkesan padat, kendati hanya bermesin satu silinder.

spesifikasi tvs apache rtr 200 4v

Speedometer

Konsol Meter Full Digital Lengkap dengan Instrumen Indikator Modern

Puas dengan desain tampilan yang disajikan oleh spesifikasi TVS Apache RTR 200 4V, kini saatnya Mas Sena mengajak Bro dan Sis semua untuk menilik detail konsol meter yang ternyata juga tak kalah ciamik. Seolah mengikuti tren konsol meter motor sport saat ini, TVS juga menyematkan konsol meter yang atraktif dan modern dengan model full digital. Pada piranti yang satu ini, keistimewaan TVS Apache RTR 200 4V tak bisa terelakkan. Dimana sport naked bike asal India ini dibekali dengan konsol meter Full Digital LDC meter yang menarik. Mengadopsi desain kotak menajam ke bagian bawah, pada panelnya walau hanya terdapat satu cluster namun sudah tersedia lengkap instrumen seperti speedometer, odometer, tripmeter, laptime meter, perekam top speed, takometer, jam, dan gear position. Pada tiap panel konsol meter TVS Apache RTR 200 4V sendiri juga diracik dengan cukup informatif, sehingga mudah dipantau oleh pengendara. Tentunya dengan konsol meter serta kelengkapan panel instrumen yang dimilikinya, bisa jadi untuk sektor yang satu ini, spesifikasi TVS Apache RTR 200 4V paling unggul di kelasnya karena dinilai sudah lebih canggih dan modern yang pastinya juga tetap akurat.

Dimensi

Naked Sport Bike Berdimensi Besar namun Mudah Dikendalikan

Pada segmen selanjutnya, Mas Sena akan mengajak Bro dan Sis untuk membedah spesifikasi TVS Apache RTR 200 4V pada sektor dimensinya. Seperti yang sudah Mas Sena sampaikan di atas, untuk model Apache RTR 200 4V memang cenderung memiliki dimensi body yang gambot, sehingga motor ini lebih cocok dikendarai untuk bikers pria. Untuk ukuran fisiknya, TVS Apache RTR 200 4V memiliki ukuran tubuh meliputi panjang body 2.050 mm, lebar 790 mm dan tinggi sekitar 1.015 mm. Wheelbase atau jarak sumbu rodanya mencapai 1.352 mm dan ketinggian jok mencapai 800 mm. Sehingga melihat dimensi yang diusung TVS Apache RTR 200 4V tersebut, membuat motor ini cukup tinggi untuk dikendarai oleh kebanyakan postur orang Indonesia. Dengan ground clearance atau jarak terendah ke tanah yang mencapai 180 mm, TVS Apache RTR 200 4V akan semakin asyik untuk diajak melibas jalanan aspal maupun kontur bergelombang. Sebenarnya dengan dimensi yang dibawanya ini, konsekuensi model Apache RTR 200 4V ini akan menjadi lebih nyaman ketika diajak bermanuver maupun berkendara jarak jauh. Apalagi bobot yang dimilikinya juga tak terlampau berat untuk ukuran motorsport kelas 200cc dengan bobot yang berkisar pada 148,5 kg. So, apabila melihat spesifikasi TVS Apache RTR 200 4V pada bagian dimensinya, motor ini memang cocok bagi Bro dan Sis yang hobi touring, namun tetap memungkinkan juga untuk dijadikan kendaraan harian.

separator

spesifikasi motor tvs apache rtr 200 4v

Suspensi

Didukung Suspensi Berkualitas untuk Stabilitas Berkendara

Sebagai kendaraan bersegmen sport, stabilitas berkendara merupakan salah satu hal wajib yang harus dimiliki oleh spesifikasi TVS Apache RTR 200 4V ini. Hal ini tentunya untuk menunjang performa handling dan kenyamanan. Menyesuaikan dengan dimensi yang dibawanya, untuk urusan suspensi dari Apache RTR 200 4V ini rupanya juga sudah cukup mumpuni. Dimana untuk supensi depan, TVS Apache RTR 200 4V mengandalkan suspensi teleskopik 37 mm dan suspensi belakang berjenis mono tube-monoshock. Kedua komponen suspensi tersebut terasa serasi untuk menghadirkan stabilitas berkendara yang baik apalagi untuk tipe rangkanya. TVS Apache RTR 200 4V sendiri mengadopsi rangka tipe berlian (Double Cradle Split Synchro Stiff Frame) yang cukup kokoh dalam menghadirkan keseimbangan dan menahan beban ketika bermanuver pada kecepatan tinggi. Kemudian untuk sektor pengeremannya, juga dijamin pakem dengan kehadiran rem cakram berdiameter cukup besar untuk roda depan dan belakang. Pada bagian rem, TVS Apache RTR 200 4V menggunakan disk brake atau cakram berdiameter 270 mm di bagian depan, dan cakram berdiameter 240 mm untuk bagian belakang. Lantas yang menjadi istimewa pada TVS Apache RTR 200 4V di bagian kaki-kakinya adalah kehadiran ban Pirelli Sport Demon Tubeless yang sudah dihadirkan dengan ukuran 90/90-17 untuk ban depan dan ban belakang berukuran 130/70-17. Kedua jenis ban yang biasa disematkan pada motor premium tersebut kemudian disempurnakan dengan velg racing yang sporty berdiameter 1,85×17 inci dan 3,50×17 inci. Penggunaan ban Pirelli tersebut seakan menyempurnakan spesifikasi TVS Apache RTR 200 4V pada sektor kaki-kaki yang sudah mengusung teknologi tinggi.

Mesin

Performa Cukup Bengis dan Bertenaga dengan Mesin SOHC 200cc 4-Valve

Saatnya kita membedah spesifikasi TVS Apache RTR 200 4V di bagian jantung dapur pacunya. Seperti yang sudah Mas Sena sempat singgung di bagian awal tadi, TVS sendiri menghadirkan Apache RTR 200 4V sebagai varian paling bengis di antara model Apache lainnya. Pada bagian jantung dapur pacunya, Apache RTR 200 4V dibekali dengan mesin mesin SOHC 197,75 cc satu silinder dengan empat katup, serta sudah menggunakan sistem pengabutan bahan bakar injeksi dari BOSCH. Di dalam mesin TVS Apache RTR 200 4V ini dijejali piston diameter 66 mm dan stroke 57,8 mm dan kompresi mesin disetting di angka 9,7 : 1. Dengan bekal mesin yang dibawanya tersebut, Apache RTR 200 4V diklaim mampu memuntahkan tenaga maksimal sebesar 21 PS pada 9.000 RPM dan torsi 17,5 Nm pada 7.000 rpm. Motor ini juga mampu melaju dari 0-60 km/jam hanya dalam waktu 3,9 detik saja dan dari 0-100 km/jam hanya butuh waktu 11,2 detik saja. Sehingga bisa disimpulkan bahwa untuk urusan mesin dari TVS Apache RTR 200 4V ini, pabrikan telah melakukan perombakan secara signifikan. Untuk teknologi mesin yang dibawa oleh Apache RTR 200 4V juga terbilang cukup canggih dimana mesin ini sudah menggunakan sistem pendingin Oil Cooled Combustion Chamber (O3C) yang bisa mendinginkan mesin melalui kisi-kisi di depan blok mesin. Meskipun tak memiliki radiator, namun TVS Apache RTR 200 4V memiliki mesin bersirip yang bisa menjaga suhu mesin tetap terjaga. Untuk pistonnya juga sedikit istimewa lewat teknologi nanofrics dengan 6 sensor (Posisi Throttle, Intake Temperature, Speed Sensor, Engine Temp Sensor, dan Lambda Sensor) yang bisa membuat mesin lebih rendah gesekan. TVS Apache RTR 200 4V juga irit bahan bakar karena sudah mengusung teknologi suplai BBM DFI Logic yang dikembangkan oleh BOSCH, dan mampu menyesuaikan bukaan gas dengan konsumsi bahan bakar sehingga konsumsi BBM lebih terasa efisien. Terakhir untuk transmisi penggeraknya, spesifikasi TVS Apache RTR 200 4V masih mengusung transmisi manual 5 percepatan.

harga motor tvs apache rtr 200 4v

Fitur

Fitur Modern Pastikan Petualangan Berkendara Lebih Menyenangkan

Pada pembahasan terakhir ini, Mas Sena akan mengulas mengenai detail fitur penunjang yang terdapat pada spesifikasi TVS Apache RTR 200 4V ini. Sedianya, fitur penunjang bisa menambah value pada motor ini untuk bertarung di pasar sport naked bike Indonesia. Untuk fiturnya sendiri, sebenarnya sudah Mas Sena sampaikan dalam berbagai segmen di atas, dimana untuk fitur memang TVS Apache RTR 200 4V menawarkan banyak teknologi baru untuk Bro dan Sis. Seperti headlamp yang sudah memiliki DRL LED di sisi kiri dan kanan sehingga membuat penerangan lebih maksimal selain juga bisa menambah nilai estetika dari lampu depannya. Untuk setang atau handle bar-nya sendiri, juga bisa dibilang cukup nyaman dengan model Clip On. Begitupun dengan jok TVS Apache RTR 200 4V yang terasa empuk karena pemanfaatan busa Foam in Place yang juga bisa mencegah kerutan pada kulit jok. Lalu fitur selanjutnya pada lampu belakang yang sudah berteknologi LED, lampu sein khas motor gede dengan sudut tajam, dan rear grab yang stylish. Adapula port USB  untuk mengisi baterai gadget yang tersedia di bawah jok dengan model pembuka jok inovatif. So, tak hanya memiliki desain agresif yang garang abis serta didukung performa mesin bertenaga saja, namun spesifikasi TVS Apache RTR 200 4V ini juga sudah dibekali dengan beragam fitur penunjang yang pastinya akan menambah keseruan saat bertualang bersama Apache RTR 200 4V.

Spesifikasi TVS Apache RTR 200 4V

Mesin
Tipe Mesin SOHC, 4-Valve, Oil Cooled
Kapasitas Mesin 197,75c c
Sistem Pendingin Mesin Oil Cooled
Sistem Suplai Bahan Bakar EFI (DFI Logic by BOSCH)
Diameter x Langkah 66 x 57,8 mm
Akselerasi 0-60 km/h = 3,9 sec / 0-100 km/h = 11,2 sec (all time in sec)
Daya Maksimum 15,46 kW (21 PS) / 9.000 rpm
Torsi Maksimum 17,5 Nm / 7.000 rpm
Transmisi
Tipe Transmisi Manual, 5 Percepatan
Pola Perpindahan Gigi 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5
Starting System Elektrik
Tipe Kopling Wet Multi Plate – 6 Plate
Girboks 5 Speed Gear Box
Rangka
Tipe Rangka Double Cradle Split Synchro Stiff Frame
P x L x T 2.050 x 790 x 1.015 mm
Jarak Sumbu Roda 1.353 mm
Jarak Terendah ke Tanah 180 mm
Ketinggian Tempat Duduk 800 mm
Berat Kosong 148,5 kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 12 liter
Pengapian
IDI IDI Digital Ignition
Tipe Baterai 12 V, 7,4 Ah
Lampu Utama 60/55W H4 Bulb with All time on LED Position Lamp
Kaki-kaki
Tipe Suspensi Depan 37 mm Telescopic
Tipe Suspensi Belakang Mono tube – monoshock
Ukuran Ban Depan 90/90-17 Tubeless
Ukuran Ban Belakang 130/70-17 Tubeless
Pengereman
Tipe Rem Depan Disc 270 mm Petal Tyre
Tipe Rem Belakang Disc 240 mm Petal Tyre

Harga TVS Apache RTR 200 4V

Bagaimana? Sudah puas dengan semua komponen teknis dan non teknis yang dibawa oleh motor baru lansiran TVS ini? Jika sudah, kini saatnya Mas Sena mengajak Bro dan Sis semua untuk ngomong soal harga TVS Apache RTR 200 4V ini. Namun seperti biasa, sebelum kita lebih jauh berbicara soal harganya, Mas Sena akan sedikit memberikan kesimpulan dari apa yang sudah kita bahas pada segmen spesifikasi tadi. Dari silsilah keluarganya, Apache RTR 200 4V ini merupakan model ketiga yang dihadirkan oleh TVS. Sebelumnya, pabrikan asal India tersebut sudah punya generasi TVS Apache RTR 160 dan juga RTR 180. Selain kedua kakak TVS Apache RTR 200 4V tersebut, TVS pun juga sudah memiliki TVS Max yang hadir dalam dua model, yakni Sports dan Semi Trail. Nah pada generasi Apache RTR 200 4V ini, TVS seperti mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Mesin SOHC 200cc sudah pasti akan memberikan performa ganas. Apalagi kini TVS juga sudah menggunakan teknologi EFI alias injeksi. So, bisa dibilang generasi Apache 200 ini merupakan generasi paling buas dari keluarga Apache. Lalu, bagaimana dengan harga TVS Apache RTR 200 4V di pasaran ya? Soal harga, TVS sendiri masih mengincar pangsa pasar motor sport entry level. Dan secara khusus, TVS memilih segmen naked sport bike. Pesaingnya di segmen ini jelas Yamaha New V-ixion Lightning serta Honda All New CB150R StreetFire. Harga TVS Apache RTR 200 4V ini pun sudah diatur agar tetap kompetitif di kelasnya.

harga tvs apache rtr 200 4v

harga tvs apache rtr 200 4v terbaru

TVS sendiri merilis Apache RTR 200 4V secara resmi pada Rabu (20/1) kemarin. Dari keterangan resminya, banderol harga TVS Apache RTR 200 4V ini dipatok pada kisaran Rp 23,9 juta. Untuk segmen sport entry level, harga tersebut memang sudah cukup kompetitif. Namun, masih juga yang bilang kalau harganya kemahalan. Apalagi ini merupakan motor India. Tapi tunggu dulu Bro dan Sis. Jangan meragukan kualitas TVS Apache RTR 200 4V ini. TVS sendiri merupakan salah satu pabrikan besar di negara asalnya sana, India. So, secara teknologi pun TVS juga tak bisa diragukan lagi. Apalagi, produk TVS sebelumnya, yakni Apache RTR 160 dan RTR 180 sudah terbukti bandel dan tangguh. Kemudian kembali ke masalah harga TVS Apache RTR 200 4V, sebenarnya harga tersebut sudah wajar, apalagi untuk motor berkapasitas 200cc. Motor dengan kapasitas mesin 200cc mungkin sebagian orang bilang itu nanggung, dan lebih memilih yang bermesin 250cc. Namun bagi mereka yang faham mesin, tentu tak bisa mengelakkan power pada mesin berkapasitas 200cc. Nah, harga TVS Apache RTR 200 4V yang berada di bawah Rp 25 juta ini pun sebenarnya sudah cukup pas dengan spesifikasi mesin motor berkapasitas 200cc.

Harga TVS Apache RTR 200 4V

Rp 23,900,000,- (OTR Jakarta)

Kalau bicara motor sport berkapasitas 200cc, tentu pesaing Apache RTR 200 4V hanyalah rekan senegaranya, Bajaj Pulsar 200NS. Bila dibandingkan dengan banderol harga Pulsar 200NS, nominal harga TVS Apache RTR 200 4V ini pun juga tak terpaut jauh. Sebagai informasi, harga baru Bajaj Pulsar 200NS masih berkisar pada angka Rp 23 jutaan. So, untuk segmen 200cc bisa dibilang pesaing TVS Apache RTR 200 4V sangat minim. Kompetitor utamanya jelas duet produk lansiran pabrikan Jepang yang Mas Sena sebutkan di atas tadi. Jika dibandingkan dengan banderol harga Honda New CB150R StreetFire, bahkan harga TVS Apache RTR 200 4V ini masih berada di bawahnya. Sebagai informasi, New CB150R sendiri dibanderol pada kisaran Rp 25 jutaan. Sedangkan harga New V-ixion Lightning juga tak terpaut jauh. Overall, memang banderol harga TVS Apache RTR 200 4V ini memang cukup kompetitif. Kini yang menentukan pastinya adalah strategi pasar yang ditempuh oleh TVS, dan tentu adalah selera pasar. Gimana? Berminat menebus Apache RTR 200 4V yang dijuluki ‘The Beast’ ini? Sekian dulu perjumpaan kita pada review kali ini. Jangan lupa baca juga review menarik lainnya mengenai Honda CB150R StreetFire dan Yamaha MT-15.

  • Howling Mad Murdock

    Pulsar NS 200 lagi diskon abis2an. pasca pisah dengan kawasaki, mereka melakukan “cuci gudang”. jadi benar sih, itu rada2 mahal.

Top